KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTASI DALAM PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT (STAD) PESERTA DIDIK KELAS V

  • Asmawati Asmawati Program Studi Pendidikan Madrasah Ibti Daiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Sapring Sapring Program Studi Pendidikan Madrasah Ibti Daiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Immawati Nur Aisyah Rivai Program Studi Pendidikan Madrasah Ibti Daiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) keterampilan menulis karangan argumentasi
peserta didik sebelum penerapan model kooperatif tipe Stad di kelas V SD Inpres
Balangpunia Kabupaten Gowa. 2) Keterampilan menulis karangan argumentasi peserta
didik setelah penerapan model Kooperatif Tipe Stad di kelas V SD Inpres Balangpunia
Kabupaten Gowa. 3) keterampilan menulis karangan argumentasi sebelum dan setelah
Penerapan metode Kooperatif Tipe Stad di kelas V SD Inpres Balanpunia Kabupaten
Gowa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis pre-eksperimental desain dan
desain penelitian one group pretest-posttest. Hasil penelitian dari pretes dan postest diuji
dengan satatistik inferensial, nilai signifikan < š¯›¼ (0,000 < 0,05). Dengan dengan taraf
kepercayaan 95% dapat dikatakan bahwa rata-rata nilai keterampilan menulis karangan
argumentasi peserta didik tanpa penerapan Model STAD tidak sama dengan nilai rata-rata
keterampilan menulis karangan argumentasi peserta didik dengan penerapan Model
kooperatif tipe STAD. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan penerapan Model
kooperatif tipe Stad terhadap keterampilan menulis karangan argumentasi peserta didik
setelah penerapan Model kooperatif tipe STAD.

References

Abdurrahman, M. 2015. Pengaruh Modl PembelajaranKooperatif tipe Stad Terhad hail Belajar IPAPeserta Didik Kelas V Di MIS Nurul Hadina PatumbakSkripsi Jakarta : MIS Nurul Hadina

Anggiani, R. 2019. Keterampilan Menulis.

Jakarta : PT. Rajawali Pers.

Badan Standar Nasional Pendidikan .2006.

Jakarta Diakses pada tanggal 9

Oktober 2013.

Kristanto, I. 2017. Model Pembelajaran

Kooperatif tipe Student Team Achievement

Divisioans Untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Siwa Mata Pelajaran Teknologi

otomotif, SMK Maā€™arif Salam. Skripsi

Bandung : SMK Maā€™arif Salam

Mohammad, SY 2002. Keterampilan Dasar

Menulis Pembelajaran. Jakarta:

Universitas Terbuka.

Munirah. 2015. Pengembangan Menulis Paragraf.

Yogyakarta CV Budi Utama.

Nugroho, OWD. 2010. Pengaruh Penerapan

Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap

Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran

Ips Pada Siwa Kelas VSD Duren. Jakarta

CV Budi Utama.

Robbert, S. 2005. Coperative Learning Bandung:

Nusa Media.

Syahruddin. (2009) Mari Berbahasa Indonesia

Yang Baik dan Benar. Makassar:

Permata Ilmu Makassar.

Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian

Administrasi. Bandung : Alfabeta.

Sanjaya, W. (2006). Startegi Pemebelajaran

Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Jakarta :Prenada Media.

Wena, M. (2012). Strategi Pembelajaran Inovatif

Temporer. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Winarti, TM. 2014. Pengaruh model Kooperatif

Tipe Stad Terhadap Minat dan Hasil

Belajar Siwa Pada Materi Ikatan Kimia.

Skripsi. Jakarta : SMK Negeri

Pontianak.

Published
2020-02-03
Section
Artikel
Abstract viewed = 139 times