PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I SDN MAWANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media papan flannel
terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I SD Negeri Centre
Mawang. Peneliti memilih masalah tersebut karena terdapat beberapa peserta didik
kelas I yang masih kesulitan dalam hal membaca. Penelitian ini merupakan penelitian
pre-eksperimental design jenis desain peneliatiannya adalah one-group pretest-posttest design.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas I SD Negeri Centre
Mawang yang berjumlah 104 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 16 peserta didik
dari kelas I D. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Berdasarkan hasil analisis data menggunakan statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata
sebesar 49,75 dan hasil tersebut berada pada kategori rendah, dan nilai rata-rata peserta
didik setelah diterapkan media papan flanel sebesar 79,25, dan hasil tersebut berada
pada kategori tinggi. menunjukkan Tβππ‘ = 13.282 lebih besar dari Tπ‘ππππ = 2.145,
sehingga dapat disimpulkan bahwa media papan flanel efektif terhadap kemampuan
membaca permulaan peserta didik kelas I SD Negeri Centre Mawang.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.