PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MIN 3 LUWU KABUPATEN LUWU

Main Article Content

Indo Tang
Safei Safei
Thamrin Tayeb
Suarti Suarti

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengatahui bagaimana kompetensi sosial guru di kelas
V MIN 3 Luwu Kabupaten Luwu, 2) Untuk mengetahui bagaimana kompetensi social
guru terhadap mata pelajaran matematika peserta didik kelas V di MIN 3 Luwu
Kabupaten Luwu, 3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan
kompetensi social guru dengan hasil belajar peserta didik kelas V di MIN 3 Luwu.
Penelitian ini merupakan kuantitatif dengan jenis Ex-postfacto. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa 1) Deskripsi Kompetensi sosial guru Matematika kelas V MIN 3
Luwu berkategori tinggi dengan persentase 62%. 2) Deskripsi hasil belajar peserta didik
kelas V di MIN 03 Luwu Kab. Luwu, dengan memperhatikan 26 peserta didik sebagai
sample dapat di ketahui bahwa 4 orang (15 %) berada pada kategori rendah, 9 orang (35
%) berada pada kategori sedang, dan13 orang (50%) peserta didik berada pada kategori
tinggi. Dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 76. Dapat disimpulkan bahwa
kompetensi sosial guru Matematika kelas V MIN 3 Luwu berkategori sedang dengan
persentase 35 %. 3) Berdasarkan hasil uji regresi yang dilakukan, konstanta dan koefisien
persamaan diperoleh dari kolom B, Sehingga persamaan regresi : Y= 118,204 + 0,698X.
Dari analisis diperoleh ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก = 2.646 dan p- value = 0.014> 0.05 atau ๐ป0 ditolak. Dengan
demikan kompetensi sosial guru berpengaruh terhadap hasil belajar matematika peserta
didik kelas V MIN 3 Luwu Kabupaten Luwu

Article Details

How to Cite
Tang, I., Safei, S., Tayeb, T., & Suarti, S. (2020). PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MIN 3 LUWU KABUPATEN LUWU. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 1(2). https://doi.org/10.24252/jipmi.v1i2.12400
Section
Artikel

References

Alma Buchari. 2012. Guru Profesional. Cet. II.
Bandung: Alfabeta.
Asril Zainal. 2011. Microtheaching. Cet. III.
Jakarta: PT. Raja Gafindo Persada.
B. Hamzah. 2009. Profesi Kependidikan. Cet. IV.
Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Djamarah Syarif Bahri. 1991. Prestasi Belajar
dan Kompetensi Mengajar. Surabaya:
Usaha Nasional.
Dede rosyada. 2007. Paradigma Pendudikan
Demokrasi Cet. III. Jakarta: Kencana.
Janawi. 2011. Kompetensi Guru Citra Guru
Profesional Cet. II. Bandung: Alfabeta.
Kunandar. 2008. Guru Profesional Implementasi
Kurikulum tingkat satuan pendidikan dan
Sukses dalam Sertifikasi Guru. Cet. I.
Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Musfiqon, 2012. Metodologi Penelitian
Pendidikan, Cet I; Jakarta: Prestasi
Pustaka Publisher.
Rahman, Abd. 2015.Getteng. Menuju Guru
Professional dan Ber-Etika Cet. X;
Yoyakarta: Graha Guru.
Ramyulis. 2016. Profesi dan Etika Keguruan.
Jakarta: Kalam Mulia.
Republik Indonesia. 2011. โ€œUndang-Undang
RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasionalโ€ dalam
Undang-Undang Sestem Pendidikan
Nasional. Cet. IV. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Ruhimat Toto. 2016. Kurikulum dan
Pembelajaran Cet. V. Jakata: PT Raja
Grafindo Persada.
Sanjaya Wina. 2008. Kurikulum dan
Pembelajaran: Teori dan Praktik
Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP). Cet. I. Kencana.
Sugiyono. 2013. Model Penelitian Pendidikan.
Cet. XVI. Bandung: Alfabeta.
Sugiyoni. 2008. Metode Penelitian Adminstrasi.
Cet. V. Bandung: Alfabeta.
Syaefudin Udin. 2011. Pengembangan Profesi
Guru. Cet. I. Bandung: Alfabeta