ANALISIS PENGGUNAAN DIKSI DAN TANDA BACA PADA TEKS DESKRIPTIF PESERTA DIDIK KELAS V SDN 1 ARAWA KABUPATEN SIDRAP KECAMATAN WATANG PULU

  • Ulul Azmi Ahmad Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Marjuni marjuni Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Andi Halimah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui penggunaan diksi pada teks deskriptif peserta didik kelas V di SDN 1 Arawa Kabupaten Sidrap, dan 2) untuk
mengetahui penggunaan tanda baca pada teks deskriptif peserta didik kelas V SDN 1 Arawa Kabupaten Sidrap. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang menggunakan
metode analisis deskriptif. Penelitian yang berlokasi di SDN 1 Arawa Kabupaten Sidrap dilakukan sejak 27 Mei hingga 10 Juni 2023. Data dikumpulkan dengan melakukan
serangkaian pengamatan dan wawancara mendalam kepada 20 orang peserta didik kelas V di SDN 1 Arawa Sidrap yang terdiri dari 10 peserta didik laki-laki dan 10
peserta didik perempuan. Hasil dari penelitian ini adalah masih banyaknya peserta didik yang masih belum mengerti penggunaan diksi seperti kata-kata yang bersinonim,
pilihan kata yang tidak tepat, kata baku dan non baku, serta kata imbuhan. Peneliti juga menyadari bahwa penggunaan tanda baca titik dan tanda baca koma masih terdapat
banyak kesalahan.

Published
2024-07-29
Section
Artikel
Abstract viewed = 7 times