ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PENILAIAN AUTENTIK SESUAI KURIKULUM 2013 DI SDN 85 LABETTANG KABUPATEN SINJAI

  • Ardiani Ardiani Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Nursalam Nursalam Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Munirah Munirah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Immawati Nur Aisyah Rivai Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kemampuan guru dalam melaksanakan
penilaian autentik sesuai kurikulum 2013 di SDN 85 Labettang Kabupaten Sinjai, 2)
Faktor pendukung dan penghambat guru dalam melaksanakan penilaian autentik sesuai
kurikulum 2013 di SDN 85 Labettang Kabupaten Sinjai. Jenis penelitian ini adalah
penelitian deskriptif kualitatif. Adapun sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah
dan guru sebanyak 6 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah analisis deskriptif
kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
yang diperoleh menunjukkan bahwa: a) kemampuan guru dalam melaksanakan
penilaian autentik sesuai kurikulum 2013 di SDN 85 Labettang Kabupaten Sinjai telah
melaksanakan tugasnya dengan baik dalam memberikan penilaian yang mencakup 3
aspek, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik, b) Faktor pendukung pelaksanaan
penilaian autentik itu adalah sarana dan prasarana yang mendukung, kegiatan
ekstrakurikuler, mengikuti pelatihan dan Bimtek penilaian kurikulum 2013, dan
kompetensi yang dimiliki oleh guru. Faktor penghambatnya meliputi terbatasnya buku
paket, banyaknya jumlah peserta didik, jenis penilaian yang beragam, dan karakteristik
peserta didik berbeda-beda.

References

Alimuddin.(2014). Penilaian dalam Kurikulum

Jurnal Matematika FMIPA UNM

Makassar.Retrieved

from http://journal.uncp.ac.id/index.p

hp/proceding/article/view/220

Calista, W. (2019). Pelaksanaan Penilaian

Autentik Kurikulum 2013 pada

Pembelajaran Tematik Tema Sumber

Energi Kelas III di MI Negeri 1

Yogyakarta.Jurnal Pendidikan Program

Studi PGMI.Retrieved

from http://journal.stitnualhikmah.ac.i

d/index.php/modeling/search/authors

/view

Daryanto.(2014). Pendekatan Pembelajaran

Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta:

Gava Media.

Djamarah, S.B. (1991). Prestasi Belajar dan

Kompetensi Mengajar. Surabaya: Usaha

Nasional.

Getteng, A.R (2015). Menuju Guru Profesional

dan Beretika.Yogyakarta: Grha Guru.

Hamalik, O. (2008). Perencanaan Pengajaran

Berdasarkan Pendekatan Sistem.Jakarta:

Bumi Aksara.

Departemen Agama RI. (2012). Al-Qur’an dan

Terjemahannya.Jakarta: Pustaka Ilmu.

Rosalin, E. (2008). Gagasan Merancang

Pendidikan Kontekstual. Bandung: Karsa

Mandiri Persada.

Published
2021-02-18
Section
Artikel
Abstract viewed = 92 times