PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA TEMA PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP DENGAN SUBTEMA CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP DI KELAS III MI NASRUL HAQ MAKASSAR

  • Nur Azizah Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Muljono Damopolii Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah pengembangan perangkat pembelajaran tematik berbasis scientific approach pada tema "pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup dengan subtema "ciri-ciri makhluk hidup di kelas III MI. Penelitian ini bertujuan untuk mengembaangkan perangkat pembelajaran berbasis scientific approach yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau research and development yang mengacu pada model pengembangan 4-D oleh S. Thagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Subjek uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas III MI Nasrul Haq Makassar tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 13 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu format validasi, format kepraktisan, dan format keefektifan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan hasil uji kevalidan dari para ahli dengan menggunakan koefesien validasi perangkat pembelajaran diperoleh hasil yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran yaitu 3,32 (Valid) dan lembar kegiatan peserta didik  yaitu 3,42 (valid). Untuk kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh dari lembar observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran yaitu 2,76 (terlaksana seluruhnya) dan angket respon guru terhadap perangkat pembelajaran  3,8 (sangat valid). Sedangkan untuk uji keefektifan hasil belajar sebesar 87,04 % yang mengidentifikasi perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kategori keefektifan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran pembelajaran tematik berbasis scientific approach pada tema "pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup" dengan "subtema ciri-ciri makhluk hidup" kelas III MI Nasrul Haq Makassar yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

References

Amri, sofan. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2013.

Trianto, Desain Pengembangan Pembelajaran Trianto. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.

Departemen Agama Islam. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Surabaya: Sukses Publishing, 2012.

Departemen Pendidikan Nasional Repubik Indonesia, Undang-Undang Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Repubik Indonesia, 2003.

Published
2020-02-18
Section
Artikel
Abstract viewed = 246 times