PERANAN MATA KULIAH STATISTIKA DALAM MEMAHAMI MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN BAGI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR

  • Thamrin Tayeb Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ridwan Idris Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Sulherah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Abstract

>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: bagaimana Pembelajaran Statistika bagi mahasiswa pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, bagaimana pembelajaran Metodologi Penelitian bagi mahasiswa pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, apakah ada korelasi yang signifikan antara pembelajaran Statistika dengan Pembelajaran Metodologi Penelitian bagi mahasiswa pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, apakah ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran Statistika bagi mahasiswa dalam memahami Mata Kuliah Metodologi Penelitian pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan dua variabel yaitu Pembelajaran Statistika dan Pembelajaran Metodologi Penelitian. Adapun populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar dan sampel adalah 20% kali besarnya populasi. Instrumen yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial Hasil penelitian didapatkan signifikansi sebesar 0,119 > 0,05, maka H0 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak ada korelasi yang signifikan antara Pembelajaran Statistika dengan Metodologi Penelitian. Selanjutnya didapatkan nilai t hitung < t tabel (1,604 < 2,042), maka H0 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan Pembelajaran Statistika bagi mahasiswa dalam memahami Metodologi Penelitian pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2000). Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (1993). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Buchori, M. (1995). Transformasi pendidikan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Danim, S. (2003). Agenda pembaharuan sistem pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djamarah, & Zain. (2002). Strategi belajar mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Emzir. (2013). Metodologi penelitian pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif, Ed. 1, Jakarta: Rajawali.

Faisal, S. (1982). Metodologi penelitian pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Hadi, S. (2004). Statistik, Jilid II, Ed.II, Yogyakarta: Andi.

Hasan, M. I. (2008). Pokok-pokok materi statistik 1. Cet. IV, Jakarta: Bumi Aksara.

Riduwan, & Sunarto. (2010). Pengantar statistika untuk penelitian: pendidikan, sosial, komunikasi, ekonomi, dan bisnis. Cet. III, Bandung: Alfabeta.

Riduwan. (2008). Dasar-dasar statitika. Cet. VI, Bandung: Alfabeta.

Satori, D., & Aan, K. (2011). Metodologi penelitian kualitatif. Cet. III. Bandung: Alfabeta.

Sudijono, A. (2009). Pengantar statistik pendidikan, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Cet. XVIII. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, (2011). Metodologi penelitian pendidikan: kompetensi dan praktiknya, Cet. IX, Jakarta: Bumi Aksara.

Surakhmad, W. (1998). Pengantar penelitian ilmiah, dasar, metode dan teknik. Ed. VIII. Bandung: Tarsito.

Suryabrata, S. (2003). Metodologi penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tiro, M. A. (2008). Dasar-dasar statistik. Makassar: Andira Publisher.

Published
2014-06-12
Section
Articles
Abstract viewed = 619 times