PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS MACROMEDIA FLASH TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN NO. 95 MANJANGLOE

  • Syamsinar Syamsinar Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Safei Safei Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Muhammad Yaumi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Fajri Basam Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) gambaran minat belajar peserta didik tanpa dan dengan menggunakan media berbasis maromedia flash kelas IV SDN
Manjangloe. 2) gambaran hasil belajar peserta didik tanpa dan dengan menggunakan media berbasis maromedia flash kelas IV SDN Manjangloe. 3) gambaran pengaruh
penggunaan media berbasis macromedia flash terhadap minat belajar peserta didik kelas IV SDN Manjangloe. 4) gambaran pengaruh penggunaan media berbasis macromedia
flash terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Manjangloe. Jenis penelitian ini adalah one group pre test-post test. Populasi dalam penelitian ini adalah 30 peserta didik.
Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang peserta didik. Teknik sampiling dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Instrumen penelitian ini menggunakan
angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deksriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, minat belajar peserta didik
kelas IV SDN Manjangloe tanpa menggunakan macromedia flash nilai rata-ratanya yakni 61,33 , setelah menggunakan macromedia flash nilainya yakni 78,1. Hasil belajar peserta
didik kelas IV SDN Manjangloe dengan menggunakan media berbasis macromedia flash nilai rata-ratanya yakni 51,5, setelah menggunakan media berbasis macromedia flash ratarata
nilainya yakni 73,2. Hasil analisis statistik inferensial minat belajar menunjukkan nilai signifikan thitung = 0,000 < ttabel = 0,05. Hasil analisis statistik inferensial data hasil
belajar menunjukkan nilai signifikan thitung = 0,000 < ttabel = 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media berbasis macromedia flash
terhadap minat dan hasil belajar peserta didik.

Published
2023-07-28
Section
Artikel
Abstract viewed = 40 times