PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS II SDN BONTORAMBA GOWA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental desain yang bertujuan untuk mengetahui
kemampuan membaca permulaan peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media kartu kata
bergambar kelas II SDN Bontoramba Gowa, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
kemampuan membaca permulaan peserta didik setelah penggunaan media kartu kata bergambar
terhadap kelas II SDN Bontorampa Gowa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 15
orang peserta didik dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu tes dan observasi. Analisis
data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan aplikasi SPSS 20.0.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif, kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas II SDN
Bontoramba sebelum menggunakan media kartu kata bergambar nilai rata-rata nilai yang diperoleh
yakni 47,87. Sedangkan, kemampuan membaca permulaan peserta didik sesudah menggunakan media
kartu kata bergambar diperoleh nilai rata-rata yakni 66,87 dengan nilai maksimum 81 dan minimum
61 dan hasil tersebut berada pada kategori sedang. Berdasarkan uji regresi sederhana diperoleh nilai
signifikansi sebesar 0,007. Nilai signifikansi yang diperoleh tersebut lebih kecil dari š¯›¼ (0,007 < 0,05).
Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar
terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas II SDN Bontoramba Gowa. Implikasi
dari penelitian ini adalah guru diharapkan dapat menjadikan media ini salah satu media untuk
meningkatkan kemampuan membaca peserta didik.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Faktor Penyebab Rendahnya
Kemampuan Membaca. 13(1)
Anterior Jurnal. Anwar, Khairil. (2012). Kemampuan
Membaca Pemahaman Dalam
Pengembangan Anak. Vol. 3 (5) Junal
Pendidikan Dasar.
Arsyad, Azhar. (2015). Media Pembelajaran.
Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada.
Arikunto, Suharsimi. (2001). Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: Pustaka Press.
Dalman. (2014). Keterampilan Membaca.
Jakarta: Rajawali Press.
Depdiknas. (2003). UU RI No. 20 Tahun 2003
Jakarta : Depdiknas.
Hamid, Moh Soleh. (2011). Metode Edu
Trainment. Yogyakarta: DIVA Press.
Hasan, M. Iqbal. (2015). Pokok ā€“ Pokok Materi
Statistik 2 (Statistik Inferinsif). Cet. VII.
Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Halimah Andi. (2014). Metode Pembelajaran
Membaca dan Menulis Permulaan di
SD/MI. 1 (4) Auladuna: Jurnal
Pendidikan Dasar Islam.
Idris H, Meity dan Izul Ramdani. (2014).
Menumbuhkan Minat Membaca Pada
Anak Usia Dini Jakarta: Team Redaksi
Luxima.
Kementerian Agama. (2013). Al-Qurā€™an dan
Terjemahnya. Surabaya : Halim.
Musodah, Ari. (2014). Peningkatan
Kemampuan Membaca Permulaan
Melalui Media Kartu Kata Bergambar
Pada Anak Kelompok B2 Ra Maā€™arif Nu
Karang Tengah Kertanegara Purbalingga
skripsi. Yogyakarta: Universitas
Negeri Yogyakarta.
Muhlison. (2014). Guru Profesional Sebuah
Karakter Guru Ideal Dalam Pendidikan
Islam. Jurnal Darul Ilmi. Vol. 2. No.
2.
Mustamin, Khalifah Muh. (2005). Metode
Penelitian Pendidikan Cet 1:
Yogyakarta: Aynat Publisshing.
Rahayu, s. (2018). Penggunaan Media Karatu
Kata Bergambar Dalam
Meningkatkan Kosa Kata siswa
DownSyndrom 5 (2). Jurnal
Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Syah Muhibbin. (2002). Psikologi Belajar.
Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Suryabrata, Sumadi. (2015). Metode Penelitian.
Jakarta: Rajawali Press.
Safruddin, Maulidyah. (2020). Efektivitas
Pembelajaran Metode Struktural Analitik
Sintetis (SAS) terhadap Kemampuan
Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas
II SDN Rappocini Makassar. Jurnal
Ilmiah Madrasah Ibtidaiyah.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian
Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta CV.
Susanti, Tri Dkk. Penggunaan Media
Pembelajaran Biologi Oleh Guru Ilmu
Pengetahuan Alam Tingkat Madrasah
Tsanawiah Negeri Kota Jambi. Jurusan
Pendidikan Biologi. FTK UINAM.
Tampubolon. (2008). Mengembangkan Minat
dan Kebiasaan Membaca Pada Anak.
Bandung: Angkasa.
Wulandari, Marlina. (2014). Meningkatkan
Kemampuan Membaca Permulaan
Menggunakan Media Kartu Kata
Bergambar Untuk Anak Kelompok B di
TK Arjuna Dayu Gading Sari Sanden
Bantul skripsi. Yogyakarta: Universitas
Negeri Yogyakarta.
Yushalihin, Budi Lalu. (2017). Penggunaan
Kartu Kata Untuk Meningkatkan
Kemampuan Membaca Permulaan
Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Siswa Kelas II SDN Kilang Kecamatan
Montong Gading Kabupaten Lombok
Timur.