KONSEP PENDIDIKAN PAULO FREIRE DALAM PEBENTUKAN KARAKTER DITINJAU DARI PENDIDIKAN ISLAM

Main Article Content

Suriani Suriani
Safei Safei
Rosdiana Rosdiana
Fajri Basam

Abstract

Penelitian ini bertujuan ; (1) memahami konsep pendidikan menurut Paulo Freire; (2) menganalisis kaitan antara konsep pendidikan Paulo Freire dalam pembentukan karakter
ditinjau dari pendidikan islam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research/ penelitian kepustakaan, khusus mengkaji suatu masalah untuk memperoleh
data dalam penelitian. Adapun sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer (pelacakan manual/perpustakaan) dan data sekunder (pelacakan secara online/google
scholar). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah historis-filosofis. Selanjutnya, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Teknikanalisis datanya adalah Kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Instrument penelitian yang digunakan adalah uji keabsahan data dan triangulasi. Adapun hasil analisis
yaitu, keduanya mempunyai ciri khas masing-masing, ada beberapa kesesuaian dan ketidaksesuaiaan antara konsep pendidikan Paulo Freire dengan konsep pendidikan yang
ditinjau dari pendidikan Islam, adapun pendidikan Paulo Freire yang sesuai dengan pendididikan Islam yaitu, dalam hal humanisme dan fitrah manusia, sedangkan beberapa
pemikiran pendidikan Paulo Freire yang tidak sesuai dengan konsep pendidikan yang ditinjau dalam pendidikan Islam yaitu, dalam hal tujuan pendidikan dan konsep pendidikan.
Pendidikan yang ditinjau dari pendidikan Islam lebih unggul dibandingkan dengan pendidikan yang ditawarkan oleh Paulo Freire, kelebihan tersebut yaitu, pendidikan Islam
lebih progresif dan mampu mengintegrasikan ilmu agama dan ilmu umum, pendidikan Islam juga melandasi pendidikannya dengan agama, yang kesemuanya itu tidak dimiliki dalam
konsep pendidikan Paulo Freire.

Article Details

How to Cite
Suriani, S., Safei, S., Rosdiana, R., & Basam, F. (2023). KONSEP PENDIDIKAN PAULO FREIRE DALAM PEBENTUKAN KARAKTER DITINJAU DARI PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 5(2), 140-146. https://doi.org/10.24252/jipmi.v5i2.40041
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>