ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PENILAIAN AUTENTIK SESUAI KURIKULUM 2013 DI SDN 85 LABETTANG KABUPATEN SINJAI

Main Article Content

Ardiani Ardiani
Nursalam Nursalam
Munirah Munirah
Immawati Nur Aisyah Rivai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kemampuan guru dalam melaksanakan
penilaian autentik sesuai kurikulum 2013 di SDN 85 Labettang Kabupaten Sinjai, 2)
Faktor pendukung dan penghambat guru dalam melaksanakan penilaian autentik sesuai
kurikulum 2013 di SDN 85 Labettang Kabupaten Sinjai. Jenis penelitian ini adalah
penelitian deskriptif kualitatif. Adapun sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah
dan guru sebanyak 6 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah analisis deskriptif
kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
yang diperoleh menunjukkan bahwa: a) kemampuan guru dalam melaksanakan
penilaian autentik sesuai kurikulum 2013 di SDN 85 Labettang Kabupaten Sinjai telah
melaksanakan tugasnya dengan baik dalam memberikan penilaian yang mencakup 3
aspek, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik, b) Faktor pendukung pelaksanaan
penilaian autentik itu adalah sarana dan prasarana yang mendukung, kegiatan
ekstrakurikuler, mengikuti pelatihan dan Bimtek penilaian kurikulum 2013, dan
kompetensi yang dimiliki oleh guru. Faktor penghambatnya meliputi terbatasnya buku
paket, banyaknya jumlah peserta didik, jenis penilaian yang beragam, dan karakteristik
peserta didik berbeda-beda.

Article Details

How to Cite
Ardiani, A., Nursalam, N., Munirah, M., & Rivai, I. N. A. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PENILAIAN AUTENTIK SESUAI KURIKULUM 2013 DI SDN 85 LABETTANG KABUPATEN SINJAI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 3(1). https://doi.org/10.24252/jipmi.v3i1.19679
Section
Artikel

References

Alimuddin.(2014). Penilaian dalam Kurikulum
2013.Jurnal Matematika FMIPA UNM
Makassar.Retrieved
from http://journal.uncp.ac.id/index.p
hp/proceding/article/view/220
Calista, W. (2019). Pelaksanaan Penilaian
Autentik Kurikulum 2013 pada
Pembelajaran Tematik Tema Sumber
Energi Kelas III di MI Negeri 1
Yogyakarta.Jurnal Pendidikan Program
Studi PGMI.Retrieved
from http://journal.stitnualhikmah.ac.i
d/index.php/modeling/search/authors
/view
Daryanto.(2014). Pendekatan Pembelajaran
Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta:
Gava Media.
Djamarah, S.B. (1991). Prestasi Belajar dan
Kompetensi Mengajar. Surabaya: Usaha
Nasional.
Getteng, A.R (2015). Menuju Guru Profesional
dan Beretika.Yogyakarta: Grha Guru.
Hamalik, O. (2008). Perencanaan Pengajaran
Berdasarkan Pendekatan Sistem.Jakarta:
Bumi Aksara.
Departemen Agama RI. (2012). Al-Qur’an dan
Terjemahannya.Jakarta: Pustaka Ilmu.
Rosalin, E. (2008). Gagasan Merancang
Pendidikan Kontekstual. Bandung: Karsa
Mandiri Persada.