KEEFEKTIFAN MODEL KOLB-KNISLEY DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR, KEMAMPUAN PENALARAN, DAN SELF-ESTEEM SISWA

  • Andi Kusumayanti Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Dhoriva Wutsqa Universitas Negeri Yogyakarta
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan (MPMK-K) Model Pembelajaran Matematika Kolb-Knisley ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis, dan self-esteem siswa;pembelajaran yang lebih efektif antara MPMK-K dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis, dan self-esteem siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain kelompok pretest-posttest. Penelitian ini menggunakan satu kelompok eksperimen (MPMK-K) dan satu kelompok kontrol (pembelajaran konvensional).Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Yogyakartasebanyak 4 kelas. Sampel penelitian sebanyakdua kelas VIII yang dipilih secara acak.Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan one sample t-test untuk mengetahui keefektifan MPMK-K dan konvensional. Setelah itu dilanjut dengan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA)untuk mengetahui perbedaan keefektifan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk membandingkan MPMK-Kdengan pembelajaran konvensional digunakan uji univariat  independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: MPMK-K dan pembelajaran konvensional efektif terhadap pembelajaran matematika ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis, dan self-esteem siswa; MPMK-K lebih efektif dari pembelajaran konvensional ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis, dan self-esteem siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, M. J. Z., Rezzae, A. A., Abdullah, H. N., & Singh, K. K. B. (2011). Learning styles and overall academic achievement in a specific educational system. International journal of humanities and social science. Hlm. 143-152.

Dadan, D. (2009). Meningkatkan kemampuan penalaran dan pemahaman siswa sltp melalui pendekatan pembelajaran open-ended. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Dwi, H. (2013). Penerapan model SSCS dengan pendekatan problem posing untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa SMP. Tesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Eidelweis,D. J. (2013). Model pembelajaran experential kolb untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan menjelaskan fenomena fisis SMA kelas X pada konsep alat optik. Tesis. Tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Hosnan, M. (2014) . Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Huberty, C. J., & Olejnik, S. (2006). Applied MANOVA and discriminant analysis. New Jersey : John Wiley & Sons, Inc.

Isna, R. (2013). Penerapan model pembelajaran matematika berbasis multiple intelligences untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep, penalaran matematis dan self-confidences siswa MTs. Tesis. Tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Johnson, R. A., & Wichern, D. W. (2007). Applied multivariate statistical analysis. New Jersey: Pearson Prentice-Hall, Inc.

Kablan, Z., & Kaya, S. (2013). Science achievement in TIMSS cognitive domains based on learning styles. Eurasian Journal of Educational Research, 53, 97-114.

Muijs, D., & Reynolds, D. (2008). Effective teaching (3nd ed). London: SAGE Publication.

Mulyana, E. (2009). Pengaruh model pembelajaran matematika knisley terhadap peningkatan pemahaman dan disposisi matematika siswa sekolah menengah atas program ilmu pengetahuan alam. Disertasi. Tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Nasution, S. (2013). Berbagai pendekatan dalam proses belajar dan mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

NCTM. (2000). Principles and standardas for school. Reston, VA: The National Council of Theacher of Mathematics, Inc.

NRC. (2002). Helping children learn mathematics. Washington, DC: National Academic Press.

Permendiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 23 Tahun 2006 tentang standar isi (SI) dan standar kompetensi lulusan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Depdiknas.

Peker, M. (2009) .Pre-service teachers’ teaching anxiety about mathematics and their learning styles. Eurasia journal of mathematics, scienxe & technology education, 5(4), 335-345.

Pujiastuti, H. (2014). Pembelajaran inquiry co-operation model untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, komunikasi, dan self-esteem matematis siswa SMP. Disertasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Reys, R., Lindquist, M.M., Lambdin, D.V., & Smith, N.L. (2009). Helping children learn mathematics 9th ed. Boston: John Wiley & Sons, Inc

Stevens, J. (2009). Applied multivariate statistics for the social sciences. New York: Routledge.

Suherman, E., et al. (2003). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: JICA.

TIMSS.(2011). International results in mathematics. Boston: Timss & PIRLS International Study Center.

TIMSS.(2007). International mathematics report. Boston: Timss & PIRLS International Study Center.

Published
2016-06-20
Section
Articles
Abstract viewed = 1103 times