Hubungan Antara Citra Diri dan Persepsi Diri dengan Kemampuan Akademik Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar Angkatan 2012
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui citra diri mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar Angkatan 2012, 2) Untuk mengetahui persepsi diri mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar Angkatan 2012, 3) Untuk mengetahui kemampuan akademik mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar Angkatan 2012, 4) Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara citra diri dan persepsi diri dengan kemampuan akademik mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar Angkatan 2012. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 34 mahasiswa yang diambil melalui teknik proportional random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket yang terdiri dari angket citra diri, angket persepsi diri serta dokumentasi hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah fisika dasar. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial yaitu analisis korelasi product moment dan korelasi ganda dengan uji-f. Dan terdapat hubungan yang signifikan antara citra diri dan persepsi diri dengan kemampuan akademik mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar Angkatan 2012 yaitu Fhitung > Ftabel (1095,53 > 3,32).Downloads
References
Ali, Mohammad. 2004. Psikologi Remaja. Perkembangan Peserta Didik; Jakarta: Bumi Aksara.
Ali, Sidin. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Alma, Buchari. 2009. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Anatahime. “Kemampuan Akademik,” Blog Anathime .http://biologyeducation research.blogspot.com/2009/12/kemampuan-akademik. html (28 Agustus 2013).
Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Asrori, Mohammad. 2009. Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Aswajais, Rastaman. “Membangun Budaya Akademik,” Blog Rastaman Aswajais. http://rastaman-aswajais. blogspot.com/%202012/02/membangun-budaya-akademik.html (28 Agustus 2013).
Chaplin, James P. 2011. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajawali Pers.
Enjang. 2009. Komunikasi Konseling. Bandung: Nuansa.
Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPS FIS-UNY (HIMA DOPSIS). “Meningkatkan Kemampuan Akademik Dengan Menulis.” Blog HIMA DOPSIS. http://pendidikan-ips.blogspot.com/2012/06/meningkatkan-kemampuan-akademik-dengan.html (28 Agustus 2013).
Luk Lukaningsih, Zuyina. 2010. Pengembangan Kepribadian Untuk Mahasiswa Kesehatan dan Umum. Yogyakarta: Medikal Book.
Mappiare A.T, Andi. 2010. Pengantar Konseling dan Psikoterapi, Edisi Kedua. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Margono, S. 2010 Metodelogi Penelitian Pendidikan. Cet.VI. Jakarta: Rineka Cipta.
“Menambah Kemampuan Akademik Yang Mendukung Kegiatan Di Bangku Kuliah” Situs IMA-Gunadarma Institut Teknologi Bandung. http://ima-g.ar.itb.ac.id/ima-g/?p =173 (28 Agustus 2013).
Nazir, Moh. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Rahman Shaleh, Abdul. 2009. Psikologi: Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Cet. IV. Jakarta: Kencana.
Rakhmat, Jalaluddin. 2011. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Saleh, Abd Rahman. 2009. Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana.
Sarwono, Sarlito W. 2009. Pengatar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers.
Shanty. “Contoh Jurnal Psikologi Tentang Kemampuan Akademik,” Blog Shanty. http://shantycr7.blogspot. com/2013/07/contoh-jurnal-psikologi-tentang.% 20html (28 Agustus 2013).
“Self Image.” Wikipedia the Free Encyclopedi. http://en.wikipedia. org/wiki/Self-image (3 Januari 2013).
Setiono, Kusdwiratri. 2009. Psikologi Perkembangan. Padjadjaran: Widya.
Sevilla, Consuelo G, dkk. 1993. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: UI-Press.
Siregar, Sofyan. 2011. Statistik Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sudjana. 1989. Metoda Statistika (Edisi kelima). Bandung: Tarsito.
Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Kompetensi dan Praktiknya; Yogyakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D; Bandung: Alfabeta
Suryabrata, Sumadi. 1992. Metodologi Penelitian. Edisi I Cet. 7; Jakarta: PT Rajawali.
Suryabrata, Sumardi. 2011. Psikologi Kepribadian. Jakarta: PT Rajagarfindo Persada.
Suwarno, Wiji. 2009. Psikologi Perpustakaan. Jakarta: Sagung Seto.
Taufik. 2012. Empati Pendekatan Psikologi Sosial. Jakarta: Rajawali Pers.
Tiro Muhammad Arif. 2000. Dasar- Dasar Statistika. Edisi Revisi; Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Walgito, Bimo. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.
Walgito, Bimo. 2011. Teori-teori Psikologi Sosial. Yogyakarta: Andi Offset.
Wilcox, Lynn. 2001. Personality Psikoterapi. Perbandingan dan Praktik Bimbingan dan Konseling Psikoterapi Kepribadian; Yogyakarta: ircisod.
Yusdi, Milman. “Pengertian Kemampuan,” Blog Milman Yusdi. http://milmanyusdi.blogspot.com/2011/07/pengertiankemampua.html (3 Januari 2013).
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.