PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SRANDAKAN

  • Siti Oftiana Universitas PGRI Yogyakarta
    (ID)
  • Abdul Aziz Saefudin Universitas PGRI Yogyakarta
    (ID)

Abstract

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII di SMP Neg. 2 Srandakan. Penelitian ini dilakukan di SMP Neg. 2 Srandakan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan metode Quasi Eksperimental Design dan desain penelitian Nonequivalent Posttes-Only Control Group Design. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Dari enam kelas populasi, diambil dua kelas sampel yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dengan diberi perlakuan pendekatan PMRI dan kelas VII E sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran langsung. Analisis data dalam penelitian menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang dibagi dalam dua tahap, yaitu tahap awal yang merupakan tahap pemadanan sampel dan tahap akhir, yang merupakan tahap analisis data untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil uji normalitas nilai posttes kelas eksperimen diperoleh nilai sig. 0,088  0,05 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai sig. 0,062  0,05, sehingga nilai posttes kedua kelas berdistribusi normal. Uji homogenitas nilai posttes diperoleh nilai sig. 0,584  0,05, sehingga variansi kedua kedua kelas homogen. Selanjutnya, karena uji prasyarat terpenuhi maka dilakukan analisis statistika inferensial, yaitu uji t. Hasil perhitungan uji t dengan menggunakan uji Independent-Samples T Tes adalah thitung    ttabel yaitu 3,094 1,67469 dengan sig. 0,003, maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai posttes kelas eksperimen yaitu 77,86 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 69,81.

Abstract:

The aim of the research was to find out the influence of realistic mathematics education the students’ grade 7 toward mathematic problem solving in the class VII SMP Neg. 2 Srandakan. The research was conducted in SMP Neg. 2 Srandakan. The type of the research was experiment with Quasi Eksperimental Design, the research design was Nonequivalent Posttes-Only Control Group Design. The sampling method in the research was simple random sampling. From the six populations class, class VII C was chosen as experimental class which implement realistic mathematics education. Class VII E became control class with direct learning method. Data analysis in this study was divided into two stages, namely the initial stage which is the stage of matching the sample and final stage, which is the stage of data analysis to test the research hypothesis.The normality test result of posttest in experiment class gained sig score 0,088  0,05 and in the control class gained sig score 0,062 > 0,05. Therefore, posttest score in both class in normal distribution. The homogeneity test in posttest gained sig score 0,584  0,05. Therefore the variant both class was homogen. Subsequently, due to prerequisite test fulfilled, T-test was conducted. The result calculation of T-test with Independent-Samples T Tes was sig. 0,003  0,05. Therefore, it could be concluded that realistic mathematics education approach has influence to students’ mathematic problem solving. It could be perceived from the average result of posttestI result in experiment class 77,86 more increasing than control class 69,81.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Siti Oftiana, Universitas PGRI Yogyakarta
Saya jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Yogyakarta angkatan tahun 2013.

References

Abdurrahman, M. (2012). Anak berkesulitan belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2011). Prosedur penelitian (suatu pendekatan penelitian). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk matematika SMP-Mts. Jakarta: BNSP.

Saefudin, A. A. (2012). Pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI). Yogyakarta: Journal UIN SUKA.

Shoimin, A. (2014). 68 Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Dhoruri, A. (2010). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP melalui pembelajaran matematika realistik. Yogyakarta: Journal UNY.

Diyah. (2007). Keefektifan pembelajaran matematika realistik (PMR) pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa Kelas VII SMP. Semarang: Journal UNNES.

Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fitriana, H. (2010). Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jakarta: Journal UIN Jakarta.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2007). Jakarta: Balai Pustaka.

Polya, G. (2004). How to solve it (a new aspect of mathematical method). USA: Princeton University Press.

Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Wena, M. (2011). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Published
2017-12-21
Section
Articles
Abstract viewed = 2018 times