PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA DI KELAS V MI DARUL HIKMAH MAKASSAR

  • Noer Naningsih Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Fajri Basam Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan perangkat pembelajaran
tematik berbasis scientific aproach pada tema organ gerak hewan dan manusia dengan
subtema organ gerak hewan di kelas V MI Darul Hikmah Makassar yang valid, praktis,
dan efektif. Jenis penelitian ini pengembangan atau Research and Development (R&D)
pada model ADDIE yaitu: analysis, design, devepment, impelementation, and evaluation.
Produk yang dikembangkan berupa RPP dan LKPD berbasis scientific approach pada
tema organ gerak hewan dan manusia dengan subtema organ gerak hewan. Subjek uji
coba adalah peserta didik pada kelas V. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran,
angket respon guru, dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan,
diperoleh bahwa (1) Hasil validasi perangkat pembelajaran yaitu RPP dan LKPD
adalah 3, 33 dan 3, 22 berada dalam kategori valid, (2) Praktis berdasakan observasi
keterlaksanaan perangkat pembelajaran dengan nilai rata-rata 2, 97 yang berarti baik
dan angket respon guru terhadap perangkat pembelajaran tematik berbasis scientific
approach dengan nilai rata-rata 3, 95 yang berarti sangat baik, (3) Efektif berdasarkan tes
hasil belajar memperoleh data 90% peserta didik yang mencapai ketuntasan yang sangat
tinggi dan yang mendapatkan 10% mencapai ketuntasan tinggi, sehingga prentase
ketuntasan mencapai 96, 83%. Dapat disimpulkan bahwa pada tahap uji coba yang
dilaksanakan, perangkat pembelajaran tematik berbasis scientific approach pada tema
organ gerak hewan dan manusia dengan subtema organ gerak hewan di kelas V MI
telah memenuhi kriteria valid, prakis, dan efektif.

References

Benny, A. Pribadi, Desain dan Pengembangan

Program Pelatihan Berbasis Kompetensi

Implementasi Model ADDIE, (Jakarta:

Kencana, 2014), h. 23.

Departemen Agama Islam, Al-Qur’an dan

Terjemahnya (Surabaya: Sukses

Publishing, 2012).

Ismawati Nur (45 tahun), Guru Kelas V MI

Darul Hikmah Makassar, Wawancara,

Makassar, 10 Desember 2018.

Jihan Nabila, Strategi Pembelajaran Berbasis

Pendekatan Saintifik pada Materi

PelajaranPendidikan Agama Islam

(Yogyakarta: Diandra Creative, 2015).

Peraturan Menteri Pendidikan dan

Kebudayaan No. 65 Tahun 2013,

Standar Proses Pendidikan Dasar dan

Menengah.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.

Tahun 2013 h. 4.

Rafiqah, Pengembangan Perangkat

Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme

(Cet. I; (Makassar: Alauddin University

Press, 2013).

Rusman, Pembelajaran Tematik Terpadu

Teori, Praktik, dan Penelitian (Cet. II;

Jakarta: Rajawali Pers, 2015).

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan

Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan

R&D (Cet. XX; Bandung: Alfabeta,

, h. 407

Triyanto, Model Pembelajaran Terpadu dalam

Teori dan Praktek (Jakarta: PT. Prestasi

Pustakaryan, 2007), h. 68.

Tim Penyusun Pusat Bahasa Depdiknas,

Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi

Keempat (Jakarta: Gramedia Pustaka

Utama, 2008), h.1429

Vera Yuli Ervina, Pengembangan Perangkat

Pembelajaran Berbasis Sosiokultural

Bagi Siswa Sekolah Dasar (Yogyakarta:

Prima Edukasi, 2016), h. 5

Published
2020-02-03
Section
Artikel
Abstract viewed = 118 times