PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS II SDN BONTORAMBA GOWA

  • Mawarni Auliah Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Andi Halimah Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Umar Sulaiman Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • M Mirza Fatahullah Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental desain yang bertujuan untuk mengetahui
kemampuan membaca permulaan peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media kartu kata
bergambar kelas II SDN Bontoramba Gowa, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
kemampuan membaca permulaan peserta didik setelah penggunaan media kartu kata bergambar
terhadap kelas II SDN Bontorampa Gowa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 15
orang peserta didik dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu tes dan observasi. Analisis
data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan aplikasi SPSS 20.0.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif, kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas II SDN
Bontoramba sebelum menggunakan media kartu kata bergambar nilai rata-rata nilai yang diperoleh
yakni 47,87. Sedangkan, kemampuan membaca permulaan peserta didik sesudah menggunakan media
kartu kata bergambar diperoleh nilai rata-rata yakni 66,87 dengan nilai maksimum 81 dan minimum
61 dan hasil tersebut berada pada kategori sedang. Berdasarkan uji regresi sederhana diperoleh nilai
signifikansi sebesar 0,007. Nilai signifikansi yang diperoleh tersebut lebih kecil dari š¯›¼ (0,007 < 0,05).
Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar
terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas II SDN Bontoramba Gowa. Implikasi
dari penelitian ini adalah guru diharapkan dapat menjadikan media ini salah satu media untuk
meningkatkan kemampuan membaca peserta didik.

References

Afrom, Ichyatul. (2013). Studi Tentang

Faktor Penyebab Rendahnya

Kemampuan Membaca. 13(1)

Anterior Jurnal. Anwar, Khairil. (2012). Kemampuan

Membaca Pemahaman Dalam

Pengembangan Anak. Vol. 3 (5) Junal

Pendidikan Dasar.

Arsyad, Azhar. (2015). Media Pembelajaran.

Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada.

Arikunto, Suharsimi. (2001). Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: Pustaka Press.

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca.

Jakarta: Rajawali Press.

Depdiknas. (2003). UU RI No. 20 Tahun 2003

Jakarta : Depdiknas.

Hamid, Moh Soleh. (2011). Metode Edu

Trainment. Yogyakarta: DIVA Press.

Hasan, M. Iqbal. (2015). Pokok ā€“ Pokok Materi

Statistik 2 (Statistik Inferinsif). Cet. VII.

Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Halimah Andi. (2014). Metode Pembelajaran

Membaca dan Menulis Permulaan di

SD/MI. 1 (4) Auladuna: Jurnal

Pendidikan Dasar Islam.

Idris H, Meity dan Izul Ramdani. (2014).

Menumbuhkan Minat Membaca Pada

Anak Usia Dini Jakarta: Team Redaksi

Luxima.

Kementerian Agama. (2013). Al-Qurā€™an dan

Terjemahnya. Surabaya : Halim.

Musodah, Ari. (2014). Peningkatan

Kemampuan Membaca Permulaan

Melalui Media Kartu Kata Bergambar

Pada Anak Kelompok B2 Ra Maā€™arif Nu

Karang Tengah Kertanegara Purbalingga

skripsi. Yogyakarta: Universitas

Negeri Yogyakarta.

Muhlison. (2014). Guru Profesional Sebuah

Karakter Guru Ideal Dalam Pendidikan

Islam. Jurnal Darul Ilmi. Vol. 2. No.

Mustamin, Khalifah Muh. (2005). Metode

Penelitian Pendidikan Cet 1:

Yogyakarta: Aynat Publisshing.

Rahayu, s. (2018). Penggunaan Media Karatu

Kata Bergambar Dalam

Meningkatkan Kosa Kata siswa

DownSyndrom 5 (2). Jurnal

Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Syah Muhibbin. (2002). Psikologi Belajar.

Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suryabrata, Sumadi. (2015). Metode Penelitian.

Jakarta: Rajawali Press.

Safruddin, Maulidyah. (2020). Efektivitas

Pembelajaran Metode Struktural Analitik

Sintetis (SAS) terhadap Kemampuan

Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas

II SDN Rappocini Makassar. Jurnal

Ilmiah Madrasah Ibtidaiyah.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian

Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta CV.

Susanti, Tri Dkk. Penggunaan Media

Pembelajaran Biologi Oleh Guru Ilmu

Pengetahuan Alam Tingkat Madrasah

Tsanawiah Negeri Kota Jambi. Jurusan

Pendidikan Biologi. FTK UINAM.

Tampubolon. (2008). Mengembangkan Minat

dan Kebiasaan Membaca Pada Anak.

Bandung: Angkasa.

Wulandari, Marlina. (2014). Meningkatkan

Kemampuan Membaca Permulaan

Menggunakan Media Kartu Kata

Bergambar Untuk Anak Kelompok B di

TK Arjuna Dayu Gading Sari Sanden

Bantul skripsi. Yogyakarta: Universitas

Negeri Yogyakarta.

Yushalihin, Budi Lalu. (2017). Penggunaan

Kartu Kata Untuk Meningkatkan

Kemampuan Membaca Permulaan

Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Siswa Kelas II SDN Kilang Kecamatan

Montong Gading Kabupaten Lombok

Timur.

Published
2021-08-15
Section
Artikel
Abstract viewed = 259 times