PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI SDIT WIHDATUL UMMAH MAKASSAR

Isi Artikel Utama

Sakina
Muljono Damopolii
Ahmad Afif

Abstrak

Pokok masalah dalam penelitian ini adalah pengembangan kecerdasan spiritual peserta
didik di SDIT Wihdatul Ummah Makassar. Penelelitian ini bertujuan: 1) mengetahui
metode pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik, 2) mengetahui pelaksanaan
pengembangan kecerdasan spiritual dalam kegiatan ekstrakurikuler peserta didik,
3)mengetahui ragam faktor pendukung dan penghambat pengembangan kecerdasan
spiritual peserta didik dan solusinya, 4) mengetahui hasil pengembangan kecerdasan
spiritual peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan
dalam bentuk studi kasus. Lokasi penelitian adalah SDIT Wihdatul Ummah Makassar.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi
dan penelusuran referensi. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan cara
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa: 1) Metode pengembangan kecerdasan spiritual diterapkan oleh
guru di SDIT Wihdatul Ummah Makassar, yaitu metode ceramah, metode kisah-kisah
spiritual, metode melibatkan peserta didik dalam ritual keagamaan, metode pemberian
tugas dan metode tanya jawab. 2) Pelaksanaan pengembangan kecerdasan spiritual
peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler di SDIT WIhdatul Makassar, yaitu tarbiyat
al-aula>d, tah}fi>z} al-Qur<’a>n, MABIT (Malam Bina Iman dan Takwa), dan
pramuka. 3) Faktor pendukung pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik
adalah kemampuan guru dan pengetahuan guru. Sedangkan faktor penghambat yaitu
lingkungan, pola pendidikan yang berbeda dan kurangnya respons dari orang tua
peserta didik. 4) Hasil pengembangan kecerdasan spiritual mampu memberikan
dampak yang positif bagi peserta didik seperti pemahaman akidah yang mereka
dapatkan sejak awal, menciptakan sikap yang rabbani pada peserta didik,
menumbuhkan tingkat kesadaran diri, mampu menumbuhkan kreativitas dalam upaya
pengembangan potensi diri, serta mampu mematuhi peraturan yang ada di sekolah.

Rincian Artikel

Bagian
Artikel