EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA

  • Nur Akly
    (ID)
  • Andi Halimah
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas VII di MTs Muhammadiyah Syuhada Makassar.Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimen dan menggunakan desain Post-test Only Control Design, dengan jumlah populasi yaitu seluruh kelas VIII MTs Muhammadiyah Syuhada Makassar.Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Tekhnikadalisis datamenggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif untuk mengetahui gambaran kemampuan hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan dengan tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI), sedangkananalisisinferensialyaitu T tabel Ë‚Thitungsehingga terdapat terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan eksplorasi antara peserta didik yang menerapkan model pembelajaran sinektiks dengan peserta didik yang tidak menerapkan model pembelajaran sinektiks

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daswa. PenerapanModel Pembelajaran Sinektiks untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Siswa Madrasah Tsanawiyah. Tesis. Bandung : Pendidikan Matematika (UPI), 2013.

Fedi, Sebastian. PengertianEksplorasi, Elaborasi danKonfirmasidalam Pembelajaran di Kelas. http://tyanfedi.blogspot.com/2013/09/peng ertian- eksplorasi-elaborasi-dan.html.

Mappasoro. Strategi Pembelajaran. Makassar : Universitas Negeri Makassar.2011.

Monty P. Satiadarma dan Fidelis E Waruwu. Mendidik Kecerdasan Pedoman Bagi Orang Tua dan Guru dalam Mendidik

Riduwan. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung : Alfabeta. 2008.

Riduwan. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru- Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabeta. 2013.

Munandar, Utami.Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah,Petunjuk Bagi Para Guru dan Orang Tua.Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia. 1992.

Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. 2012.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2013.

Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : Bumi Aksara. 2013.

Sukino. Menulis Itu Mudah.Yogyakarta : PT. LKiS Printing Cemerlang. 2012.

Suryabrata, Sumadi. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada. 2008.

Published
2017-03-01
How to Cite
Akly, N., & Halimah, A. (2017). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 3(1), 52-57. https://doi.org/10.24252/jpf.v3i1.4105
Section
Volume 3 Nomor 1, 2015
Abstract viewed = 753 times

Most read articles by the same author(s)

> >>