PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA TEMA “DIRIKU” DENGAN SUBTEMA “AKU DAN TEMAN BARU” DI KELAS I MI DARUL HIKMAH MAKASSAR

  • Evi Nurhidayatullah Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Muljono Damopolii Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Andi Halimah Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Fajri Basam Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: Menghasilkan pengembangan perangkat pembelajaran tematik berbasis
Scientific Approach pada tema“Diriku” dengan subtema “Aku dan Teman Baru” di kelas I MI Darul
Hikmah Makassar yang valid, praktis, dan efektif.Pada penelitian ini peneliti menggunakan
penelitian pengembangan atau Research and Development, dengan pengembangan Model Plomp.
Untuk memperoleh data, penulis menggunakan instrumen lembar validasi perangkat, lembar
observasi keterlaksanaan perangkat, angket respon guru, dan tes hasil belajar (THB).Berdasarkan
hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan yaitu RPP 3,74 (Sangat Valid)
dan LKPD 3,72 (Sangat Valid). kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh dari lembar
observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran 2,73 (Valid) dan angket respons guru terhadap
perangkat 3,66 (Sangat Valid). Sedangkan untuk uji keefektivan perangkat pembelajaran yang
dikembangkan, diperoleh rata-rata ketuntasan hasil belajar sebesar 94,44% yang mengidentifikasi
bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kategori keefektivan dengan jumlah
peserta didik sebanyak 18 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat
pembelajaran tematik berbasis Scientific Approach pada tema “Diriku” dengan subtema “Aku dan
Teman Baru” di kelas I MI Darul Hikmah Makassar yang dikembangkan memenuhi kriteria valid,
praktis, dan efektif.Berdasarkan implikasi penelitian dari pengembangan perangkat pembelajaran
berupa RPP dan LKPD berbasis Scientific Approach, memberikan dampak praktis dalam proses
pembelajaran dan juga memberikan kemudahan dalam menyelenggarakan pembelajaran tematik
yang berdampak pada efektivitas proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta
didik.

References

Abdul Majid & Chaerul Rochman, Pendekatan

Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013.

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2015.

Amri, Sofan. Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah

Dasar dan Menengah. Jakarta: PT. Prestasi

Pustakaraya, 2013.

Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi

Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara,

Fajrin Syarif, Andi. Pengembangan LKPD

Berbasis Model Kooperatif TPS (Think-

Pair-Share) untuk Meningkatkan

Aktivitas Belajar Peserta Didik pada

Pokok Bahasan Matriks Kelas XI MAN

Makassar. Skripsi. Makassar: Fak.

Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin

Makassar, 2017.

Kurniawan, Deni. Pembelajaran Tematik Terpadu

(Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung:

Alfabeta, 2014.

Mayarnimar. Pengembangan Perangkat

Pembelajaran Tematik Berorientasi

Pendekatan Saintifik Dalam Upaya

Membangun Kecerdasan Siswa di Kelas I

Sekolah Dasar. Jurnal. Februari 2014.

Mustami, Muhammad Khalifah dan Dirawan,

Gufran Darman. Development Of

Worksheet Student Oriented Scientific

Approach At Subject Of Biology, (Diakses 11

Oktober 2019).

Nabila, Jihan. Strategi Pembelajaran Berbasis

Pendekatan Saintifik pada Materi Pelajaran

Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta:

Diandra Creative, 2015.

Rafi, Muh. Model Pembelajaran Rationale,

Approach, Participation, Integrating

Islamdan Environment (RAPIE), Disertasi, Makassar: Program Pasca

Sarjana UNM, 2017.

Sanjaya, Wina. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode

dan Prosedur. Bandung: Prenadamedia

Group, 2013.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,

dan R&D,. Bandung: Alfabeta, 2014).

Tarjo, Sutarman. Pengembangan Perangkat

Pembelajaran Matematika Berbasis

Multimedia dengan Pendekatan Saintifik

pada Siswa Kelas VII MTs Negeri

Model Makassar. Skripsi. (Makassar:

Fak. Tarbiyah dan Keguruan UIN

Alauddin, 2017).

Published
2021-02-18
Section
Artikel
Abstract viewed = 122 times