PENGEMBANGAN PENILAIAN PRODUK UNTUK MENGUKUR KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS V DI MI AL-ABRAR BONTODURI KECAMATAN TAMALATE MAKASSAR

  • Lista Novera Program Studi Pendidikan Madrasah Ibti Daiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Shabir Umar Program Studi Pendidikan Madrasah Ibti Daiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Syamsudduha Syamsudduha Program Studi Pendidikan Madrasah Ibti Daiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Risnah Mosibah Program Studi Pendidikan Madrasah Ibti Daiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah
produk berupa perangkat pembelajaran yaitu instrumen penilaian yang digunakan untuk
menilai tugas kreativitas peserta didik yang berkualitas valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini
menguraikan proses pengembangan instrumen penilaian dan rubrik yang digunakan untuk
mengukur kreativitas peserta didik di kelas V. Langkah-langkah pengembangan produk ini
menggunakan model 4D yang dimodifikasi menjadi 3D. dengan tahapan sebagai berikut: (1)
Pendefinisian (Define), (2) Perancangan (Design),(3) Pengembangan (Develop), dan Penyebaran
(Dissiminate). Lokasi dan subjek penelitian ini di MI Al-Abrar kelas V dipilih menjadi kelas uji
coba. Untuk memperoleh kevalidan produk, maka dilakukan proses validasi oleh validator, hal
yang sama juga dilakukan terhadap angket respon guru. Untuk mengetahui tingkat kepraktisan
produk yang dikembangkan disebarkan angket kepada guru kelas V, dan untuk mengetahui
tingkat keefektifan produk yang dikembangkan dilakukan uji coba produk dengan mengacu
pada persentase ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditemukan bahwa
instrumen yang dikembangkan berupa instrumen penilaian produk untuk mengukur kreativitas
peserta didik telah memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata 3.4, kriteria
kepraktisan sangat baik dengan rata-rata nilai 3, dan kriteria keefektifan tinggi dengan
persentase 88.88%. Dengan demikian produk berupa instrumen penilaian dan rubrik yang
terdiri atas instrumen penilaian produk yang dilengkapi materi dan langkah-langkah
mengerjakan pedapat digunakan untuk mengukur kreativitas peserta didik. Produk yang
dikembangkan ini telah berkualitas valid, praktis, dan efektif sehingga pendidik bisa
menggunakannya dalam proses pembelajaran yang melakukan penilaian terhadap tugas produk
peserta didik terlebih ketika pendidik melakukan penilaian produk untuk mengukur kreativitas
peserta didik.

References

Ali AZ, 2013 dengan judul

“Pengembangan Instrumen

Penilaian Produk Bangun

Ruang Sisi Datar Tingkat

SMP/MTs di Kecamatan

Astanajapura Kabupaten

Cirebon”, Skripsi,

(Kementerian Agama Republik

Indonesia Institut Agama Islam

Negeri Syekh Nuriati Cirebon

h.2

https://www.google.com/url?sa

=t&source=web&rct+j&url=htt

p://digilib.uinsuka.

ac.id/22267/2/SKRIPSI

(Diakses 31 Desember)

Elis R, 2015. dan Rusdiana A, Evaluasi

Pembelajaran, Bandung: CV

Pustaka Setia,

Fitria WP, 2013. “Pengembangan

Instrumen Penilaian Produk

Pada Pembelajaran IPA Untuk

Siswa SMP”, Jurnal

Pendidikan Fisika, Vol.I

No.2(September2013),h.23ht

tps://www.google.com/url?

sa=t&source=web&rct+j&ur

l=http://digilib.uinsuka.

ac.id/14450/2/076900

(Diakses 31 Desember)

Hasbullah, 2006.Dasar-dasar Ilmu

Pendidikan, Jakarta: PT Raja

Gafindo persada,

Kenedi (2007) “Pengembangan

Kreativitas Siswa Dalam Proses

Pembelajaran di Kelas II SMP

Negeri 3 Rokan IV Koto,” Suara

Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan

Sosial, Sains, dan Humaniora,

vol. 3 no. 2 (Juni 2007) h. 330.

http://www.google.com/url?sa

=t&source=web&rct=j&url=htt

p://ejournal.uinsuska.ac.id/in

dex.php/suaraguru/article/do

wnload (Diakses 30 Desember

.

Nova L, (2013) Pengembangan

Instrumen Penilaian Produk

Untuk Mengukur Hasil Belajar

Fisika Siswa SMA” Jurnal

Pendidikan Fisika, Vol 1, no.

Ridwan AS, (2016). Penilaian Autentik

Cet. I; Jakarta: Bumi Aksara.

Sitti M (2012), Pengantar Evaluasi

Pengajaran, Samata: Alauddin

University Press

Sugiyono (2016), Metode Penelitian

Pendidikan Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif, dan R &

D, Cet ke-24, Alfabeta,

Bandung.

Tite J, 2009. “Development Creativity

Student Through Implementation

of Inquiry Model in Physical

Education” Jica, Indonesia

University of Education, July,

Utami M, 2004. Pengembangan

Kreativitas Anak Berbakat, Cet. I;

Jakarta: Rineka Cipta,

Vella AP, “Implementasi Model

Dalam Pembelajaran

Matematika Berbasis Lesson

Study di SMP Muhammadiyah

Kartasura” Skripsi,

https://www.google.com/ur

l?sa=t&source=web&rct+j&

url=http://eprints.ums.ac.id

/23834/15/08NASKAH (2

Februari)

Vera EL, “Implementasi Penilaian

Produk Pada PembelajaranMatematika Berbasis

Cooperative Learning Tipe Stad

Kelas VIII SMP

Muhammadiyah 1 Sukoharjo

Tahun 2016/2017”Skripsi,

https://www.google.com/ur

l?sa=t&source=web&rct+j&

url=http://eprints.ums.ac.id

/53913/11/NASPUB%2520

REVISI (3 Januari).

Dinn W (2008), M.A, Materi pokok

pengantar pendidikan , Cet.X ;

Jakarta : Univeresitas Terbuka,

Siti Z, (2017). “Keterampilan Abad Ke-21

yang Diajarkan Melalui

Pembelajaran”, (Diakeses 6

Januari 2019).

Published
2020-02-18
Section
Artikel
Abstract viewed = 300 times