LINGKUNGAN SEKOLAH DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-AMANAH KECAMATAN BINAMU KABUPATEN JENEPONTO

  • Ummu Aimana Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Muhammad Shabir U Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Saprin Saprin Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Fajri Basam Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kondisi lingkungan sekolah di Madrasah
Ibtidaiyah Al-Amanah Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto, 2) Mengetahui
prestasi belajar peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Binamu Kabupaten
Jeneponto, dan 3) Mengetahui ada tidaknya hubungan lingkungan sekolah dengan
prestasi belajar peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Binamu Kabupaten
Jeneponto.Jenis penelitian expost facto dengan menggunakan angket dan dokumentasi
sebagai instrumen penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Al- Amanah
yang berjumlah 30 orang. Pengambilan sampel dengan jumlah 30 orang. Teknik
penagmbilan sampel yang digunakan adalah total sampling yaitu penelitian populasi
yang berarti semua anggota populasi dijadikan sampel dalam penelitian. Instrumen
yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik statistik deskriptif dan statistik
inferensial.Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Kondisi lingkungan sekolah Madrasah
Ibtidaiyah Al-Amanah Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto bahwa 20 orang
berada pada kategori baik, 2) Prestasi belajar peserta didik 22 orang berada pada
kategori baik, 3) Ada hubungan yang signifikan sebesar 0,36 lebih kecil dari 0,05 antara
lingkungan sekolah dan prestasi belajar peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Al-
Amanah Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto.Implikasi penelitian dapat
disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat kenyamanan lingkungan sekolah, keadaan
sekitar sekolah yang tidak menggangu kegiatan belajar siswa, kebiasaan guru dalam
mengajar yang baik, sarana dan prasarana yang baik dan memadai, relasi antara guru
dengan siswa yang baik, relasi siswa dengan siswa yang terjalin dengan baik dan
disiplin dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik.

References

Arifin, Z. (2011) Evaluasi Instruksional: Prinsip-

Teknik-Prosedur, Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Arikunto, S. (1998)Prosedur Penelitian Suatu

Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka

Cipta.

Dalyono. (2015)Psikologi Pendidikan,Jakarta:

Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2013) Proses Belajar Mengajar,

Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto, N.(2014) Psikologi

Pendidikan,Bandung: Remaja Rosda

Karya.

Setyosari, P.H. (2015)Metode Penelitian dan

Pengembangan, Jakarta:Prenadamedia

Group.

Sugiyono.(2012)Metodologi Penelitian

Pendidikan, Cet. 20:Bandung Alfabeda.

Sukmadinata, N.S (2011)Landasan Psikologi

Proses Pendidikan, Bandung: Remaja

Rosdayakarya.

Syah, M (2015)Psikologi Pendidikan dengan

Pendekatan, Bandung: Remaja.

Widoyoko, E.P. (2014) Penilaian Hasil

Pembelajaran di Sekolah, Yogyakarta:

Pustaka Belajar.

Yusuf, S. (2015) Psikologi Perkembangan Anak

dan Remaja, Bandung: Remaja.

Published
2021-08-15
Section
Artikel
Abstract viewed = 61 times