ANALYSIS OF STUDENTS’ ERROR IN SOLVING HIGHER ORDER THINKING SKILLS GEOMETRY MATHEMATICAL PROBLEMS BASED ON HADAR CRITERIA VIEWED FROM PRIOR KNOWLEDGE

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA GEOMETRI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) BERDASARKAN KRITERIA HADAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA

  • Erwinda Gracya Laman Universitas Kristen Indonesia Paulus
    (ID)
  • Fitriani Halik Politeknik Negeri Media Kreatif
    (ID)
Keywords: Kesalahan, Higher Order Thinking Skills, Kriteria Hadar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kesalahan siswa dalam memecahkan masalah matematika Higher Order Thinking Skills serta gambaran perbedaan kesalahan pada bidang geometri berdasarkan kriteria Hadar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan subjek dilakukan dengan memberikan tes kemampuan awal kepada siswa kelas XII MIPA 3 yang kemudian dari hasil tersebut dipilih 6 subjek penelitian berdasarkan kategori yang ada. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan awal yang memuat dari 30 butir soal, tes tertulis Higher Order Thinking Skills yang memuat 2 butir soal uraian dan pedoman wawancara. Kesalahan dianalisis menggunakan kategori kesalahan Hadar yang terdiri dari 6 kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kesalahan yang terjadi adalah kesalahan menggunakan data, kesalahan menggunakan bahasa, kesalahan menggunakan logika untuk menarik kesimpulan, kesalahan menggunakan definisi atau teorema, penyelesaian tidak diperiksa kembali, dan kesalahan teknis. Subjek yang mengerjakan soal HOTS materi geometri cenderung melakukan kesalahan menggunakan logika dalam menarik kesimpulan, kesalahan menggunakan definisi atau teorema, dan kesalahan teknis. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan tentang jenis kesalahan yang dilakukan siswa SMA pada materi geometri khususnya dalam mengerjakan soal level tingkat tinggi sehingga dalam proses pembelajaran kesalahan-kesalahan yang dilakukan dapat diminimalisasi.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, A. H., Abidin, N. L. Z., & Ali, M. (2015). Analysis of students’ errors in solving higher order thinking skills (HOTS) problems for the topic of fractions. Asian Social Science, 11(21), 133–142. https://doi.org/10.5539/ass.v11n21p133.

Anderson, L. W., & Krathwohl, R. (2015). Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan asesmen (revisi taksonomi pendidikan bloom), terj. Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bell, F. H. (1978). Teaching and learning mathematics in secondary school. New York: Wm C. Brown Company Publishers.

Gais, Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal high order thinking ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 255–266.

Genarsih, T., Kusmayadi, T. A., & Mardiyana, M. (2015). Proses berpikir reflektif siswa sma dalam pemecahan masalah pada materi turunan fungsi ditinjau dari efikasi diri (studi kasus pada siswa kelas XI IPA SMA negeri Punung. Jurnal Pembelajaran Matematika, 3(7). Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/view/10744.

Hailikari, T. (2010). Assessing university students’ prior knowledge: Implications for theory and practice.

Hartono, J. (2014). Metode penelitian bisnis. Edisi Ke-6. Yogyakarta. Universitas Gadjah Mada.

Karso, Suyadi, G., Muhsetyo, G., Chadra, D., Widagdo, D., & Priatna, N. (2008). Pendidikan Matematika I. Universitas Terbuka.

Komarudin, K. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam pemecahan masalah matematika pada materi peluang berdasarkan high order thinking dan pemberian scaffolding. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 8(1), 202–217. https://doi.org/10.30739/darussalam.v8i1.96.

Krulik, S., & Rudnick, J. A. (1999). Innovative tasks to improve critical and creative thinking skills. Developing Mathematical Reasoning in Grades K-12, 12.

Lubis, J. N., Panjaitan, A., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). Analysis of mathematical problem-solving skills of students of the grade VIII-2 junior high school Bilah Hulu Labuhan Batu. International Journal of Novel Research in Education and Learning, 4(2), 131–137.

Maryam, S. (2016). Representasi siswa smp dalam menyelesaikan soal open-ended ditinjau dari kemampuan matematika. MATHEdunesa, 5(1).

Miles, M. B., Huberman, M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis (Third Edition). SAGE Publication.

Movshovitz-Hadar, N., Zaslavsky, O., & Inbar, S. (1987). An empirical classification model for errors in high school mathematics. Journal for Research in Mathematics Education, 18(1), 3–14. https://doi.org/10.5951/jresematheduc.18.1.0003.

Mullis, I. V. A., Martin, M. O., & Ruddock, G. J. (2011). O‟ Sullivan, CY, & Preuschoff, C.(2009). TIMSS 2011 Assessment Frameworks.

Mulyono, D. (2017). The influence of learning model and learning independence on mathematics learning outcomes by controlling students’ early ability. International Electronic Journal of Mathematics Education, 12(3), 689–708.

Payung, L. M., Ramadhan, A., & Budiarsa, I. M. (2016). Pengaruh pengetahuan awal, kecerdasan emosional, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP negeri 3 Parigi. Mitra Sains, 4(3), 59–67. https://doi.org/10.22487/mitrasains.v4i3.245.

Polya, G. (2004). How to solve it: A new aspect of mathematical method (Issue 246). Princeton university press.

Putri, Y. A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Mataram dalam Menyelesaikan Soal-Soal Materi Pokok Lingkaran Tahun Pelajaran 2017/2018. Universitas Mataram.

Rosnawati, R. (2005). Pembelajaran matematika yang mengembangkan berpikir tingkat tinggi. Mathematics Learning That Develops High-Level Thinking]. Paper Presented at Seminar Nasional.

Singh, R. K. A., Singh, C. K. S., M. T. M., T., Mostafa, N. A., & Singh, T. S. M. (2017). A review of research on the use of higher order thinking skills to teach writing. International Journal of English Linguistics, 8(1), 86. https://doi.org/10.5539/ijel.v8n1p86.

Soekamto, T., & Winataputra, U. S. (1997). Teori belajar dan model-model pembelajaran. PAU Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Syahri, H. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbasis HOTS materi pola bilangan berdasarkan kriteria hadar. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 3(2), 76–94.

Wahyuningsih, D. W. I. (2020). Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal higher order thinking skills UN berdasarkan kriteria hadar ditinjau dari kecerdasan majemuk. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Published
2023-06-29
Section
Vol. 11 No. 1
Abstract viewed = 141 times