THE LEARNING MEDIA DEVELOPMENT BASED ON BENIME AND EDMODO AT TRIGONOMETRY SUBJECTS TO IMPROVE STUDENTS' LEARNING INTEREST

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BENIME DAN EDMODO PADA MATERI TRIGONOMETRI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

  • Ummu Sholihah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
    (ID)
  • Sufatul Masfiyah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
    (ID)
Keywords: Aplikasi Benime, Aplikasi Edmodo, Audio visual, Trigonometri

Abstract

Media yang efektif merupakan media yang mampu mencapai tujuan pembelajaran dengan cepat dan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Benime dan Edmodo pada materi Trigonometri untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah pengembangan yang mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA Unggulan Bandung Tulungagung sebanyak 19 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Dari angket diperoleh hasil uji validitas ahli materi yaitu skor 3,60 (kriteria baik) dan skor dari ahli media 4,22 (kriteria sangat baik), sehingga media yang dikembangkan berada pada kriteria valid. Hasil uji kepraktisan siswa diperoleh rata-rata 87,36 (kriteria sangat praktis). Hasil nilai keefektifan siswa sebesar 88,42 (kriteria sangat baik). Nilai uji-Gain 0,69 yang tergolong sedang berdasarkan kriteria uji-Gain untuk mengetahui seberapa besar peningkatan minat belajar siswa. Oleh karena itu, media audio visual berbasis aplikasi Benime dan Edmodo materi Trigonometri, praktis dan efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrina, Mudinillah, A., & Ulya, F. (2021). Pemanfaatan aplikasi benime untuk pembelajaran mufradat siswa kelas 1 di MIN 1 Solok. Arabia, 13(2), 191-212. http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v13i2.12510.

Dharmawati. (2017). Penggunaan media e-learning berbasis edmodo dalam pembelajaran english for business. QUERY: Jurnal Sistem Informasi, 01(01), 43–49. http://dx.doi.org/10.58836/query.v1i01.640.

Farida. (2015). Mengembangkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik melalui pembelajaran berbasis VCD. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 25–32. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i1.54.

Halil, N. I. (2020). The effectiveness of using edmodo as an online learning platform in covid-19. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(3), 284–98. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i3.316.

Irwandani, & Juariyah, S. (2016). Pengembangan media pembelajaran berupa komik fisika berbantuan sosial media instagram sebagai alternatif pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 33–42. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.103.

Jumaeroh, S., & Zuhaida, A. (2019). Pengaruh media edmodo terhadap hasil belajar ipa pada materi tekanan dengan model discovery learning. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 2(2), 118–22. http://dx.doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5995.

Mudinillah, A., & Syurfa, Z. (2022). Pemanfaatan aplikasi benime sebagai penunjang pembelajaran mufrodat kelas VII MTsN Pasir Lawas. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1), 98–110. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i1.5810.

Nababan, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra Dengan Model Pengembangan Addie di Kelas XI SMAN 3 Medan. Inspiratif: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 37–550. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpmi/article/view/19657.

Rohma, A., & Sholihah, U. (2021). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Materi Bangun Ruang Limas. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(3), 292–306. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i3.pp292-306.

Sudarsi. (2017). Pengaruh Efektivitas Penggunaan Edmodo Terhadap Kepuasan Siswa di SMKN 1 Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 5(2), 246–62. https://doi.org/10.26740/jepk.v5n2.p246-262.

Suhaeri, T., Mustaji, & Suryaman. (2020). Edmodo based e-learning development on science lesson in 7th grade. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 34–41. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p34-41.

Suharyanto, & Mailangkay, A. B. L. (2021). Penerapan e-learning sebagai alat bantu mengajar dalam dunia pendidikan. Jurnal Ilmiah Widya, 3(4), 17–21.

Ulfa, S. M., & Purwati, O. (2020). Beyond the application of edmodo in classroom: students’ perceptions and their barriers in the process of utilizing it in writing class. Exposure: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris, 9(1). https://doi.org/10.26618/exposure.v9i1.3429.

Wicaksana, E. J., Atmadja, P., Wikanso, W., Putri, L. N., & Muthia, G. A. (2020). Edmodo as a Solution to enhance student learning interest in high school biodiversity during the covid-19 pandemic. Biosfer, 13(2), 216-229. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.v13n2.216-229.

Yarshal, D. (2021). Pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis benime tema pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup pada siswa kelas III SDN 101893 Bangun Rejo. Jurnal Handayani, 8(2), 125–132. https://doi.org/10.24114/jh.v12i2.34196.

Yuniarti, N. E., Mulyadi, D., & Ifadah, M. (2019). The effectiveness of edmodo and schoology in teaching speaking. English Focus, 3(1), 11–20. https://doi.org/10.24905/efj.v3i1.60.

Zhafiri, L. & Ekohariadi, E. (2021). Studi literatur efektifitas e-learning melalui edmodo dan google classroom dalam pembelajaran di SMK. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 6(1), 564-572. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/39752.

Published
2023-06-05
Section
Vol. 11 No. 1
Abstract viewed = 90 times