PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PESERTA DIDIK SDN KABUPATEN ENREKANG

Main Article Content

Elsi Elsi
Muhammad Shabir U
Andi Hasrianti

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui penguasaan kosakata bahasa Indonesia peserta didik di kelas III SDN 10 Redak Kabupaten Enrekang, (2) mengetahui kemampuan menulis
cerita peserta didik di kelas III SDN 10 Redak Kabupaten Enrekang, (3) menganalisis pengaruh penguasaan kosakata bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis cerita
peserta didik di kelas III SDN 10 Redak Kabupaten Enrekang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh peserta didik kelas III SDN 10 Redak Kabupaten Enrekang. Sampel dipilih menggunakan teknik sampling jenuh, sehingga sampel dalam penlitian ini adalah seluruh
populasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan ganda untuk penguasaan kosakata bahasa Indonesia dan soal esai untuk kemampuan menulis cerita peserta didik
kelas III SDN 10 Redak, Kabupaten Enrekang. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil yang
diperoleh adalah penguasaan kosakata bahasa Indonesia peserta didik kelas III SDN 10 Redak Kabupaten Enrekang berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata sebesar
74,15 dan kemampuan menulis cerita peserta didik kelas III SDN 10 Redak Kabupaten Enrekang berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 74,10. Kemudian, hasil
analisis statistik inferensil diperoleh fhit = 7,123 dengan taraf signifikannya 0,016 < 0,05, maka dari itu H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh penguasaan
kosakata bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis cerita peserta didik kelas III SDN 10 Redak Kabupaten Enrekang.

Article Details

How to Cite
Elsi, E., Shabir U, M., & Hasrianti, A. (2023). PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PESERTA DIDIK SDN KABUPATEN ENREKANG. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 5(2), 147-154. https://doi.org/10.24252/jipmi.v5i2.40042
Section
Artikel