PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIK SETTING KOOPERATIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII

  • Andi Alim Syahri Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Unismuh Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika melalui penerapan pendekatan realistik setting kooperatif pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Makassar tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah  penelitian pre-eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas kontrol dengan desain penelitian one group pre-test and post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIIIB sebanyak 33 orang siswa yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 21 orang perempuan. Penelitian dilaksanakan selama 6 kali pertemuan. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes untuk melihat kemampuan komunikasi tulisan siswa, lembar observasi untuk mengamati kemampuan komunikasi lisan siswa selama pembelajaran berlangsung, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengamati kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sesuai dengan RPP serta lembar angket untuk mengetahui respons siswa terhadap pembelajaran melalui penerapan pendekatan realistik setting kooperatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa sebelum dan setelah diajar dengan pendekatan realistik setting kooperatif secara berturut-turut adalah  6,15 dan 29,93 dari skor ideal 60 dengan rata-rata skor gain ternormalisasi sebesar  0,44 yang berarti peningkatannya berada pada kategori sedang, (2) rata-rata persentase frekuensi kemampuan komunikasi lisan siswa dikatakan berhasil karena perolehan rata-rata persentase 76,63%, (3) rata-rata keterlaksanaan pembelajaran yaitu 3,6 dan ini berada pada kategori terlaksana sangat baik, dan (4) angket respons siswa menunjukkan bahwa respons siswa terhadap pembelajaran pendekatan realistik setting kooperatif cenderung positif dengan persentase 88%. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan realistik setting kooperatif berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Makassar.

Abstract:

This study aims to determine the effect of learning mathematics through Realistic Cooperative Setting Approach to students mathematics’ communication skill of VIII grade of SMP Muhammadiyah 6 Makassar academic year 2017/2018. This Pre-Experiment research involved one class as a case study without control class with One-Group Pre-Test and Post-Test design. The subject of this research were 33 student’s of VIIIB consist of 12 male and 21 female.  The research were conducted in 6 meeting. The instrument of this research were test to saw the students’ written communication ability, observation sheet to observed students’ oral communication ability during the learning process, observation sheet of learning implementation to observed teacher ability in managed learning process in appropriate with RPP and questionnaire to measured the student response in learning trough Realistic Cooperative Setting Approach. The result of this research showed that: (1) most of the students’ mathematical communication skill before and after taught by Realistic Cooperative Setting Approach were successive 6,15 and 29,93 from the ideal 60 with average normalized gain score 0.44  means that increase was in the medium category, (2) the average percentage of frequency of the students’ oral communication ability was 76,63%, (3) the average implementation of learning was 3,6 in good category, and (4) the questionnaire showed that students’ response to Realistic Cooperative Setting Approach inclined to be positive with  percentage 88%. From the result of this research, can be concluded that the application of Realistic Cooperative Setting Approach influenced the students mathematics’ communication skill of VIII grade of SMP Muhammadiyah 6 Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussakir. (2010). Realistic Mathematics Education (RME) dan penerapannya di MI (Online). http://repository.uin-malang.ac.id/1730/7/1730.pdf. (Diakses pada tanggal 29 Oktober 2016, pukul 15:00).

Alisah, E. & Eko P.D. (2007). Filsafat dunia matematika: pengantar untuk memahami Konsep-konsep matematika. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Ansari, I.B. (2016). Komunikasi matematik (konsep dan aplikasi). Banda Aceh: Yayasan Pena.

Arends, R.I. (2008). Learning to teach (belajar untuk mengajar). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Asikin, M. (2002). Menumbuhkan kemampuan komunikasi matematika melalui pembelajaran matematika realistik. Jurnal Matematika Edisi Khusus.

Fauzan, A. (2002). Applying realistic mathematics education in teaching geometry in indonesian primary schools. Thesis University of Twente. Enschede: Print Partners Ipskamp Press. (Online). http://doc.utwente.nl/58707/1/thesis_Fauzan.pdf. (Download pada tanggal 25 Oktober 2016 pukul 20:00).

Fitriyani, H. (2015). peningkatan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa calon guru melalui pembelajaran investigasi (online). https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/7856/62.pdf?sequence=1. (Diakses pada tanggal 25 Oktober 2016 pukul 22:18).

Hadi, S. (2017). Pendidikan matematika realistik (teori, pengembangan dan implementasinya). Jakarta: Rajawali Pers.

Mahmudi, A. (2009). Komunikasi dalam pembelajaran matematika. Jurnal MIPMIPA UNHALU, 8(1).

Rusman. (2011). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sagala, S. (2010). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2011). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Supriadi. (2011). Pengaruh pembelajaran dengan pendekatan open-ended problem dan problem solving terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematika siswa SMA Negeri 1 Sinjai Borong Kabupaten Sinjai. Tesis. Makassar: FMIPA Pascasarjana UNM.

Trianto. (2011). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif: konsep, landasan, dan implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Wang, T. (2009). Applying Slavin’s cooperative learning techniques to a collage EFL conversation class (online). http://www.hrajournal.com/Page/13%20Tzu-pu%Wang.pdf. (Diakses pada tanggal 2 November 2016 pukul 17:58).

Yusuf, M. (2013). Metode penelitian (kuantitatif, kualitatif dan penelitian gabungan). Jakarta: Kencana Prenada.

Published
2017-12-18
Section
Articles
Abstract viewed = 919 times