ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENJAWAB SOAL PROGRAM LINEAR KELAS XII IPA MAN 1 MAKASSAR

  • Wildana Wildana Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • St. Hasmiah Mustamin Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Fitriani Nur Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kesalahan peserta didik dalam menjawab soal program linear kelas XII IPA MAN 1 Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi jenis kesalahan apa yang dilakukan peserta didik dalam menjawab soal program linear, dan ingin mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal program linear. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dianalisis dengan menggunakan teknik pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 16 peserta didik. Subjek yang terpilih dalam wawancara adalah 7 peserta didik yang ditentukan dari tes diagnostiknya. Peserta didik yang terpilih sebagai subjek penelitian merupakan peserta didik yang memiliki kesalahan yang bervariatif dan lebih terkait pada pemahaman konsep, kesalahan prinsip dan kecerobohan dalam pengoperasian yang menarik untuk diteliti. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode tes dan wawancara. Metode analisis yang digunnakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dialami peserta didik dalam menjawab soal program linear kelas XII IPA MAN 1 Makassar yakni peserta didik belum terlalu memahamami kosep program linear, kesalahan prinsip dan juga sering melakukan keerobohan dalam penyelesaiannya. Faktor penyebab terjadinya hal tersebut berdasarkan hasil penelitian ini yaitu  berasal dari faktor intern yakni minat, motivasi, dan bakat peserta didik, dan dari foktor eksterm yaitu keadaan peserta didik yang tegang pada saat proses pembelajaran dan tempat duduk peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darko, J., & Morton, O. K. (1996). European journal of operational research 94, Vol.2, No. 2.

DepDikbud. (1988). Kamus bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Hudoyo, H. (1988). Mengajar belajar matematika. Jakarta: DepDikBud.

Juel, C. (1988). Learning to read and write, Vol. 80, No 1.

Karso. (1993). Dasar-dasar pendidikan MIPA. Jakarta: UT.

Kingskey, H. L. (1990). Learning pshychology, Vol.2, No.3.

Kurniawan, A. H. (2007). Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita. Surakarta, Cet.2.

Manangkasi. (1986). Faktor-faktor yang mempengaruhi proses prestasi belajar matematika. Cet.1. Ujung pandang: ST MIPA IKIP Ujung Pandang.

Mulyono, S. (2002). Pengertian dan macam-macam program linear. Jakarta:Rinneka Cipta.

Nana, S. S. ()2010. Metode penelitian pendidikan. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

National Council of Teachers of Mathematic (NCTM). (2000). Principle and standards for school mathematics.NCTM, Vol.2.

Rittle,J. B., Siegler, R., & Alibali, M. (2001). Developing conceptual understanding and procedural skill in mathematics: an iterative process. Journal of educational psychology, 93.Vol.2.

Russeffendi, E. T. (1984). Dasar-dasar matematika modern dan komputer. Bandung: Tarsito. Cet.1.

Sistem Pendidikan Nasional. (2003). “Undang-Undag RI No.2 Tahun 2003.” Cet I. Bandung: Fokus Media.

Sri Hidayati, W. (2010). Analisis kesalahan menyelesaikan soal program linier siswa kelas XI SMk Tribuana Jombang. Cet.1. Surabaya.

Sumantri, J. S. (1990). Filsafat ilmu. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Suryabrata, S. (1999). Psikologi pendidikan. Jakarta.

Suryabrata, S. (1975). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: Rahe Press.

Published
2016-06-30
Section
Articles
Abstract viewed = 1559 times