INTEGRASI NILAI-NILAI KARAKTER DAN BUDAYA BANGSA DALAM PEMBELAJARAN PADA MADRASAH IBTIDAIYAH

Main Article Content

Sitti Fatimah S Sirate
Muhammad Yaumi
Syarifuddin Ondeng
Usman Usman

Abstract

Gagasan integrasi nilai-nilai karakter dan budaya bangsa dalam pembelajaran pada madrasah ibtidaiyah telah lama dicanangkan. Namun, strategi integrasi nilai-nilai karakter ke dalam pembelajaran belum menunjukkan pola yang baku. Untuk mengintegrasi bahan ajar berbasis karakter pada madrasah ibtidaiyah perlu menelaah konsep pendidikan karakter dan  pendidikan berbasis karakter termasuk nilai-nilai karakter yang mencakup religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/ komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab. Arah integrasi nilai-nilai karakter dan budaya bangsa pada madrasah ibtidaiyah merujuk pada pengembangan bahan ajar berbasis karakter yang  mencakup integrasi konten, integrasi nilai-nilai karakter dalam pelaksanaan pembelajaran, dan pemberdayaan budaya madrasah.

Article Details

How to Cite
Sirate, S. F. S., Yaumi, M., Ondeng, S., & Usman, U. (2020). INTEGRASI NILAI-NILAI KARAKTER DAN BUDAYA BANGSA DALAM PEMBELAJARAN PADA MADRASAH IBTIDAIYAH. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 2(2). https://doi.org/10.24252/jipmi.v2i2.15607
Section
Artikel

References

Alex Kozulin dkk., Vygotsky’s Educational Theory in Cultural Context (Cambridge: Cambridge University Press, 2003), h.177.
Banks, James A dan Banks, Cherry A. Multicultural Education: Issues and Perspectives. Boston: Allyn and Bacon. 1997.
Dewantoro, Ki Hajar. Pendidikan, Cetakan Kedua. Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa Yogyakarta, 1977.
Dick, Walter, Carey, Lou dan Carey, James O. The Systematic Design of Instruction , Six Edition. New York: Pearson, 2005.
Direktorat Tenaga Kependidikan, Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
European Commission, Classification of Learning Activities Manual (Luxembourg: Eurostat, 2006), h.9.
Frye, Mike dkk. Character Education: Informational Handbook & Guide
for Support and Implementation of the Student Citizen Act of 2001. North Carolina: Department of Public Instruction Division of Instructional Services. 2002.
Hasan, Said Hamid. dkk. Bahan Pelatihan Pengembangan Pendidikan Budaya dan karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum KEMENDIKNAS. 2010
Hasan, Said Hamid. dkk. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Pusat Kurikulum dan Perbukuan KEMENDIKNAS: Jakarta. 2011.
Josephson Institute. The Six Pillars of Character. Online; http://josephsoninstitute.org/MED/MED-2sixpillars.html (diakses 13 Januari, 2012).
Lickona, Thomas. Educating for Character: How Our Schools can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books. 1992.
Lickona, Thomas. Character Matters Versi Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2012.
Mitrafm, Kecerdasan Spiritual Menentukan Jati Diri. Online: http://mitrafm.com/blog/2008/12/15/kecerdasan-spiritual-menentukan-jati-diri/ (Diakses, 15 April, 2014).
Parvez. Character Define: Muslim Character Trait. Online: http://www.parvez-video.com/character_trait.asp (Diakses 27 Agustus, 2012)
Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Pengembangan dan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kurikulum KEMENDIKNAS. 2009.

Reigeluth, Charles M. dan Carr-Chellman, Alison A. Instructional-Design Theories and Models Volume III: Building a Common Knowledge Base. New York: Routledge. 2009..
Richards, Jack C dan Rodgers, Theodore S. Approaches and Methods in Language Teaching: A description and analysis.Cambridge: Cambridge University Press. 1986.
Rothwell, William J dan Kazanas, H.C. Mastering the Instructional Design Process. San Francisco: Pfeiffer, 2004.
Samani, Muchlas dan Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2011.
Stedge, Lauree Beth. Nuts and Bolts of Character Education. Edmond, Oklahoma: Character First. 2010.
Suparman, M. Atwi. Desain Instruksional. Jakarta: Universitas Terbuka. 2010.
Wiki. Define Character Building? Online: http://wiki.answers.com/Q/Define_character_building (Diakses, 2 Oktober 2012).
Yaumi, Muhammad. Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa Melalui Transdisiplinaritas. Online: http://id.scribd.com/doc/25174556/Pendidikan-Budaya-dan-Karakter (Diakses, 15 April, 2014).
Yaumi, Muhammad. Pilar-Pilar pendidikan Karakter. Makassar: Alauddin Press. 2019.
Yaumi, Muhammad dan Syahid. Character Education Values that Work in Islamic Senior High School. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Tanggal 2 Mei 2013 di YPUP Makassar.

Most read articles by the same author(s)