PENGARUH PENGUASAAN MATERI PRASYARAT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 SINJAI TIMUR

  • Anita Purnama Putri Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nursalam Nursalam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sri Sulasteri Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Sinjai Timur dalam penguasaan materi prasyarat, untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 pada mata pelajaran matematika, untuk mengetahui apakah ada pengaruh penguasaan materi prasyarat terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Sinjai Timur. Jenis penelitian ini adalah Ex-postfacto dengan desain penelitian Regresi Linear Sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Sinjai Timur yang diajar oleh guru yang sama dan berjumlah 163  siswa sedangkan sampelnya adalah 40 siswa dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penguasaan materi prasyarat terhadap hasil belajar matematika siswa.Berdasarkan hasil analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk penguasaan materi prasyarat diperoleh nilai rata-rata 68,8 berada pada kategori tinggi dari nilai ideal 100 diperoleh nilai terendah 38, nilai tertinggi 88. Untuk hasil belajar matematika siswa diperoleh nilai rata-rata 65,58 berada pada kategori tinggi dari nilai ideal 100 diperoleh nilai terendah 40, nilai tertinggi 88. Adapun hasil analisis statistik inferensial pengaruh penguasaan materi prasyarat terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMPN 1 Sinjai Timur menunjukkan bahwa persamaan regresinya adalah Y = 35,645 + 0,425X dan diperoleh thitung = 4,167 >ttabel = 2,024. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara penguasaan materi prasyarat terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Sinjai timur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ary, C. J., & Asghar, R. (2011). Pengantar penelitian dalam pendidikan, terj. Arief Furchan. Cet. IV; Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bird, J. (2002). Matematika dasar teori dan aplikasi praktis. Edisi ketiga; Jakarta: Erlangga.

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi belajar. Cet.III; Jakarta: PT Rineka Cipta.

Darmadi, H. (2010). Kemampuan dasar mengajar landasan konsep dan implementasi, Bandung: Alfabeta.

Hasan, I. (2010). Pokok-pokok materi statistik 2 statistik inferensial, Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim & Nana, S. 2010. Perencanaan pengajaran. Cet.III; Jakarta: Rineka Cipta

Jihad, A., & Abdul, H. (2012). Evaluasi pembelajaran. Cet.I; Yogyakarta: Multi Pressindo.

Nuharini, D., & Tri, W. (2008). Matematika konsep dan aplikasinya.Jakarta: Pusat Pembukuan.

Nursalam. (2009). Ilmu bilangan. Cet. I; Yogyakarta: Cakrawala Publishing Yogyakarta.

Manfaat, B. (2010). Membumikan matematika dari kampus ke kampung. Cirebon: Eduvision Publishing.

Prasetyo, B., & Lina, M. J. (2005). Metode penelitian kuantitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Purwanto. (2013). Evaluasi hasil belajar. Cet.V; Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riduwan, & Engkos, A. K. (2011). Cara menggunakan dan memaknai path analysis. Bandung: Alfabeta.

Saleh, M. (2010). Pembelajaran kooperatif dengan pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR). Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu. Vol.13 No.2.

Sapry, E. (2006). Pengaruh penguasaan materi prasyarat dan kemampuan berbahasa terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita pada persamaan linier dengan dua variabel ditinjau dari aktivitas belajar matematika di SMP Negeri 10 Surakarta. Skripsi Tidak Diterbitkan. Surakarta: Universitas Negeri Surakarta.

Soedjadi. (2000). Kiat pendidikan matematika di Indonesia. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardjo., & Ukim, K. (2009). Landasan pendidikan konsep dan aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.

Tiro, M. A. (1999). Dasar-dasar satistika. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Published
2014-06-09
Section
Articles
Abstract viewed = 2268 times