PENGEMBANGAN KINERJA GURU MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SMA NEGERI DI KOTA PALOPO

  • Hilal Muhammad Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Palopo
    (ID)
  • Muhammad Yaumi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstract:
The purpose of this study was to reveal: (1) the implementation of the teachers’ performance development through action research at SMAN in Palopo; and (2) the obstacle of the implementation of the teachers’ performance development through action research at SMAN in Palopo. This research included field research that was qualitative verification. The approach used was phenomenology. Data collection methods used in this research were interview, observation, and study documentation methods. The results of this research indicated two things. First, the implementation of the teachers’ performance development through action research had not been made entirely optimal and it was just limited on the fulfillment of task demand in the prequisite of promotion. The teachers’ potential had not been made entirely used optimally through empowerment, especially in action research. Secondly, the obstacle of the implementation of the teachers’ per-formance development through action research at SMAN in Palopo were about the limitation of time and fund, lack of reference, not condusive atmosphere, and lack of motivation. Furthermore, some teachers still had difficulties in doing and writing the result of their action research.

Abstrak:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) pelaksanaan pengembangan kinerja guru melalui PTK pada SMA Negeri di Kota Palopo; dan (2) hambatan da-lam pelaksanaan pengembangan kinerja guru melalui PTK pada SMA Negeri di Kota Palopo. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan yang kajiannya bersifat kualitatif-verifikatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomeno-logi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan dua hal. Pertama, pengembangan kinerja guru melalui PTK pada SMA Negeri di Kota Palopo belum berjalan optimal dan baru sebatas memenuhi kebutuhan persyarat-an kenaikan pangkat. Potensi guru belum dimanfaatkan melalui pemberdayaan, khususnya penelitian tindakan kelas. Kedua, hambatan dalam pelaksanaan pe-ngembangan kinerja guru melalui PTK pada SMA Negeri di Kota Palopo adalah keterbatasan waktu, dana, sumber referensi kurang, lingkungan tidak kondusif, dan motivasi kurang. Selain itu, sebagian guru juga masih mengalami kesulitan dalam melakukan dan menyusun laporan hasil PTK.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Quran al-Karim.

Allmon, Barbara dan Sara Freeman. Menjadi Guru Kreatif. Yogyakarta: Golden Book, 2010.

Anonim. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas, 2007.

Appelo, Jurgen. Management 3.0: Memimpin Pengembang Agile, Mengembangkan Pemimpin yang Tangkas, Lincah, dan Gesit. Penerjemah Ati Cahayani. Jakarta: PT. Indeks, 2013.

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Supervisi. Buku Pegangan Kuliah. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. Penelitian Tindakan Kelas. Cet. X; Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011.

Amstrong, Michael. Performance Management. Alih bahasa Tony Setiawan. Yogyakarta: Tugu, 2004.

Armstrong, Thomas. Sekolah Para Juara. Bandung: Kaifa, 2002.

Armstrong, Thomas. The Best School. Bandung: Kaifa, 2006.

Arniati PH dan Deni Hadiana. Pemanfaatan Hasil Ujian Nasional Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan. Jakarta: Puspendik, 2008.

Bacal, Robert. Performance Management, terj. Surya Darma. Jakarta: Gramedia, 2001.

Bacal, Robert. How to Manage Performance. New York: McGraw-Hill Companies, inc., 2004.

Barclay, I., Dann, Z., and Holroyd, P. New Product Development a Practical Workbook for Improving Performance. Oxford: Butterworth Heinemann, 2000.

Bell, Julie. Performance Intelligence at Work. New York: McGraw-Hill Companies, inc., 2009.

Bono, Edward de. New Thinking for the New Millenium. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2000.

Braham, Barbara J. Creating A Learning Organization, terj. Zalzulifa. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2003.

Bungin, Burhan. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat, ed. 1. Cet. 4; Jakarta: Kencana, 2009.

Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik. Dan Ilmu Sosial Lainnya, ed. 1. Cet. 4; Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.

Bush, T., L. Bell & D. Middlewood. The Principles of Educational Leadership. Second Edition. London: A Sage Publications Company, 2010.

Cascio, Wayne F. Managing Human Resource. New York: McGraw Hill, 2006.

Ciptono dan Ganjar Triadi. Guru Luar Biasa. Yogyakarta: Bentang, 2009.

Collins, J. Good to Great. New York: Harper Collins, 2001.

Covey, Stephen R. The Leader in Me. Jakarta: Gramedia, 2008.

Daft, Richard L. Era Baru Manajemen (New Era of Management), Buku 2, Ed. 9. Penerjemah Tita Maria Kanita, Jakarta: Salemba Empat, 2011.

Danim, Sudarwan. Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2002.

LENTERA PENDIDIKAN, VOL. 18 NO. 168 2 DESEMBER 2015: 152-170

Departemen Agama Republik Indonesia. Al-Qur’an dan Terjemahnya, juz 1-30. Surabaya: Mekar Surabaya, 2004.

Depdiknas, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Buku I. Jakarta: Depdiknas, 2003.

DePorter, Bobbi. Quantum Note-Taker. Bandung: Kaifa, 2004.

DePorter, Bobbi. Quantum Thinker. Bandung: Kaifa, 2004.

DePorter, Bobbi. Quantum Learner. Bandung: Kaifa, 2004.

DePorter, Bobbi, Mark Reardon, dan Sarah Singer-Nourie. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang Kelas. Bandung: Kaifa, 2009.

Dharma, Surya. Manajemen Kinerja, Falsafah, Teori dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Direktorat Pendidikan Menengah Umum Dirjen Dikdasmen Depdiknas. Pedoman Pengembangan Kultur Sekolah. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 2004.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Depdiknas. Panduan Penyelenggaraan Program Rintisan SMA Bertaraf Internasional (R-SMA-BI). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, 2009.

Direktor DePorter, Bobbi at Tenaga Kependidikan. Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Dressler, G. Human Resources Management. Nineth Edition. New Jersey: Upper Saddler River, Prentice Hall, 2003.

Engkoswara dan Aan Komariah. Administrasi Pendidikan (Bandung: Alfabeta, 2010.

Engkoswara. Paradigma Manajemen Pendidikan Menyongsong Otonomi Daerah. Bandung: Yayasan Amal Keluarga, 2001.

Fahmi, Irham. Manajemen Kinerja Teori dan Aplikasi. Cetakan Ketiga; Bandung: Alfabeta, 2013.

Fiedler, B. Strategic Management for School Development Leading Your School’s Improvement Strategy. London: A Sage Publications Company, 2005.

Gill, R. Theory and Practice of Leasership. New York: A Sage Publications Company, 2009.

Godard, Alain and Vincent Lenhardt. Transformational Leadership, Shared Dreams to Succeed. London: Macmillan Publishers, 2000.

Hoon, Hum Sin. Memenangkan Persaingan Cara Cheng Ho Seni Kolaborasi, Kepemimpinan, Pengelolaan SDM dan Logistik, serta Warisan Iman Sang Laksamana Agung. Terj. Djohan Diaz Tjahjadi. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara, 2012.

Hughes, R.L., R.C. Ginnet & G.J. Curphy. Leadership Enhancing the Lesson of Experience. New York: McGraw Hill.

Hunsanker, P.L. Training in Management Skill. Upper Saddle River, New Jersey: Prantice Hall, 2002.

Hussey, D.E. How to Manage Organisational Change. London: Kogan Page Limited, 2000.

Iskandar. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitati). Cet. II; Jakarta: Gaung Persada Press, 2009.

Jensen, Eric. Guru Super & Super Teaching, Lebih dari 1000 Strategi Praktis Pengajaran Super, terj. Benyamin Molan. Jakarta Barat: PT. Indeks Permata Puri Media, 2010.

Kadarisman, M. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia, ed. 1. Cet. 1; Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Kasali, Rhenald. Change. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005.

Kirkpatrick, Donald L. Improving Employee Performance. New York: Amacom, 2006.

Lawson, Ken. Performance Review. London: Axis Publishing Limited, 2005.

Lako, A. Kepemimpinan dan Kinerja Organisasi (Isu, Teori, dan Solusi). Yogyakarta: Amara Books, 2004.

PENGEMBANGAN KINERJA GURU (HILAL MUHAMMAD DAN MUH. YAUMI) 169

Maddux, Robert B. Effective Performance Appraisals. California: Crisp Publication, Inc., 2000.

Madya, Suwarsih, Penelitian Tindakan (Action Research), Teori dan Praktik. Cet. 4; Bandung: Alfabeta, 2011.

Manz, Charles C. and Henry P Sims Jr. The Superleadership Learning Others to Lead Themseves. San Fransisco: Berrett-Koehler Publishers, Inc. 2001.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, edisi revisi. Cet. 30; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.

Muhadjir, Noeng. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin, 1994.

Mulyasa, E. Menjadi Kepala Sekolah Profesional: Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004.

Neal, James E. Jr. Guide to Performance Appraisals. Ohio: Neal Publication, Inc., 2001.

Noe, Raymond A, John R. Hollenbeck, Barry Gerhart, Patrick M. Wright. Human Resource Management: Gaining A Competitive Advantage, terj. David Wijaya, 6th ed. Jakarta Selatan: Salemba Empat, 2011.

Pardong, A. Tugas Pokok dan Fungsi Pengawas. Jakarta: Badan Diklat Depdiknas, 2003.

Parkay, F.W & G.J. Hass & E.J. Ancil. Curruculum Leadership Reading for Developing Quality Educational Program. Nineth Edition. New York: Pearson. 2010.

Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah R.I. Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah R.I. Nomor 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Sekolah/Madrasah.

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Republik Indonesia. Undang-Undang R.I. Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Rivai, Veithzal, Deddy Mulyadi. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, ed. 3. Cet. 9; Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Rivai, Veithzal. Islamic Human Capital Dari Teori ke Praktik Manajemen Sumber Daya Islami. Ed.1, Cet.1; Jakarta: Rajawali Pers, 2009.

Robbins, Stephen P., Coulter, Mary. Management. Tenth Edition, Terj. Bob Sabran dan Devri Burnadi Putera. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2010.

Rusman. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, ed. 1. Cet. 1; Jakarta: Rajawali Pers, 2010.

Sedarmayanti. Membangun dan Mengembangkan Kepemimpinan serta Meningkatkan Kinerja untuk Meraih Keberhasilan. Cet. I; Bandung: PT. Refika Aditama, 2011.

Smith, Jane. Empowering People. London: Kogan Page Limited, 2000.

Stuart-Kottze, Robin. Performance. London: Prentice Hall, 2006.

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. Cet. X; Bandung: Alfabeta, 2007.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Cet. V; Jakarta: Alfabeta, 2008.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2012.

Suharsaputra, Uhar. Administrasi Pendidikan. Cet, I; Bandung: PT. Refika Aditama, 2010.

Suhardan, Dadang. Supervisi Profesional, Layanan dalam Meningkatkan Mutu Pengajaran di Era Otonomi Daerah. Cet. 3; Bandung: Alfabeta, 2010.

Supardi. Kinerja Guru. Ed. 1, Cet. 1; Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Supriadi, Dedi. Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Cet. 1; Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 1998.

Susanto, A. B. dan R. Masri Sareb Putra. 60 Management Gems: Applying Management Wisdom in Life. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2010

LENTERA PENDIDIKAN, VOL. 18 NO. 170 2 DESEMBER 2015: 152-170

Wade, D. and Recardo, R. Coorporate Performance Management: How to Build a Better Organization Through Measurement-Driven Strategic Allignment. Oxford: Butterworth-Heinemann, 2001.

Wahyudi, Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar. Cet. I; Bandung: Alfabeta, 2009.

Wibisono, Dermawan. Manajemen Kinerja Konsep, Desain, dan Teknik Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2006.

Wibowo. Manajemen Kinerja, ed. III. Cet. V; Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2011.

Wibowo. Manajemen Perubahan, ed. 3. Cet. 3; Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2011.

Wiles, J & J. Bondi. Supervision A Guide to Practice. Second Edition. London: Charles E. Merrill Publishing Company, 2003.

Yaumi, Muhammad. “Pengembangan kinerja Guru Melalui Penerapan Kecerdasan Jamak”, Disertasi Program Pascasarjana, Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, 2011.

Yaumi, Muhammad. Model Perbaikan Kinerja Guru dalam Pembelajaran. Makassar: Alauddin Press, 2014.

Yulk, G. Leadership in Organization. Seventeenth Edition. Upper Saddler River, New Jersey: Pearson. 2010.

Published
2015-12-31
How to Cite
Muhammad, H., & Yaumi, M. (2015). PENGEMBANGAN KINERJA GURU MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SMA NEGERI DI KOTA PALOPO. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 18(2), 152-170. https://doi.org/10.24252/lp.2015v18n2a2
Section
Vol. 18 No. 2
Abstract viewed = 1472 times