LINGKUNGAN SEKOLAH DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-AMANAH KECAMATAN BINAMU KABUPATEN JENEPONTO
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kondisi lingkungan sekolah di Madrasah
Ibtidaiyah Al-Amanah Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto, 2) Mengetahui
prestasi belajar peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Binamu Kabupaten
Jeneponto, dan 3) Mengetahui ada tidaknya hubungan lingkungan sekolah dengan
prestasi belajar peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Binamu Kabupaten
Jeneponto.Jenis penelitian expost facto dengan menggunakan angket dan dokumentasi
sebagai instrumen penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Al- Amanah
yang berjumlah 30 orang. Pengambilan sampel dengan jumlah 30 orang. Teknik
penagmbilan sampel yang digunakan adalah total sampling yaitu penelitian populasi
yang berarti semua anggota populasi dijadikan sampel dalam penelitian. Instrumen
yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik statistik deskriptif dan statistik
inferensial.Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Kondisi lingkungan sekolah Madrasah
Ibtidaiyah Al-Amanah Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto bahwa 20 orang
berada pada kategori baik, 2) Prestasi belajar peserta didik 22 orang berada pada
kategori baik, 3) Ada hubungan yang signifikan sebesar 0,36 lebih kecil dari 0,05 antara
lingkungan sekolah dan prestasi belajar peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Al-
Amanah Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto.Implikasi penelitian dapat
disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat kenyamanan lingkungan sekolah, keadaan
sekitar sekolah yang tidak menggangu kegiatan belajar siswa, kebiasaan guru dalam
mengajar yang baik, sarana dan prasarana yang baik dan memadai, relasi antara guru
dengan siswa yang baik, relasi siswa dengan siswa yang terjalin dengan baik dan
disiplin dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Teknik-Prosedur, Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Arikunto, S. (1998)Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka
Cipta.
Dalyono. (2015)Psikologi Pendidikan,Jakarta:
Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2013) Proses Belajar Mengajar,
Jakarta: Bumi Aksara.
Purwanto, N.(2014) Psikologi
Pendidikan,Bandung: Remaja Rosda
Karya.
Setyosari, P.H. (2015)Metode Penelitian dan
Pengembangan, Jakarta:Prenadamedia
Group.
Sugiyono.(2012)Metodologi Penelitian
Pendidikan, Cet. 20:Bandung Alfabeda.
Sukmadinata, N.S (2011)Landasan Psikologi
Proses Pendidikan, Bandung: Remaja
Rosdayakarya.
Syah, M (2015)Psikologi Pendidikan dengan
Pendekatan, Bandung: Remaja.
Widoyoko, E.P. (2014) Penilaian Hasil
Pembelajaran di Sekolah, Yogyakarta:
Pustaka Belajar.
Yusuf, S. (2015) Psikologi Perkembangan Anak
dan Remaja, Bandung: Remaja.