PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH SUATU UPAYA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN REPRESENTASI MATEMATIK SISWA

  • Andi Ika Prasasti Abrar Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Tulisan ini membatasi pada ciri-ciri khusus, tujuan pembelajaran, hasil belajar, tahapan (sintaks) pembelajaran berdasarkan masalah, dan kaitan pembelajaran berdasarkan masalah dengan kemampuan pemahaman dan representasi matematik. Pembelajaran berdasarkan masalah merupakan salah satu pembelajaran yang dapat merangsang pola berpikir siswa dalam situasi berorientasi masalah, termasuk didalamnya belajar bagaimana belajar. Oleh karena itu, pembelajaran berdasarkan masalah memberikan kesempatan yang cukup bagi siswa untuk dapat melatih dan mengembangkan kemampuan pemahaman dan representasi matematiknya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, S., dkk. (2010). Konstruksi pengembangan pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.

Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fitriani. (2014). “Pengaruh konsep diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Salomekko Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone.” Skripsi. Makassar: UIN Alauddin.

Manfaat, B. (2010). Membumikan matematika dari kampus ke kampung. Cirebon: Eduvision Publishing.

Prayitno. (1999). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: Rineka Cipta, h.282. Rakhmat, Jalaluddin. 2012. Psikologi Komunikasi. Cet, 28; Bandung: Rosda.

Santrock, J. W. (2007). Remaja. Edisi 11 Jilid 1, Jakarta: Erlangga.

Sudjana, N. (1996). Statistika pendidikan. Cet. I; Bandung: Remaja Rosdakarya h. 70. Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Uny Press.

Sugiono. (2013). Metode penelitian pendidikan. Cet. 16; Bandung: Alfabeta.

Sukawati, E. (2008). Hubungan konsep diri matematika, dukungan otonomi guru, dan kecemasan matematika dengan prestasi belajar. Tesis Pasca Sarjana Magister Sains Psikologi, Semarang.

Surya, M. (2013). Psikologi guru konsep dan aplikasi dari guru untuk guru. Bandung: Alfabeta.

Syamsul, B. (2013). Psikologi pendidikan berbasis analisis empiris aplikatif. Jakarta: Prenada Media.

Published
2016-06-20
Section
Articles
Abstract viewed = 601 times