PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN SCRAMBLE PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD INPRES TANAH KARAENG

  • Mustadi Mustadi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ahmad Afiif Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Dian Angriani Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassarr
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Make A Match pada peserta didik kelas IV SD Inpres Tanah Karaeng, hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Scramble pada peserta didik Kelas IV SD Inpres Tanah Karaeng, apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan metode pembelajaran Make A Match dengan yang diajar menggunakan metode pembelajaran Scramble dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada peserta didik Kelas IV SD Inpres Tanah Karaeng. Penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen 1, nilai rata-rata pretest adalah 48,12 dan nilai rata-rata posttest adalah 81,25, sedangkan kelas eksperimen 2 nilai rata-rata pretest adalah 54,06 dan nilai rata-rata posttest adalah 80,31. Berdasarkan hasil analisis inferensial diperoleh nilai t hitung sebesar 0,785 yang lebih besar dari pada t tabel sebesar 0,05 (t hitung < t tabel). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak karena t hitung > t table atau 0,785 > 0,05 berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Make A Match dengan metode pembelajaran scramble pada siswa kelas SD Inpres Tanah Karaeng karena rata-rata hasil belajar matematika antara yang diajar dengan metode pembelajaran Make A Match maupun metode pembelajaran scramble tidak terjadi perbedaan yang signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, S. (2013). Peningkatan mutu pendidikan sekolah dasar dan menengah. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Arikunto. S. (2009). Dasar-dasar evaluasi pendidikan (edisi revisi). Bumi Aksara.

Djamarah, S. B. & Zain, A. (2002). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasbulah. (2009). Dasar-dasar ilmu pendidikan Cet. I; Jakarta: Rajawali Pers.

I Kd., A. W. dkk. (2014). Pengaruh model pembelajaran cooperative tipe Make A Match terhadap hasil belajar matemtaika siswa kelas IV di gugus III Kecamatan Rending. Jurnal Mimbar. PGSD Universitas Pendidikan Gnaesha, Vol. 2 No: 1.

Janiati, SZ. (2013). Penerapan model pembelajaran kooperatif make a match pada pelajaran matematika dalam operasi perkalian bilangan bulat untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Jihad, A. (2010). Evaluasi pembelajaran Cet. III; Yogyakarta: Multi Press.

Komalasari. (2010). Pembelajaran konsekstual konsep dan aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Mania, S. (2013). Metodologi penelitian pendidikan dan sosial. Makassar: Alauddin University Press.

Margono, S. (1991). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Rineke Cipta.

Nazzal, A. (2002). An effective of elementary school students’ learning method scramble in mathematical problem solving. Jurnal Procedia - Social and Behavioral Sciences 116, no. 11.

Nugraha, W. (2012). Kefektifan penerapan model Make A Match pada pembelajaran matematika kelas V materi Geometri di Sekolah Dasar Negeri 1 Purbalingga Kidul Kabupaten Purbalingga. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Semarang.

Rapi, M. (2012). Pengantar strategi pembelajaran. Makassar: Alauddin University Press.

Riyanto, Y. (2001). Metodologi penelitian pendidikan Cet ke II; Surabaya: Penerbit SIC.

Rusman. (2012). Belajar dan pembelajaran berbasis komputer. Bandung: Alfabeta.

Sudijono, A. (2009). Pengantar statistik pendidikan edisi I. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana, N & Ibrahim. (2009). Penelitian dan penilaian pendidikan, Cet. II. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata S. (2010). Psikologi pendidikan Cet. V; Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1994). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Tiro A. M. (2000). Dasar-dasar statistika Cet. II; Makassar: State Univesrsity of Makassar Press.

Published
2017-06-21
Section
Articles
Abstract viewed = 1074 times