PERBEDAAN TINGKAT PEMAHAMAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII YANG DIAJAR MENGGUNAKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DAN KURIKULUM 2013 DI SMPN 1 DAN SMPN 2 MARBO KAB. TAKALAR

  • Hadrianti Budiman Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Rusydi Rasyid Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ridwan Idris Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik yang diajar dengan menggunakan KTSP dan kurikulum 2013 di SMPN 1 Marbo Kab. Takalar. Pendekatan penelitian ini tergolong kuantitatif dengan jenis penelitian Kausal Komparatif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata tingkat pemahaman matematika Peserta Didik kelas VIII di SMPN 2 Marbo lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat pemahaman matematika Peserta Didik kelas VIII di SMPN 1 Marbo (𝑋 𝐾𝑇𝑆𝑃 = 45.71 > 𝑋 𝐾.13 = 42.86). Selanjutnya, hasil analisis SPSS Versi 20.0 menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan tingkat pemahaman Matematika Peserta Didik kelas VIII di SMPN 2 Marbo yang diajar menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 di SMPN 2 dan SMPN 1 Marbo Kab.Takalar ditunjukkan dengan perhitungan π‘‘β„Žπ‘–π‘‘ = 0,536, df = 40 dan nilai sig. (2-tailed) = 0,595, karena π‘‘β„Žπ‘–π‘‘ < π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ = 2,02 dan sig > 𝛼 = 0.05 yang berarti 𝐻0 diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2006). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Burhan, I. A. (2007). Peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematika siswa SD melalui pendekatan realistic mathematics education. Jurnal Pendidikan (2012): h. 153.

Departemen Agama RI. (2008). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Lentera Abadi.

Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. (2009). Buku saku kurikulum tingkat satuan pendidikan menengah pertama. Departemen Pendidikan Nasional.

Emzir. (2014). Metodologi penelitian pendidikan kuantitatif dan kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Indrawan, R. & Poppy Y. (2014). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan campuran untuk manajemen, pembangunan, dan pendidkan. Bandung: PT Refika Aditama.

Kadir. (2015). Statistika terapan. Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyasa. (2014). Pengembangan dan implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mustami, M. K. (2015). Metodologi penelitian pendidikan. Yogyakarta: Aynat Publishing.

Nursalam. (2011). Statistik untuk penelitian. Makassar: Alauddin University Press.

Peraturan Pemerintan RI Nomor 19 .2005. Tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP), pasal 2, ayat (1) tahun 2005.

Putu, S. M. (2006). Nasional kurikulum tingkat satuan pendidkan SMK. Departemen Pendidikan Nasional.

Rohman, A. (2015). Perbandingan konsep kurikulum KTSP 2006 dan kurikulum 2013 kajian standar isi pada Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam jenjang SMP. Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Sanjaya, W. (2009). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Solikatun, S. (2014). Analisis karakter siswa dalam pembelajaran matematika setelah diterapkan Kurikulum 2013. Naskah Publikasi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sudjana, N. (2009). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2014). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, W. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru.

Sukmadinata, N. S. (2009). Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tiro, A. M. (2008). Dasar-dasar statistika. Makassar: Andira Publisher.

Widoyoko, E. P. (2014). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published
2017-06-21
Section
Articles
Abstract viewed = 1212 times