PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MEMFASILITASI PENCAPAIAN KEMAMPUAN PENALARAN PADA POKOK BAHASAN PERBANDINGAN KELAS VII MTSN MODEL MAKASSAR

  • Siti Nurhidayati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Thamrin Tayeb Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Baharuddin Abbas Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak:

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan mengembangkan dan menilai kualitas bahan ajar matematika berbasis masalah untuk memfasilitasi pencapaian penalaran siswa pada pokok bahasan perbandingan yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research & Development (R&D) dengan mengacu pada model 4-D (Four D Models) yaitu Define, Design, Develop and Disseminate. Subjek coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII6 MTsN Model Makassar dengan jumlah 40 siswa. Berdasarkan hasil uji coba terbatas yang dilakukan, diperoleh bahwa (a) hasil validasi bahan ajar adalah 4,71 pada kategori sangat valid karena setiap aspek untuk setiap jenis perangkat berada pada interval 4 ≤ M ≤ 5, (b) praktis karena berdasarkan hasil pengamatan keterlaksanaan bahan ajar yang dikembangkan menunjukkan bahwa rata-rata semua komponen pengamatan keterlaksanaan adalah 1,97 dan berada pada kategori terlaksana seluruhnya (praktis) atau berada pada interval 1,5 ≤ X ≤ 2, dan (c) efektif karena telah memenuhi empat kriteria yang menjadi acuan yaitu hasil belajar siswa tercapai karena 85% siswa mencapai skor 75, aktivitas siswa dikatakan ideal, karena telah memenuhi kriteria batas toleransi pencapaian waktu ideal yang digunakan, hasil rata-rata kemampuan guru mengelola pembelajaran yang diperoleh yaitu 3,83 dan berada pada kriteria tinggi dalam interval 3,5 ≤ KG ≤ 4,5, dan hasil respon siswa adalah 89,25% pada kategori positif karena lebih dari 50% siswa yang memberikan respon positif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada tahap uji coba terbatas dilaksanakan, bahan ajar matematika berbasis masalah telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.

 

Abstract:

The aim is of this study developing and assessing the quality of problem-based mathematics teaching materials to facilitate the achievement of students reasoning on comparison subject, basedon validity, practical, and effective comparison. The type of this research is Research & Development (R & D) study with reference to 4-D model suggested by Thiagarajan (1974) which includes defining, designing, defeloping  and disseminating. The subjects of this research were the students at class VII6 of  Islamic Junior High School Model Makassar  with a total of 40 students. Based on the results of a limited trial conducted, it was found that (a) the result  of the teaching materials validation is 4.71 which is in the category is very valid because every aspect for each type of device is at the intervals of 4 ≤ M ≤ 5 , (b) It is practical because the observation result of  the implementation of the developed learning  material shows that the average of all observational components of the implementation is 1.97 which is in category of fully executed (practical) or at the intervals of 1,5 ≤ X ≤ 2, and (c) it  is effective because it has met the four referencedcriteria;  that is the result of student' learning is achieved, because 85% of students achieve the score of 75; it can be said, students’activities is ideal, because it has fulfilled the criteria of  tolerance limit of the ideal achievement used; the result of the average teacher  ability to manage learning  is 3.8;  and it is in high criterion in the intervals of 3,5 ≤ KG ≤ 4,5; and the studens’  response outcames are 89.25% which is in the positive category, because more than 50% of students have positive responses. Therefor, it can be concluded that when the limited trial stage was implemented, the problem-based  mathematics material had  met the validity, practicality, and effectiveness criteria.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad. N. (2016). Model pembelajanran menumbuhkembangkan kemampuan metakognitif. Makassar: Pustaka Refleksi.

Buhaerah, (2011). “Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis Siswa SMP”. Jurnal Gamatika, 2(1).

Depdiknas. (2008). Panduan pengembangan bahan ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Dirjen Mandikdasmen Depdiknas. Tersedia di http://www.google.co.id.

Rosnawati, R. (2013). Kemampuan penalaran matematika siswa SMP Indonesia pada TIMSS 2011. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA ISBN. Tersedia di https://scholar.google.co.id/cit.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kualitatif kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumartini, T. S. (2015). “Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah”. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1-2.

Susiana, N. (2013). Kemampuan penalaran siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal kesebangunan. MATHEdunesa, 2(1).

Turmudi. (2008). Landasan filsafat dan teori pembelajaran matematika siswa dalam pelajaran matematika. Disertasi pada PPS IKIP Bandung.

Trianto. (2011). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Published
2017-12-18
Section
Articles
Abstract viewed = 3209 times