PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI

  • Fitrani Azis Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Muhammad Shabir U Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Andi Halimah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here terhadap kemampuan menulis narasi pada peserta didik kelas V SD Negeri
Salubiru Kabupaten Mamuju. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis narasi peserta didik kelompok yang menggunakan
strategi pembelajaran everyone is a teacher here di kelas V SD Negeri Salubiru Kabupaten Mamuju. 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis narasi peserta didik
kelompok yang tidak menggunakan strategi pembelajaran everyone is a teacher here di kelas V SD Negeri Salubiru Kabupaten Mamuju. 3) Menguji seberapa besar pengaruh
penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here terhadap kemampuan menulis narasi peserta didik kelas V SD Negeri Salubiru Kabupaten Mamuju. Jenis penelitian ini
adalah eksperimen dengan desain penelitian intact-group comparison design. Populasi penelitian ini berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teknik sampel jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Instrument yang digunakan adalah tes dalam bentuk penilaian kinerja. Teknik analisis
data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisi inferensial. Penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan menulis narasi peserta didik pada
kelompok eksperimen nilai pretest diperoleh rata-rata sebesar 54,20 dengan kategori cukup dan nilai posttest sebesar 79,60 yang menunjukkan kategori sangat baik.
Sedangkan peningkatan kemampuan menulis narasi peserta didik pada kelompok kontrol setelah pretest diperoleh rata-rata sebesar 51,33 pada kategori kurang sementara
rata-rata posstest sebesar 59,06 yang menunjukkan kategori cukup. Berdasarkan hasil analisi data diperoleh nilai Thitung= 2.365 > Ttabel= 1.701dengan nilai R Square 0.301 atau
30.1% maka dapat dikatakan terdapat pengatuh penerapan strategi pembelajaran ETH terhadap kemampuan menulis narasi pada kelas V SD Negeri Salubiru Kabupaten
Mamuju.

Published
2024-07-29
Section
Artikel
Abstract viewed = 7 times