MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DENGAN MENGOPTIMALKAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA MATEMATIKA (SUATU UPAYA MEMBANGUN DAN MENGEMBANGKAN KREATIVITAS)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan di atas yakni dengan menggunakan alat peraga yang didesain oleh penulis sendiri. Ada pun alat peraga tersebut terdiri dari: bangun datar (segitiga, segiempat, segibanyak, lingkaran) dan bangun ruang (kubus, prisma, tabung, limas, kerucut, bola). Untuk pelaksanaan penelitian digunakan metode demonstrasi yaitu memeragakan alat-alat yang sudah didesain untuk menjelaskan konsep-konsep geometri yaitu tentang luas pada bangun datar, luas penampang dan volume bangun ruang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata nilai rata-rata yang dicapai siswa pada awal siklus 1 kategori rendah (5,00) sedangkan pada akhir siklus 1 nilai rata-rata siswa dalam kategori sedang (6,19), sedangkan pada akhir siklus 2 nilai rata-rata dalam kategori tinggi (7,50), dan pada akhir siklus 3 nilai rata-rata dalam kategori sangat tinggi (8,00) hasil belajar siswa .
Downloads
References
Achmad, A. (1991). Segi kreatifitas dan kemandirian dalam proses belajar matematika. Makalah. FMIPA ITB. Bandung.
Bole, B. (1982). Mathematical activities a resource book for teacher. Cambridge University Press London.
Barnes, M., Clark, D. & Stephens, M. (1996). The impact of external assesment on teaching practice: Contraints on change in the classroom. In P. C. Clarkson (Ed). Technology in Mathematics Education. Melbourne : The University of Melbourne.
Cadwell, Y. H. (1970). Topics in recreational mahematics. Cambridge University Press London.
Cook. (1991). Ethical implication. research methods in social relation. Edited by Charles Judd, Eliot Smith and Louise Kidder, 6th edition. In H. Connole (Ed). Research Method 1: Underdale, South Australia: The University of South Australia.
Dole, S., Cooper, T., Bleicher, R., Nisbet, S. & Warren, E. (1996). Collaborative team writing of assesment task ask professional development. In P. C. Clarkson (Ed.). Technology in Mathematics Education. Melbourne : The University of Melbourne.
Galbrait, P., Pemberton. M., & Hainest, C. (1996). Testing to a purpose : Assessing the mathematimalcal knowledge of entering undergraduate. in P .C. Clarkson (Ed). Technology in Mathematics Education. Melbourne: The University of Melbourne.
Hudoyo, H. (1990). Strategi mengajar belajar matematika. IKIP Malang.
Kemmis, S. & Carr W. (1990). Becoming critical: Education, knowledge and action research. Melbourne: Deakun University.