ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA DALAM KARANGAN PESERTA DIDIK KELAS V MIN 2 TAKALAR

  • Silviana Anugrah Abdullah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Andi Halimah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Besse Marjani Alwi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai kesalahan-kesalahan
dalam menggunakan tanda baca pada tulisan karangan peserta didik kelas V MIN 2
Takalar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang sifatnya
deskriptif. Sumber data penelitian yaitu guru kelas V dan tulisan karangan peserta didik
yang berjumlah 13 karangan. Metode yang digunakan adalah metode wawancara dan
dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu:
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa ada beberapa kesalahan penggunaan tanda baca yang muncul dalam tulisan
karangan peserta didik yaitu tanda koma, tanda titik, tanda hubung, dan tanda titik koma.
Kesalahan penggunaan tanda koma disebabkan karena peserta didik tidak menggunakan
tanda koma di antara unsur-unsur dalam suatu pemerincian; tidak menggunakan tanda
koma setelah ungkapan penghubung antarkalimat yang terdapat pada awal kalimat; tidak
menggunakan tanda koma untuk mengapit keterangan tambahan; tidak menggunakan
tanda koma untuk menghindari salah baca di belakang keterangan yang terdapat pada
awal kalimat. Kesalahan penggunaan tanda titik terjadi karena peserta didik tidak
memberi tanda titik pada akhir kalimat yang bukan pertanyaan atau seruan. Kesalahan
penggunaan tanda hubung disebabkan karena peserta didik tidak menggunakan tanda
hubung untuk menandai bagian kata yang terpenggal oleh pergantian baris dan untuk
menyambung unsur kata ulang. Kesalahan penggunaan tanda titik koma karena peserta
didik tidak menggunakannya sebagai pengganti kata penghubung untuk memisahkan
kalimat setara yang satu dari kalimat setara yang lainnya dalam kalimat majemuk.

References

Asdam, M. (2012). Bahasa Indonesia Pengantar

Pengembangan Kepribadian. Makassar:

CV. Awal.

Barnawi & Arifin. (2016). Teknik Penulisan

Karya Ilmiah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Gie, T.L. (2002). Terampil Mengarang.

Yogyakarta: Andi.

Halimah, A. (2013). Konsep Dasar Bahasa

Indonesia untuk Perguruan Tinggi.

Makassar: Alauddin University Press.

Kementerian Agama RI. (2015). Al-Quran dan

Terjemahnya. Jakarta: Dharma Art.

Kuspitasari, E.S. (2013). Analisis Kesalahan

Penggunaan Tanda Baca Pada Karangan

Narasi Siswa Kelas Vii Smp Diponegoro

Rawalo. Skripsi. Universitas

Muhammadiyah Purwokerto.

Kusumawati, A.T., Kurniaman, O., &

Syahrilfuddin, S. (2016). Analisis

Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda

Baca pada Karangan Narasi Siswa Kelas

V SD Negeri 187 Pekanbaru. Disertasi.

Universitas Riau.

Martaulina, S.D. (2018). Bahasa Indonesia

Terapan. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Nasution, H. (2013). Analisis Kesalahan

Penggunaan Tanda Baca Karangan

Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri

Tanjungpinang. Skripsi. Universitas

Maritim Raja Ali Haji.

Nugraheni, A.S. (2017). Bahasa Indonesia di

Perguruan Tinggi Berbasis Pembelajaran

Aktif. Jakarta: Kencana.

Puspitasari, Y. (2014). Analisis Kesalahan

Huruf Kapital dan Tanda Baca Pada

Paragraf Deskriptif Siswa Kelas V SD

Negeri Sampay Rumpin-Bogor. Skripsi.

UIN Syarif Hidayatullah.

Prahastantika, S.A. (2019). Analisis Kesalahan

Ejaan dalam Penulisan Kembali Teks

Nonfiksi Menggunakan Bahasa Sendiri

pada Siswa Kelas IVB SDN Sukamakmur

Jember. Skripsi. Universitas Jember.

Sudrajat, R.T., Mahardika, R.Y., & Latifah, L.

(2018). Analisis Kesalahan Berbahasa

Dalam Pembelajaran Mata Kuliah

Sintaksis Berbasis Lesson Study pada

Mahasiswa Program Studi Bahasa dan

Sastra Indonesia Stkip Siliwangi

Bandung. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(1), 55-64.

Retrieved from

https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id

/index.php/parole/article/view/32

Sugina, S. (2018). Analisis Kesalahan

Berbahasa Karangan Narasi Siswa Kelas

V Sekolah Dasar Negeri 01

Karangpandan Kabupaten Karanganyar

Tahun Pelajaran 2015/2016. Stilistika:

Kajian Bahasa, Sastra, dan

Pembelajarannya, 4(1). Retrieved from

http://journal.univetbantara.ac.id/index

.php/stilistika/article/download/98/88

Tanenji, T., & Sholikhah, H. A. (2017).

Kesalahan Penulisan Pada Siswa Tingkat

Dasar: Analisis Isi pada Karangan Siswa

MI Nurul Falah OKI Sumsel. JIP (Jurnal

Ilmiah PGMI), 3(2), 193-205. Retrieved

from

http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php

/jip/article/view/1652

Tafsir Quran Surah Al-‘Alaq.

https://tafsirweb.com/12870-surat-alalaq-

ayat-4.html. Diakses 13 Desember

TIM R.B. (2018). Pedoman Umum Ejaan Bahasa

Indonesia dan Pembentukan Istilah. Jakarta:

Bhuana Ilmu Populer.

Yera. (2014). Analisis Penggunaan Tanda Baca

dalam Karangan Narasi Siswa Kelas VII

Sekolah Menengah Pertama Negeri 3

Satu Atap Piabung Kabupaten

Kepulauan Anambas Tahun Ajaran

/2013. Retrieved from

http://jurnal.umrah.ac.id/archives/176

Published
2021-08-15
Section
Artikel
Abstract viewed = 472 times