PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS V MIN 1 KOTA MAKASSAR

Isi Artikel Utama

Fatmawati Fatmawati
Muhammad Yahdi
Andi Halimah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penggunaan LKPD pada mata pelajaran
Bahasa Indonesia kelas V MIN 1 Kota Makassar, (2) Hasil belajar Bahasa Indonesia dengan
menggunakan LKPD kelas V MIN 1 Kota Makassar, (3) Pengaruh penggunaan LKPD
terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas V MIN 1 Kota Makassar. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian ex post facto. Populasi pada penelitian ini berjumlah 30 orang
peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, dan dokumentasi. Data tersebut
kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Berdasarkan
hasil analisis data dengan menggunakan uji deskriptif, maka disimpulkan bahwa hasil angket
mengenai penggunaan LKPD pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dinilai oleh peserta
didik pada kategori sedang sebanyak 60% atau 18 orang, termasuk pada kategori tinggi
ditanggapi sebanyak 26.7% atau 8 orang dan pada kategori rendah sebanyak 13.3% atau 4
peserta didik. Hasil belajar peserta didik dengan penggunaan LKPD pada mata pelajaran
Bahasa Indonesia pada kategori sedang sebanyak 60% atau 18 orang, kategori tinggi sebanyak
30% atau 9 orang dan pada kategori rendah sebanyak 10% atau 3 peserta didik. Jika
dikategorikan dalam ketuntasan belajar, maka diperoleh kategori sedang. Berdasarkan hasil
analisis regresi sederhana pada kedua variabel penggunaan LKPD dan hasil belajar peserta
didik bahwa terdapat pengaruh signifikan dan positif. Adapun besar pengaruh yaitu sebesar
27.7%, dengan koefisien korelasi antara penggunaan LKPD dan hasil belajar peserta didik
positif antara penggunaan LKPD dan hasil belajar peserta didik. Penggunaan LKPD
ditingkatkan membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Rincian Artikel

Bagian
Artikel

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

1 2 > >>