UPAYA GURU DALAM MELATIH KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK SLOW LEARNER KELAS V SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui kecerdasan emosional peserta didik
yang mengalami slow learner (2) untuk mengetahui upaya guru dalam melatih kecerdasan
emosional peserta didik yang mengalami slow learner (3) untuk mengetahui faktor
pendukung dan penghambat guru dalam melatih kecerdasan emosional peserta didik yang
mengalami slow learner. Sumber data yang dalam penelitian ini terbagi dua yaitu sumber
data primer yakni guru dan peserta didik dan sumber data sekunder yakni referensi atau
buku-buku yang relevan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan
pedagogik, pendekatan psikologis dan pendekatan sosial. Teknik pengolahan data yang
digunakan adalah reduksi data, paparan data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
ini diperoleh bahwa kecerdasan emosional peserta didik yang mengalami slow learner di
kelas V SD inpres 126 Bisoli adalah peserta didik belum mampu mengontrol emosinya
sendiri sehingga sering terjadi keributan di dalam kelas seperti disaat proses pembelajaran
sedang berlangsung. Adapun upaya guru dalam melatih kecerdasan emosional peserta
didik di kelas V SD Inpres 126 Bisoli yaitu: guru mampu memahami karakter peserta didik,
guru mengenal emosi peserta didik, memberikan bimbingan kepada peserta didik, dan
pengembangan kecerdasan emosional peserta didik. Adapun faktor pendukung kecerdasan
emosional peserta didik di kelas V SD Inpres 126 Bisoli yaitu: adanya kerja sama antar
guru, peningkatan SDM, sarana dan prasarana di SD Inpres 126 Bisoli, sedangkan faktor
penghambatnya yaitu: peserta didik tidak mentaati tata tertib di sekolah, peserta didik
kurang percaya diri, tuntutan nilai dan terbatasnya waktu pertemuan.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.