DEVELOPMENT OF STEM-BASED MODULES IN MATHEMATICS LESSONS FOR JUNIOR HIGH SCHOOL

PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS STEM DALAM PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • Andi Ika Prasasti Abrar UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sulfiani UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Fitriani Nur UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Pengembangan Modul, STEM, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kualitas modul berbasis STEM dalam matematika di SMP ditinjau dari tingkat validitas, kepraktisan, dan efektivitasnya. Model Borg and Gall dimodifikasi oleh Sugiyono. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian terdiri dari (1) Potensi dan permasalahan, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi Desain Produk, (6) Pengujian produk, dan (7) Revisi produk. Instrumen penelitian adalah lembar validasi, mengamati kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, angket respon guru dan siswa serta tes prestasi belajar. Validitas diperoleh 3,81 (valid). Kepraktisan dengan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran adalah 3,82 (sangat baik) dan respon guru sangat positif dengan persentase rata-rata 91,6% dari kedua hasil analisis, sehingga modul memenuhi kriteria praktik. Sedangkan kriteria efektivitas diperoleh dari hasil analisis hasil observasi aktivitas siswa yaitu 89% dalam kategori sangat baik, respon siswa terhadap modul memberikan respon sangat positif dengan persentase 85%, dan tes prestasi belajar menunjukkan persentase 88% sehingga kriteria efektivitas terpenuhi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akker, J. Van-Den, Bannan, B., Kelly, A. E., Nieveen, N., & Plomp, T. (2010). An introduction to educational design research.

Aminingsih, A., & Izzati, N. (2020). Pengembangan modul pembelajaran berbasis stem pada materi himpunan kelas VII SMP. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 67–76. https://doi.org/10.36706/jls.v2i1.11493.

Arsyad, N. (2016). Model pembelajaran menumbuhkembangkan kemampuan metakognitif. Makassar: Pustaka Refleksi.

Becker, K., & Park, K. (2011). Effects of integrative approaches among science, technology, engineering, and mathematics (STEM) subjects on students’ learning: A preliminary meta-analysis. Journal of STEM Education, 12(5), 23–37. Retrieved from https://jstem.org/jstem/index.php/JSTEM/article/view/1509.

Haryanto, T. S., Dwiyogo, W. D., & Sulistyorini. (2015). Pengembangan pembelajaran permainan bolavoli menggunakan media interaktif di SMP Negeri 6 Kabupaten Situbondo. Jurnal Pendidikan Jasmani, 25(1), 123–128. https://doi.org/10.17977/pj.v25i1.4908.

Husin, W. N. F. B. W. (2016). Fostering students’ 21st century skills through project oriented problem-based learning (POPBL) in integrated STEM education program. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 17(1).

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Peraturan menteri pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi nomor 5 tahun 2022. Retrieved from https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/224172/permendikbudriset-no-5-tahun-2022#:~:text=PermendikbudrisetNo.5Tahun2022,PendidikanMenengah%5BJDIHBPKRI%5D&text=BN.2022%2FNo.161,go.id%2F%3A16hlm.

Larson, L., & Miller, T. N. (2011). 21st century skills: Prepare students for the future. Kappa Delta Pi Record, 47(3), 121–123. https://doi.org/10.1080/00228958.2011.10516575.

Lavi, R., Tal, M., & Dori, Y. J. (2021). Perceptions of STEM alumni and students on developing 21st century skills through methods of teaching and learning. Studies in Educational Evaluation, 70, 1–11. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2021.101002.

Maulida, U. (2022). Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka. Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392.

Nahdi, D. S. (2019). Keterampilan matematika di abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 133–140. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1386.

Nessa, W., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2017). Pengembangan buku siswa materi jarak pada ruang dimensi tiga berbasis science, technology, engineering, and mathematics (STEM) problem-based learning di kelas X. Jurnal Elemen, 3(1), 1–14.

Nurhidayat, M. F., & Asikin, M. (2021). Bahan ajar berbasis STEM dalam pembelajaran matematika : Potensi dan metode pengembangan. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 298–302. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/44946.

Oktavia, R. (2019). Bahan ajar berbasis science, technology, engineering, mathematics (STEM) untuk mendukung pembelajaran IPA terpadu. Journal of Science Education and Teaching, 2(1), 32–36. Retrieved from http://semesta.ppj.unp.ac.id/index.php/semesta/article/view/40.

Purwaningsih, E., Sari, S. P., Sari, A. M., & Suryadi, A. (2020). The effect of STEM-PJBL and discovery learning on improving students’ problem-solving skills of impulse and momentum topic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(4), 465–476. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i4.26432.

Puspitasari, Y., Sulandra, I. M., & Susiswo. (2021). Upaya guru dalam memunculkan disposisi matematis siswa pada kelas yang memisahkan gender. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(7), 1152–1158. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i7.14937.

Rahmawati, A. (2015). Pengembangan modul kimia dasar berbasis multipel level representasi untuk mneingkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 5(2), 5–17. https://doi.org/10.21580/phen.2015.5.2.76.

Rochmad. (2012). Desain model pengembangan perangkat pembelajaran matematika. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59–72. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i1.2613.

Sari, N., Sumantri, M. S., & Bachtiar, I. G. (2018). The development of science teaching materials based on STEM to increase science literacy ability of elementary school students. International Journal of Advances in Scientific Research and Engineering (IJASRE), 4(7), 161–169. Retrieved from https://ijasre.net/index.php/ijasre/article/view/513.

Sayekti, A. M., & Suparman. (2020). Development of PJBL-based LKPD with STEM approach design to improve critical thinking skills. International Journal Of Scientific & Technology Research, 9(3), 3390–3394. Retrieved from https://www.ijstr.org/final-print/mar2020/Development-Of-Pjbl-based-Lkpd-With-Stem-Approach-Design-To-Improve-Critical-Thinking-Skills.pdf.

Seage, S. J., & Turegun, M. (2020). The effects of blended learning on STEM achievement of elementary school students. International Journal of Research in Education and Science, 6(1), 133–140. https://doi.org/10.46328/ijres.v6i1.728.

Septiani, N. L. W., & Yuliarto, B. (2016). Review—the development of a gas sensor based on carbon nanotubes. Journal of The Electrochemical Society, 163(3), B97–B106. https://doi.org/10.1149/2.0591603jes.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 58–67. https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117.

Silvia, A., & Simatupang, H. (2020). Pengembangan LKPD berbasis science, technology, engineering, and mathematics untuk menumbuhkan keterampilan literasi sains siswa kelas X MIA SMA negeri14 Medan T.P 2019/2020. Best Journal (Biology Education, Sains, and Technology), 3(1), 39–44. https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2434.

Siregar, Y. E. Y., Rachmadtullah, R., Pohan, N., Rasmitadila, & Zulela, M. (2018). The impacts of science, technology, engineering, and mathematics (STEM) on critical thinking in elementary school. Journal of Physics: Conference Series, 1175, 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012156.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Cet. 20). Bandung: Alfabeta.

Suherman. (2015). Kreativitas siswa dalam memecahkan masalah matematika materi pola bilangan dengan pendekatan matematika realistik (PMR). Al-Jabar: Jurnal Pendidikan, 6(1), 81–90. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i1.57.

Tjiptiany, E. N., As’ari, A. R., & Muksar, M. (2016). Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan inkuiri untuk membantu siswa sma kelas X dalam memahami materi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 1(10), 1938–1942. https://doi.org/10.17977/jp.v1i10.6973.

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia tahun 2018 turun dibanding tahun 2015. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/8Q9VY.

Triana, D., Anggraito, Ustinus, & Ridlo, S. (2020). Effectiveness of environmental change learning tools based on STEM-PjBLtowards 4C skills of students. Journal of Innovative Science Education, 9(2), 181–187. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/34048.

Utami, T. N., Jatmiko, A., & Suherman. (2018). Pengembangan modul matematika dengan pendekatan science, technology, engineering, and mathematics (STEM) pada materi segiempat. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 165–172. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2388.

Widya, Rifandi, R., & Rahmi, Y. L. (2019). STEM education to fulfil the 21st century demand: A literature review. Journal of Physics: Conference Series, 1317, 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012208.

Witanta, V. A., Baiduri, B., & Inganah, S. (2019). Pengembangan komik sebagai media pembelajaran matematika pada materi perbandingan kelas VII SMP. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.36706/jls.v1i1.9565.

Published
2023-06-27
Section
Vol. 11 No. 1
Abstract viewed = 42 times