INTEGRASI NILAI-NILAI KARAKTER DAN BUDAYA BANGSA DALAM PEMBELAJARAN PADA MADRASAH IBTIDAIYAH

  • Sitti Fatimah S Sirate Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP YPUP,Indonesia
    (ID)
  • Muhammad Yaumi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Syarifuddin Ondeng Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Usman Usman Prodi PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Gagasan integrasi nilai-nilai karakter dan budaya bangsa dalam pembelajaran pada madrasah ibtidaiyah telah lama dicanangkan. Namun, strategi integrasi nilai-nilai karakter ke dalam pembelajaran belum menunjukkan pola yang baku. Untuk mengintegrasi bahan ajar berbasis karakter pada madrasah ibtidaiyah perlu menelaah konsep pendidikan karakter dan  pendidikan berbasis karakter termasuk nilai-nilai karakter yang mencakup religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/ komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab. Arah integrasi nilai-nilai karakter dan budaya bangsa pada madrasah ibtidaiyah merujuk pada pengembangan bahan ajar berbasis karakter yang  mencakup integrasi konten, integrasi nilai-nilai karakter dalam pelaksanaan pembelajaran, dan pemberdayaan budaya madrasah.

References

Alex Kozulin dkk., Vygotsky’s Educational Theory in Cultural Context (Cambridge: Cambridge University Press, 2003), h.177.

Banks, James A dan Banks, Cherry A. Multicultural Education: Issues and Perspectives. Boston: Allyn and Bacon. 1997.

Dewantoro, Ki Hajar. Pendidikan, Cetakan Kedua. Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa Yogyakarta, 1977.

Dick, Walter, Carey, Lou dan Carey, James O. The Systematic Design of Instruction , Six Edition. New York: Pearson, 2005.

Direktorat Tenaga Kependidikan, Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

European Commission, Classification of Learning Activities Manual (Luxembourg: Eurostat, 2006), h.9.

Frye, Mike dkk. Character Education: Informational Handbook & Guide

for Support and Implementation of the Student Citizen Act of 2001. North Carolina: Department of Public Instruction Division of Instructional Services. 2002.

Hasan, Said Hamid. dkk. Bahan Pelatihan Pengembangan Pendidikan Budaya dan karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum KEMENDIKNAS. 2010

Hasan, Said Hamid. dkk. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Pusat Kurikulum dan Perbukuan KEMENDIKNAS: Jakarta. 2011.

Josephson Institute. The Six Pillars of Character. Online; http://josephsoninstitute.org/MED/MED-2sixpillars.html (diakses 13 Januari, 2012).

Lickona, Thomas. Educating for Character: How Our Schools can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books. 1992.

Lickona, Thomas. Character Matters Versi Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2012.

Mitrafm, Kecerdasan Spiritual Menentukan Jati Diri. Online: http://mitrafm.com/blog/2008/12/15/kecerdasan-spiritual-menentukan-jati-diri/ (Diakses, 15 April, 2014).

Parvez. Character Define: Muslim Character Trait. Online: http://www.parvez-video.com/character_trait.asp (Diakses 27 Agustus, 2012)

Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Pengembangan dan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kurikulum KEMENDIKNAS. 2009.

Reigeluth, Charles M. dan Carr-Chellman, Alison A. Instructional-Design Theories and Models Volume III: Building a Common Knowledge Base. New York: Routledge. 2009..

Richards, Jack C dan Rodgers, Theodore S. Approaches and Methods in Language Teaching: A description and analysis.Cambridge: Cambridge University Press. 1986.

Rothwell, William J dan Kazanas, H.C. Mastering the Instructional Design Process. San Francisco: Pfeiffer, 2004.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2011.

Stedge, Lauree Beth. Nuts and Bolts of Character Education. Edmond, Oklahoma: Character First. 2010.

Suparman, M. Atwi. Desain Instruksional. Jakarta: Universitas Terbuka. 2010.

Wiki. Define Character Building? Online: http://wiki.answers.com/Q/Define_character_building (Diakses, 2 Oktober 2012).

Yaumi, Muhammad. Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa Melalui Transdisiplinaritas. Online: http://id.scribd.com/doc/25174556/Pendidikan-Budaya-dan-Karakter (Diakses, 15 April, 2014).

Yaumi, Muhammad. Pilar-Pilar pendidikan Karakter. Makassar: Alauddin Press. 2019.

Yaumi, Muhammad dan Syahid. Character Education Values that Work in Islamic Senior High School. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Tanggal 2 Mei 2013 di YPUP Makassar.

Published
2020-08-31
Section
Artikel
Abstract viewed = 428 times