KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTASI DALAM PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT (STAD) PESERTA DIDIK KELAS V

Main Article Content

Asmawati Asmawati
Sapring Sapring
Immawati Nur Aisyah Rivai

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) keterampilan menulis karangan argumentasi
peserta didik sebelum penerapan model kooperatif tipe Stad di kelas V SD Inpres
Balangpunia Kabupaten Gowa. 2) Keterampilan menulis karangan argumentasi peserta
didik setelah penerapan model Kooperatif Tipe Stad di kelas V SD Inpres Balangpunia
Kabupaten Gowa. 3) keterampilan menulis karangan argumentasi sebelum dan setelah
Penerapan metode Kooperatif Tipe Stad di kelas V SD Inpres Balanpunia Kabupaten
Gowa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis pre-eksperimental desain dan
desain penelitian one group pretest-posttest. Hasil penelitian dari pretes dan postest diuji
dengan satatistik inferensial, nilai signifikan < š¯›¼ (0,000 < 0,05). Dengan dengan taraf
kepercayaan 95% dapat dikatakan bahwa rata-rata nilai keterampilan menulis karangan
argumentasi peserta didik tanpa penerapan Model STAD tidak sama dengan nilai rata-rata
keterampilan menulis karangan argumentasi peserta didik dengan penerapan Model
kooperatif tipe STAD. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan penerapan Model
kooperatif tipe Stad terhadap keterampilan menulis karangan argumentasi peserta didik
setelah penerapan Model kooperatif tipe STAD.

Article Details

How to Cite
Asmawati, A., Sapring, S., & Rivai, I. N. A. (2020). KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTASI DALAM PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT (STAD) PESERTA DIDIK KELAS V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 1(2). https://doi.org/10.24252/jipmi.v1i2.12401
Section
Artikel

References

Abdurrahman, M. 2015. Pengaruh Modl PembelajaranKooperatif tipe Stad Terhad hail Belajar IPAPeserta Didik Kelas V Di MIS Nurul Hadina PatumbakSkripsi Jakarta : MIS Nurul Hadina
Anggiani, R. 2019. Keterampilan Menulis.
Jakarta : PT. Rajawali Pers.
Badan Standar Nasional Pendidikan .2006.
Jakarta Diakses pada tanggal 9
Oktober 2013.
Kristanto, I. 2017. Model Pembelajaran
Kooperatif tipe Student Team Achievement
Divisioans Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Siwa Mata Pelajaran Teknologi
otomotif, SMK Maā€™arif Salam. Skripsi
Bandung : SMK Maā€™arif Salam
Mohammad, SY 2002. Keterampilan Dasar
Menulis Pembelajaran. Jakarta:
Universitas Terbuka.
Munirah. 2015. Pengembangan Menulis Paragraf.
Yogyakarta CV Budi Utama.
Nugroho, OWD. 2010. Pengaruh Penerapan
Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap
Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran
Ips Pada Siwa Kelas VSD Duren. Jakarta
CV Budi Utama.
Robbert, S. 2005. Coperative Learning Bandung:
Nusa Media.
Syahruddin. (2009) Mari Berbahasa Indonesia
Yang Baik dan Benar. Makassar:
Permata Ilmu Makassar.
Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian
Administrasi. Bandung : Alfabeta.
Sanjaya, W. (2006). Startegi Pemebelajaran
Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Jakarta :Prenada Media.
Wena, M. (2012). Strategi Pembelajaran Inovatif
Temporer. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Winarti, TM. 2014. Pengaruh model Kooperatif
Tipe Stad Terhadap Minat dan Hasil
Belajar Siwa Pada Materi Ikatan Kimia.
Skripsi. Jakarta : SMK Negeri
Pontianak.