PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA TEMA “DIRIKU” DENGAN SUBTEMA “AKU DAN TEMAN BARU” DI KELAS I MI DARUL HIKMAH MAKASSAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan: Menghasilkan pengembangan perangkat pembelajaran tematik berbasis
Scientific Approach pada tema“Diriku” dengan subtema “Aku dan Teman Baru” di kelas I MI Darul
Hikmah Makassar yang valid, praktis, dan efektif.Pada penelitian ini peneliti menggunakan
penelitian pengembangan atau Research and Development, dengan pengembangan Model Plomp.
Untuk memperoleh data, penulis menggunakan instrumen lembar validasi perangkat, lembar
observasi keterlaksanaan perangkat, angket respon guru, dan tes hasil belajar (THB).Berdasarkan
hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan yaitu RPP 3,74 (Sangat Valid)
dan LKPD 3,72 (Sangat Valid). kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh dari lembar
observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran 2,73 (Valid) dan angket respons guru terhadap
perangkat 3,66 (Sangat Valid). Sedangkan untuk uji keefektivan perangkat pembelajaran yang
dikembangkan, diperoleh rata-rata ketuntasan hasil belajar sebesar 94,44% yang mengidentifikasi
bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kategori keefektivan dengan jumlah
peserta didik sebanyak 18 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat
pembelajaran tematik berbasis Scientific Approach pada tema “Diriku” dengan subtema “Aku dan
Teman Baru” di kelas I MI Darul Hikmah Makassar yang dikembangkan memenuhi kriteria valid,
praktis, dan efektif.Berdasarkan implikasi penelitian dari pengembangan perangkat pembelajaran
berupa RPP dan LKPD berbasis Scientific Approach, memberikan dampak praktis dalam proses
pembelajaran dan juga memberikan kemudahan dalam menyelenggarakan pembelajaran tematik
yang berdampak pada efektivitas proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta
didik.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013.
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2015.
Amri, Sofan. Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah
Dasar dan Menengah. Jakarta: PT. Prestasi
Pustakaraya, 2013.
Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi
Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara,
2009.
Fajrin Syarif, Andi. Pengembangan LKPD
Berbasis Model Kooperatif TPS (Think-
Pair-Share) untuk Meningkatkan
Aktivitas Belajar Peserta Didik pada
Pokok Bahasan Matriks Kelas XI MAN
1 Makassar. Skripsi. Makassar: Fak.
Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin
Makassar, 2017.
Kurniawan, Deni. Pembelajaran Tematik Terpadu
(Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung:
Alfabeta, 2014.
Mayarnimar. Pengembangan Perangkat
Pembelajaran Tematik Berorientasi
Pendekatan Saintifik Dalam Upaya
Membangun Kecerdasan Siswa di Kelas I
Sekolah Dasar. Jurnal. Februari 2014.
Mustami, Muhammad Khalifah dan Dirawan,
Gufran Darman. Development Of
Worksheet Student Oriented Scientific
Approach At Subject Of Biology, (Diakses 11
Oktober 2019).
Nabila, Jihan. Strategi Pembelajaran Berbasis
Pendekatan Saintifik pada Materi Pelajaran
Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta:
Diandra Creative, 2015.
Rafi, Muh. Model Pembelajaran Rationale,
Approach, Participation, Integrating
Islamdan Environment (RAPIE), Disertasi, Makassar: Program Pasca
Sarjana UNM, 2017.
Sanjaya, Wina. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode
dan Prosedur. Bandung: Prenadamedia
Group, 2013.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,
dan R&D,. Bandung: Alfabeta, 2014).
Tarjo, Sutarman. Pengembangan Perangkat
Pembelajaran Matematika Berbasis
Multimedia dengan Pendekatan Saintifik
pada Siswa Kelas VII MTs Negeri
Model Makassar. Skripsi. (Makassar:
Fak. Tarbiyah dan Keguruan UIN
Alauddin, 2017).