PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VI

  • Marlina Marlina Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Usman Usman Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Fajri Basam Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang memiliki tujuan untuk (1) menghasilkan produk untuk memfasilitasi kemampuan metakognitif pada peserta didik kelas VI SDN
Inpres Pusu Kab. Bima yang valid, (2) menilai kualitas produk untuk memfasilitasi kemampuan metakognitif pada peserta didik kelas VI SDN Inpres Pusu Kab. Bima yang
valid. Metode pengumpulan data dilakukan melalui angket dan observasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan, yang lebih dikenal dengan istilah
Research and Development (R&D), penelitian ini digunakan untuk mendapatkan hasil produk tertentu dan menguji kevalidan produk tersebut. Model pengembangan yang
digunakan yaitu model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa modul yang dikembangkan pada
mata pelajaran IPA berbasis PBL untuk meningkatkan kemampuan metakognitif peserta didik kelas VI SDN Inpres Pusu Kab. Bima, dari hasil uji kevalidan modul diperoleh data
hasil validasi ahli materi/isi dengan rata-rata 4,5 dan 4,72 berada pada kategori sangat valid, sedangkan hasil validasi ahli modul dengan rata-rata 4,29 berada pada kategori
sangat valid, tingkat kevalidan modul bahan ajar pembelajaran dinilai oleh guru dengan menggunakan angket guru dengan rata-rata 4,60 diperoleh dari nilai angket respon guru.

Published
2024-01-16
Section
Artikel
Abstract viewed = 36 times