ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA DALAM KARANGAN PESERTA DIDIK KELAS V MIN 2 TAKALAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai kesalahan-kesalahan
dalam menggunakan tanda baca pada tulisan karangan peserta didik kelas V MIN 2
Takalar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang sifatnya
deskriptif. Sumber data penelitian yaitu guru kelas V dan tulisan karangan peserta didik
yang berjumlah 13 karangan. Metode yang digunakan adalah metode wawancara dan
dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu:
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa ada beberapa kesalahan penggunaan tanda baca yang muncul dalam tulisan
karangan peserta didik yaitu tanda koma, tanda titik, tanda hubung, dan tanda titik koma.
Kesalahan penggunaan tanda koma disebabkan karena peserta didik tidak menggunakan
tanda koma di antara unsur-unsur dalam suatu pemerincian; tidak menggunakan tanda
koma setelah ungkapan penghubung antarkalimat yang terdapat pada awal kalimat; tidak
menggunakan tanda koma untuk mengapit keterangan tambahan; tidak menggunakan
tanda koma untuk menghindari salah baca di belakang keterangan yang terdapat pada
awal kalimat. Kesalahan penggunaan tanda titik terjadi karena peserta didik tidak
memberi tanda titik pada akhir kalimat yang bukan pertanyaan atau seruan. Kesalahan
penggunaan tanda hubung disebabkan karena peserta didik tidak menggunakan tanda
hubung untuk menandai bagian kata yang terpenggal oleh pergantian baris dan untuk
menyambung unsur kata ulang. Kesalahan penggunaan tanda titik koma karena peserta
didik tidak menggunakannya sebagai pengganti kata penghubung untuk memisahkan
kalimat setara yang satu dari kalimat setara yang lainnya dalam kalimat majemuk.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Pengembangan Kepribadian. Makassar:
CV. Awal.
Barnawi & Arifin. (2016). Teknik Penulisan
Karya Ilmiah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Gie, T.L. (2002). Terampil Mengarang.
Yogyakarta: Andi.
Halimah, A. (2013). Konsep Dasar Bahasa
Indonesia untuk Perguruan Tinggi.
Makassar: Alauddin University Press.
Kementerian Agama RI. (2015). Al-Quran dan
Terjemahnya. Jakarta: Dharma Art.
Kuspitasari, E.S. (2013). Analisis Kesalahan
Penggunaan Tanda Baca Pada Karangan
Narasi Siswa Kelas Vii Smp Diponegoro
8 Rawalo. Skripsi. Universitas
Muhammadiyah Purwokerto.
Kusumawati, A.T., Kurniaman, O., &
Syahrilfuddin, S. (2016). Analisis
Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda
Baca pada Karangan Narasi Siswa Kelas
V SD Negeri 187 Pekanbaru. Disertasi.
Universitas Riau.
Martaulina, S.D. (2018). Bahasa Indonesia
Terapan. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Nasution, H. (2013). Analisis Kesalahan
Penggunaan Tanda Baca Karangan
Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri
4 Tanjungpinang. Skripsi. Universitas
Maritim Raja Ali Haji.
Nugraheni, A.S. (2017). Bahasa Indonesia di
Perguruan Tinggi Berbasis Pembelajaran
Aktif. Jakarta: Kencana.
Puspitasari, Y. (2014). Analisis Kesalahan
Huruf Kapital dan Tanda Baca Pada
Paragraf Deskriptif Siswa Kelas V SD
Negeri Sampay Rumpin-Bogor. Skripsi.
UIN Syarif Hidayatullah.
Prahastantika, S.A. (2019). Analisis Kesalahan
Ejaan dalam Penulisan Kembali Teks
Nonfiksi Menggunakan Bahasa Sendiri
pada Siswa Kelas IVB SDN Sukamakmur
01 Jember. Skripsi. Universitas Jember.
Sudrajat, R.T., Mahardika, R.Y., & Latifah, L.
(2018). Analisis Kesalahan Berbahasa
Dalam Pembelajaran Mata Kuliah
Sintaksis Berbasis Lesson Study pada
Mahasiswa Program Studi Bahasa dan
Sastra Indonesia Stkip Siliwangi
Bandung. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(1), 55-64.
Retrieved from
https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id
/index.php/parole/article/view/32
Sugina, S. (2018). Analisis Kesalahan
Berbahasa Karangan Narasi Siswa Kelas
V Sekolah Dasar Negeri 01
Karangpandan Kabupaten Karanganyar
Tahun Pelajaran 2015/2016. Stilistika:
Kajian Bahasa, Sastra, dan
Pembelajarannya, 4(1). Retrieved from
http://journal.univetbantara.ac.id/index
.php/stilistika/article/download/98/88
Tanenji, T., & Sholikhah, H. A. (2017).
Kesalahan Penulisan Pada Siswa Tingkat
Dasar: Analisis Isi pada Karangan Siswa
MI Nurul Falah OKI Sumsel. JIP (Jurnal
Ilmiah PGMI), 3(2), 193-205. Retrieved
from
http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php
/jip/article/view/1652
Tafsir Quran Surah Al-‘Alaq.
https://tafsirweb.com/12870-surat-alalaq-
ayat-4.html. Diakses 13 Desember
2019.
TIM R.B. (2018). Pedoman Umum Ejaan Bahasa
Indonesia dan Pembentukan Istilah. Jakarta:
Bhuana Ilmu Populer.
Yera. (2014). Analisis Penggunaan Tanda Baca
dalam Karangan Narasi Siswa Kelas VII
Sekolah Menengah Pertama Negeri 3
Satu Atap Piabung Kabupaten
Kepulauan Anambas Tahun Ajaran
2012/2013. Retrieved from
http://jurnal.umrah.ac.id/archives/176
6