PERBANDINGAN KEMAMPUAN MEMBACA SURAH-SURAH PENDEK PESERTA DIDIK KELAS III YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN MEDIA CETAK

  • Nur Anisa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Ilyas Ilyas Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Andi Halimah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Muhammad Yahdi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan membaca surah-surah
pendek peserta didik antara yang diajar dengan menggunakan media audio visual dan
yang diajar dengan menggunakan media cetak peserta didik kelas III MIN Sepabatu
Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian yang digunakan adalah
eksperimen komparatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas III
berjumlah 54 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes. Teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil
penelitian yang diperoleh: (1) Nilai rata-rata kemampuan membaca surah-surah
pendek peserta didik yang diajar dengan media audio visual lebih tinggi dibandingkan
tanpa menggunakan media, (2) Nilai rata-rata kemampuan membaca surah-surah
pendek peserta didik yang diajar dengan media cetak lebih tinggi dibandingkan tanpa
menggunakan media, dan (3) terdapat perbedaan signifikan dari penggunaan media
audio visual dan media cetak terhadap kemampuan membaca surah-surah pendek
peserta didik. Implikasi Penelitian ini menunjukkan bahwa media audio visual dan
media cetak dapat meningkatkan kemampuan membaca surah-surah pendek peserta
didik.

Published
2023-02-01
Section
Artikel
Abstract viewed = 64 times