PENGARUH PENGGUNAAN MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTSN BALANG-BALANG KECAMATAN BONTOMARANNU KABUPATEN GOWA

  • Reski Awaliah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ridwan Idris Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika sebelum menggunakan Model Reciprocal Teaching pada siswa kelas VIII MTsN Balang-Balang, hasil belajar matematika setelah menggunakan Model Reciprocal Teaching pada siswa kelas VIII MTsN Balang-Balang, apakah terdapat pengaruh penggunaan Model Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII MTsN Balang-Balang Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan Model Reciprocal Teaching memberikan pengaruh positif dalam meningkatakan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Balang-Balang Kecamatan Bontorannu Kabupaten Gowa. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk hasil pretest kelas kontrol dan pretest kelas eksperimen siswa kelas VIII MTsN Balang-Balang sebelum diajarkan dengan menggunakan Model Reciprocal Teaching masing-masing diperoleh nilai rata-rata 37,5 (rendah) dan 41,72 (sedang). Untuk hasil posttest kelas kontrol dan posttest kelas eksperimen siswa kelas VIII MTsN Balang-Balang setelah diajarkan dengan menggunakan Model Reciprocal Teaching masing-masing diperoleh nilai rata-rata 79,84 (tinggi) dan 90,47 (sangat tinggi). Hasil analisis statistik inferensial pengaruh penggunaan Model Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII MTsN Balang-Balang Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa menunjukkan bahwa nilai Sign = 0,000. Dalam hal ini Sign < α (0,05) maka H0 ditolak. Dengan ditolaknya H0 maka H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Reciprocal Teaching memberikan pengaruh positif dalam meningkatakan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Balang-Balang Kecamatan Bontorannu Kabupaten Gowa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Cet.XIV; Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2006). Strategi belajar mengajar. Jogjakarta: Asdi Mahasatya.

Gunawan, A. W. (2006). Genius learning strategi. Cet.3; Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Pratiwi, & Ani, W. (2012). Pembelajaran akuntansi melalui reciprocal teaching model untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemandirian belajar dalam materi mengelola administrasi surat berharga jangka pendek siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. X, No. 2.

Rusman. (2011). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sufiana. (2013). Pengaruh pendekatan reciprocal teaching terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam belajar matematika. Skripsi. www.google cindekia.com. Diakses tanggal 30 oktober 2013.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Supartini. (2005). Upaya peningkatan hasil belajar melalui implementasi model pembelajaran berbalik (reciprocal teaching) Pokok bahasan luas dan keliling pada siswa Kelas V SD Pogalan III Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2004/2005. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Suyitno, A. (2006). Pemilihan model-model pembelejaran dan penerapannya di sekolah. Semarang: UNNES.

Tiro, M. A. (2008). Dasar-dasar statistika. Cet. III; Makassar: Andira Publisher.

Widoyoko, E. P. (2013). Evaluasi program pembelajaran. Cet V; Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published
2015-06-12
Section
Articles
Abstract viewed = 1631 times