KORELASI PEMBERIAN TUGAS MANDIRI KEPADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DENGAN KEBERADAAN PERPUSTAKAAN KAMPUS PADA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR

  • Thamrin Tayeb Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pemberian tugas mandiri kepada mahasiswa sehingga mereka terdorong ke perpustakaan kampus, untuk mendapatkan gambaran tentang korelasi pemberian tugas mandiri terhadap keberadaan perpustakaan kampus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dan pengambilan sampel dilakukan dengan acak menggunakan teknik sampling stratified proportional dengan perbandingan kuantitas tugas persemester yang berbeda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistika inferensial yang didahului dengan statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa presentase hasil analisis deskriptif dapat diketahui kategori hasil penelitian pervariabel, variabel pemberian tugas-tugas memperlihatkan hasil pada kategori baik dengan jumlah presentase sebesar 36% (18 responden). Variabel intensitas kunjungan memperlihatkan hasil pada kategori baik dengan persentase sebesar 40% (20 responden). Hasil analisis regresi dapat ditunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara system pemberian tugas-tugas dengan intensitas kunjungan dengan t-hitung (5,336) lebih besar dari t-tabel (1,6772). Hasil uji hipotesis pada pemberian tugas-tugas dalam meningkatkan intensitas kunjungan perpustakaan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan memberikan konstribusi yang cukup besar yaitu berdasarkan hasil perhitungan analisis koefisien determinasi adalah sebesar 36%, sedangkan selebihnya 64% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. (1990). Kamus lengkap bahasa Indonesia moderen. Cet.IV; Jakarta: Pustaka Amani.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bafadal, I. (1992). Pengelolaan perpustakaan sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. (1989). UU No. 2 Tahun 1989, Tentang sistem pendidikan.

Eriyanto. (2007). Teknik sampling: analisis opini publik. Yogyakarta: LkiS.

Kamus Bahasa Indonesia. (2005). Pusat pembinaan pengembangan bahasa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Keraf, G. (1980). Komposisi. Ende: Nusa Indah.

Lasa, H. (1998). Kamus istilah perpustakaan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Published
2016-07-01
Section
Articles
Abstract viewed = 643 times