PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I SDN MAWANG

  • Nurmi Nurmi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Safei Safei Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Muhammad Rusydi Rasyid Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media papan flannel
terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I SD Negeri Centre
Mawang. Peneliti memilih masalah tersebut karena terdapat beberapa peserta didik
kelas I yang masih kesulitan dalam hal membaca. Penelitian ini merupakan penelitian
pre-eksperimental design jenis desain peneliatiannya adalah one-group pretest-posttest design.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas I SD Negeri Centre
Mawang yang berjumlah 104 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 16 peserta didik
dari kelas I D. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Berdasarkan hasil analisis data menggunakan statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata
sebesar 49,75 dan hasil tersebut berada pada kategori rendah, dan nilai rata-rata peserta
didik setelah diterapkan media papan flanel sebesar 79,25, dan hasil tersebut berada
pada kategori tinggi. menunjukkan Tℎ𝑖𝑡 = 13.282 lebih besar dari T𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2.145,
sehingga dapat disimpulkan bahwa media papan flanel efektif terhadap kemampuan
membaca permulaan peserta didik kelas I SD Negeri Centre Mawang.

Published
2023-02-01
Section
Artikel
Abstract viewed = 80 times