PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I SDN MAWANG

Main Article Content

Nurmi Nurmi
Safei Safei
Muhammad Rusydi Rasyid

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media papan flannel
terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I SD Negeri Centre
Mawang. Peneliti memilih masalah tersebut karena terdapat beberapa peserta didik
kelas I yang masih kesulitan dalam hal membaca. Penelitian ini merupakan penelitian
pre-eksperimental design jenis desain peneliatiannya adalah one-group pretest-posttest design.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas I SD Negeri Centre
Mawang yang berjumlah 104 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 16 peserta didik
dari kelas I D. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Berdasarkan hasil analisis data menggunakan statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata
sebesar 49,75 dan hasil tersebut berada pada kategori rendah, dan nilai rata-rata peserta
didik setelah diterapkan media papan flanel sebesar 79,25, dan hasil tersebut berada
pada kategori tinggi. menunjukkan Tβ„Žπ‘–π‘‘ = 13.282 lebih besar dari Tπ‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ = 2.145,
sehingga dapat disimpulkan bahwa media papan flanel efektif terhadap kemampuan
membaca permulaan peserta didik kelas I SD Negeri Centre Mawang.

Article Details

How to Cite
Nurmi, N., Safei, S., & Rasyid, M. R. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I SDN MAWANG. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 5(1), 56-61. https://doi.org/10.24252/jipmi.v5i1.35814
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)