PENGARUH PRESTASI BELAJAR MICRO TEACHING TERHADAP PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ANGKATAN 2010/2011 MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR

  • Thamrin Tayeb Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Sulhaerah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muh. Ali Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian kali ini adalah penelitian korelasi yakni korelasi sebab-akibat. Antara keadaan pertama dengan yang kedua terdapat hubungan sebab akibat. Keadaan pertama diperkirakan menjadi penyebab yang kedua. Keadaan pertama berpengaruh terhadap yang kedua. Oleh karenanya penelitian korelasional jenis ini disebut sebagai penelitian pengaruh. Adapun model desain pada penelitian ini menggunakan paradigma sederhana. Paradigma penelitian ini terdiri atas satu variabel independen dan satu variabel dependen yaitu prestasi mata kuliah Micro Teaching dan prestasi mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai mata kuliah Micro Teaching Angkatan 2010/2011 Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar didapatkan 26 mahasiswa atau sebesar 28 persen mendapat nilai “3” atau nilai “B”. Sebanyak 67 mahasiswa atau 72 persen mendapat nilai “4” atau nilai “A”. Sedangkan nilai mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Angkatan 2010/2011 Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar didapatkan 13 mahasiswa atau sebesar 14 persen mendapat nilai “3,5” dan 80 mahasiswa atau sebesar 86 persen mendapat nilai “A”. Ada pengaruh yang signifikan antara Prestasi Belajar Micro Teaching Terhadap Praktik Pengalaman Lapangan Angkatan 2010/2011 Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Hasil uji hipotesis pada taraf siginifikan = 0,05 dengan uji Korelasi Kendal Tau menunjukan bahwa terdapat pengaruh pengaruh prestasi belajar Micro Teaching terhadap Praktik Pengalaman Lapangan Angkatan 2010/2011 Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. (1990). Kamus lengkap bahasa Indonesia moderen. Cet. IV; Jakarta: Pustaka Amani.

Ambo, E. A. (2005). Pendidikan di era otonomi daerah: gagasan dan pengalaman, Yogyakarta: Pustaka Timur.

Arikunto, S. (2012). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 1993. Asril, Zainal, Micro Teaching. Cet.IV; Jakarta: Rajawali Pers.

Hasbullah. (2009). Dasar-dasar pendidikan. Cet. VIII; Jakarta: Rajawali Press.

Sari, W. (2012). “Pengaruh prestasi belajar micro teaching terhadap praktik pengalaman lapangan prodi pendidikan tata niaga Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.” Jurnal Pendidikan IX Tahun 2012.

Hasan, M. I. (2008). Pokok-pokok materi statistik 1. Cet. IV, Jakarta: Bumi Aksara.

Sardiman. (2011). Interaksi motivasi dan belajar mengajar. Cet.XX; Jakarta : Rajawali Pers.

Sukardi. (2011). Metodologi penelitian pendidikan: kompetensi dan praktiknya, Cet. IX, Jakarta: Bumi Aksara.

Tiro, M. A. (2008). Dasar-dasar statistik. Makassar: Andira Publisher.

Published
2015-06-12
Section
Articles
Abstract viewed = 419 times