PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 1 SUNGGUMINASA KAB. GOWA

  • Anugrah Lestari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nursalam Nursalam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Mardhiah Mardhiah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMPN 1 Sungguminasa Kab. Gowa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian experiment dengan desain penelitian posttest only control design. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan statistik deskriptif pada kelas eksperimen yakni nilai rata-rata posttest adalah 76,90, sedangkan kelas kontrol nilai rata-rata posttest adalah 65,32 kelompok. Hasil analisis inferensial diperolah 𝑡-ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡-𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dimana, 𝑡-ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 3,492 sedangkan 𝑡-𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,000, maka berdasarkan kriteria pengujian dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran ARIAS dengaan model pembelajaran konvensional pada kelas VII SMP Negeri 1 Sungguminasa Kab. Gowa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah (standar kompetensi dan kompetensi SMP/Mts). Jakarta: BSNP.

Basuki, S. (2006). Metode penelitian. Jakarta : Wedatama WIDYA Sastra.

Bohlin, R. (1987). Development and use of the arcs model of instructional design. Journal of Instructional Development.

Dimyati & Madjiono. (1999). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Endang M. (2014). Metode peneltian terapan bidang pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Hamalik O. (2006). Proses belajar mengajar I. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Herumen. (2007). Model pembelajaran matematika disekolah dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mahmud. (2011). Metodologi penelitian pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Mania, S. (2013). Metode penelitian pendidikan dan sosial. makassar: Alauddin University Press.

Margunayasa, I. G. (2013). Pengaruh model pembelajaran arias terhadap hasil belajar IPA kelas IV SD Negeri 3 Banjar Jawa. Journal UNDIKSHA.

Nursalam. (2013). Strategi pembelajaran matematika teori dan aplikasi bagi mahasiswa PGMI. Makassar: Alauddin University Press.

Rahman, M. (2014). Model pembelajaran ARIAS terintegratif. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka.

Slameto. (2010). Belajar & Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana, N & Ibrahim. (2009). Penelitian dan penilaian pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Yasin, S. & Borahima. (2010). Pengolaan pembelajaran. Makassar: Alauddin Press.

Published
2017-06-26
Section
Articles
Abstract viewed = 1739 times