MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBERIAN KUIS DENGAN UMPAN BALIK PADA SISWA KELAS X6 SMA NEGERI 2 SINJAI

  • Andi Dian Angriani Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas X6 SMA Negeri 2 Sinjai melalui metode pemberian kuis disertai dengan umpan balik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X6 SMA Negeri 2 Sinjai yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa yang dilakukan tiap akhir siklus, observasi, refleksi dan tanggapan siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar yang terlihat dari skor rata-rata kemampuan awal siswa adalah 48,61 dengan skor ideal 100 yang berada pada kategori rendah, pada siklus I diperoleh skor rata-rata hasil belajar matematika siswa sebesar 70,61 dengan skor ideal 100 yang berada pada kategori tinggi, sedangkan pada siklus II menjadi 79,55 dengan skor ideal 100 yang berada pada kategori sangat tinggi. Secara kualitatif terjadi peningkatan dalam perubahan sikap siswa, keaktifan, serta motivasi siswa belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui pemberian kuis dengan umpan balik dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X6 SMA Negeri 2 Sinjai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hudoyo, H. (1990). Strategi belajar mengajar matematika. Jakarta: IKIP Malang.

Johanes, K., & Sulasim. (2006). Kompetensi matematika 1A. Jakarta: Yudhistira.

Mulawarman, A. (1998). Hubungan antara kemampuan berbahasa ekspresif dan berbahasa reseptif pada siswa tunarungu di SLB Pembina Tingkat Propinsi Sulawesi Selatan. Skripsi Tidak diterbitkan. Makassar: FIP UNM.

Setiawan, Y. (2006). Pengaruh bea siswa terhadap prestasi belajar. http://www.siaksoft.net/index2.php?option=com_content&task=emailform&id=2502’,’win2’,’statusn. Download: 31 Juli 2013.

Slameto. (1998). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Tim MKPBM Jurusan Pendidikan Matematika. (2001). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesi (UPI).

Published
2014-06-09
Section
Articles
Abstract viewed = 1103 times