PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI TINGKAT AKREDITASI SEKOLAH SMA NEGERI DI KABUPATEN POLEWALI MANDAR
Abstract
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kecerdasan intrapersonal dan pengaruh kecerdasan intrapersonal terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI MIPA SMA Negeri di Kabupaten Polewali Mandar ditinjau dari tingkat akreditasi sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bersifat kausalitas. Penelitian ex-post facto dirancang untuk menerangkan adanya hubungan sebab akibat antar variabel kecerdasan intrapersonal dengan prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri di Kabupaten Polewali Mandar tahun pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian adalah 132 siswa yang diambil dengan menggunakan proporsional stratified random sampling. Instumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Tes digunakan untuk memperoleh informasi mengenai prestasi belajar matematika sedangkan angket digunakan untuk memperoleh informasi mengenai kecerdasan intrapersonal. Data dianalisis dengan statistika deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Untuk sekolah dengan akreditasi A, B, dan tidak terakreditasi diperoleh kecerdasan intrapersonal dengan rata-rata skor 86,42 berada pada kategori tinggi dan prestasi belajar matematika dengan rata-rata skor 30,58 berada pada kategori kurang; (2) Kecerdasan intrapersonal tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika pada sekolah dengan akreditasi A, B, dan tidak terakreditasi.
Abstract:
This research aimed to know description of intrapersonal intelligence and it’s influence of intrapersonal intelligence to mathematic learning achievement of students in grade XI MIPA State SMA in Polewali based on the levels of school accreditation. This research was an ex post facto with causality study. Ex post facto study was designed to explain causal correlation between variable of intrapersonal intelligence and mathematics learning achievement. The Populations of this research were all of students in grade XI MIPA State SMA of Polewali Mandar in 2016/2017. Samples of the research were 132 student choosen by academic year using proporsional stratified random sampling. Instrument used to collect the data of this study were test and questionnaire. The test used to get information about mathematics learning achievement while questionnaire used to get information about intrapersonal intelligence. Datas were analyzed with descriptive statistic and simple linear regression analysis. Result of study shows that: (1) for schools with accredited A, B, and not accredited are obtained intrapersonal intelligence is in high category with mean score is 86,42 and mathematics learning achievement fall on low category. with mean score is 30,58; (2) intrapersonal intellgence is not effect on mathematics learning achievement of students in school with accreditation category of A and B also non accreditation.Downloads
References
Angriani, A. D., Bernard, Nur, R., & Nurjawahirah. (2016). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah melalui pembelajaran kooperatif think-talk-write pada peserta didik kelas VIII1 MTsN Model Makassar. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 4 (1), 11-28.
Aryadi, H. (2008). Pengaruh kecerdasan intrapersonal terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari jenis kelamin siswa (Kelas XI SMA Negeri 1 Kecamatan Nogosari Kabupaten Boyolali). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Baharuddin & Nur E. (2012). Teori belajar dan pembelajarannya. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Bondan, D. W. (2012). Teori kecerdasan majemuk: Apa dan bagaimana mengaplikasikannya dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA. FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
Hidayati, N., Mardiana, & Riyadi. (2014). Eksperimentasi pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif JIGSAW dan Teams Games Tournament (TGT) ditinjau dari kecerdasan intrapersonal siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2 (2), 152-162.
Lpdp. (2015). Daftar daerah tertinggal, terdepan dan terluar (perbatasan) tahun 2015. Jakarta: Lpdp Kementrian Keuangan Republik Indonesia.
Risa, H. (2013). Kecerdasan interpersonal pada siswa kelas IV SD Negeri Kembaran Kulon I. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Wikandaru, A. (2011). Pengaruh kecerdasan intrapersonal dan prestasi belajar siswa terhadap keputusan penjurusan SMA Negeri 1 Kertasono Kabupaten Nganjuk. Skripsi. Universitas Negeri Malang.
Copyright (c) 2017 MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.