PENGEMBANGAN PENILAIAN PRODUK UNTUK MENGUKUR KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS V DI MI AL-ABRAR BONTODURI KECAMATAN TAMALATE MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah
produk berupa perangkat pembelajaran yaitu instrumen penilaian yang digunakan untuk
menilai tugas kreativitas peserta didik yang berkualitas valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini
menguraikan proses pengembangan instrumen penilaian dan rubrik yang digunakan untuk
mengukur kreativitas peserta didik di kelas V. Langkah-langkah pengembangan produk ini
menggunakan model 4D yang dimodifikasi menjadi 3D. dengan tahapan sebagai berikut: (1)
Pendefinisian (Define), (2) Perancangan (Design),(3) Pengembangan (Develop), dan Penyebaran
(Dissiminate). Lokasi dan subjek penelitian ini di MI Al-Abrar kelas V dipilih menjadi kelas uji
coba. Untuk memperoleh kevalidan produk, maka dilakukan proses validasi oleh validator, hal
yang sama juga dilakukan terhadap angket respon guru. Untuk mengetahui tingkat kepraktisan
produk yang dikembangkan disebarkan angket kepada guru kelas V, dan untuk mengetahui
tingkat keefektifan produk yang dikembangkan dilakukan uji coba produk dengan mengacu
pada persentase ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditemukan bahwa
instrumen yang dikembangkan berupa instrumen penilaian produk untuk mengukur kreativitas
peserta didik telah memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata 3.4, kriteria
kepraktisan sangat baik dengan rata-rata nilai 3, dan kriteria keefektifan tinggi dengan
persentase 88.88%. Dengan demikian produk berupa instrumen penilaian dan rubrik yang
terdiri atas instrumen penilaian produk yang dilengkapi materi dan langkah-langkah
mengerjakan pedapat digunakan untuk mengukur kreativitas peserta didik. Produk yang
dikembangkan ini telah berkualitas valid, praktis, dan efektif sehingga pendidik bisa
menggunakannya dalam proses pembelajaran yang melakukan penilaian terhadap tugas produk
peserta didik terlebih ketika pendidik melakukan penilaian produk untuk mengukur kreativitas
peserta didik.
References
Ali AZ, 2013 dengan judul
“Pengembangan Instrumen
Penilaian Produk Bangun
Ruang Sisi Datar Tingkat
SMP/MTs di Kecamatan
Astanajapura Kabupaten
Cirebon”, Skripsi,
(Kementerian Agama Republik
Indonesia Institut Agama Islam
Negeri Syekh Nuriati Cirebon
h.2
=t&source=web&rct+j&url=htt
p://digilib.uinsuka.
ac.id/22267/2/SKRIPSI
(Diakses 31 Desember)
Elis R, 2015. dan Rusdiana A, Evaluasi
Pembelajaran, Bandung: CV
Pustaka Setia,
Fitria WP, 2013. “Pengembangan
Instrumen Penilaian Produk
Pada Pembelajaran IPA Untuk
Siswa SMP”, Jurnal
Pendidikan Fisika, Vol.I
No.2(September2013),h.23ht
tps://www.google.com/url?
sa=t&source=web&rct+j&ur
ac.id/14450/2/076900
(Diakses 31 Desember)
Hasbullah, 2006.Dasar-dasar Ilmu
Pendidikan, Jakarta: PT Raja
Gafindo persada,
Kenedi (2007) “Pengembangan
Kreativitas Siswa Dalam Proses
Pembelajaran di Kelas II SMP
Negeri 3 Rokan IV Koto,” Suara
Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan
Sosial, Sains, dan Humaniora,
vol. 3 no. 2 (Juni 2007) h. 330.
=t&source=web&rct=j&url=htt
p://ejournal.uinsuska.ac.id/in
dex.php/suaraguru/article/do
wnload (Diakses 30 Desember
.
Nova L, (2013) Pengembangan
Instrumen Penilaian Produk
Untuk Mengukur Hasil Belajar
Fisika Siswa SMA” Jurnal
Pendidikan Fisika, Vol 1, no.
Ridwan AS, (2016). Penilaian Autentik
Cet. I; Jakarta: Bumi Aksara.
Sitti M (2012), Pengantar Evaluasi
Pengajaran, Samata: Alauddin
University Press
Sugiyono (2016), Metode Penelitian
Pendidikan Pendekatan
Kuantitatif, Kualitatif, dan R &
D, Cet ke-24, Alfabeta,
Bandung.
Tite J, 2009. “Development Creativity
Student Through Implementation
of Inquiry Model in Physical
Education” Jica, Indonesia
University of Education, July,
Utami M, 2004. Pengembangan
Kreativitas Anak Berbakat, Cet. I;
Jakarta: Rineka Cipta,
Vella AP, “Implementasi Model
Dalam Pembelajaran
Matematika Berbasis Lesson
Study di SMP Muhammadiyah
Kartasura” Skripsi,
l?sa=t&source=web&rct+j&
/23834/15/08NASKAH (2
Februari)
Vera EL, “Implementasi Penilaian
Produk Pada PembelajaranMatematika Berbasis
Cooperative Learning Tipe Stad
Kelas VIII SMP
Muhammadiyah 1 Sukoharjo
Tahun 2016/2017”Skripsi,
l?sa=t&source=web&rct+j&
/53913/11/NASPUB%2520
REVISI (3 Januari).
Dinn W (2008), M.A, Materi pokok
pengantar pendidikan , Cet.X ;
Jakarta : Univeresitas Terbuka,
Siti Z, (2017). “Keterampilan Abad Ke-21
yang Diajarkan Melalui
Pembelajaran”, (Diakeses 6
Januari 2019).
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.