PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MIN 3 LUWU KABUPATEN LUWU

  • Indo Tang Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Safei Safei Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Thamrin Tayeb Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Suarti Suarti Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengatahui bagaimana kompetensi sosial guru di kelas
V MIN 3 Luwu Kabupaten Luwu, 2) Untuk mengetahui bagaimana kompetensi social
guru terhadap mata pelajaran matematika peserta didik kelas V di MIN 3 Luwu
Kabupaten Luwu, 3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan
kompetensi social guru dengan hasil belajar peserta didik kelas V di MIN 3 Luwu.
Penelitian ini merupakan kuantitatif dengan jenis Ex-postfacto. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa 1) Deskripsi Kompetensi sosial guru Matematika kelas V MIN 3
Luwu berkategori tinggi dengan persentase 62%. 2) Deskripsi hasil belajar peserta didik
kelas V di MIN 03 Luwu Kab. Luwu, dengan memperhatikan 26 peserta didik sebagai
sample dapat di ketahui bahwa 4 orang (15 %) berada pada kategori rendah, 9 orang (35
%) berada pada kategori sedang, dan13 orang (50%) peserta didik berada pada kategori
tinggi. Dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 76. Dapat disimpulkan bahwa
kompetensi sosial guru Matematika kelas V MIN 3 Luwu berkategori sedang dengan
persentase 35 %. 3) Berdasarkan hasil uji regresi yang dilakukan, konstanta dan koefisien
persamaan diperoleh dari kolom B, Sehingga persamaan regresi : Y= 118,204 + 0,698X.
Dari analisis diperoleh ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก = 2.646 dan p- value = 0.014> 0.05 atau ๐ป0 ditolak. Dengan
demikan kompetensi sosial guru berpengaruh terhadap hasil belajar matematika peserta
didik kelas V MIN 3 Luwu Kabupaten Luwu

References

Alma Buchari. 2012. Guru Profesional. Cet. II.

Bandung: Alfabeta.

Asril Zainal. 2011. Microtheaching. Cet. III.

Jakarta: PT. Raja Gafindo Persada.

B. Hamzah. 2009. Profesi Kependidikan. Cet. IV.

Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Djamarah Syarif Bahri. 1991. Prestasi Belajar

dan Kompetensi Mengajar. Surabaya:

Usaha Nasional.

Dede rosyada. 2007. Paradigma Pendudikan

Demokrasi Cet. III. Jakarta: Kencana.

Janawi. 2011. Kompetensi Guru Citra Guru

Profesional Cet. II. Bandung: Alfabeta.

Kunandar. 2008. Guru Profesional Implementasi

Kurikulum tingkat satuan pendidikan dan

Sukses dalam Sertifikasi Guru. Cet. I.

Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Musfiqon, 2012. Metodologi Penelitian

Pendidikan, Cet I; Jakarta: Prestasi

Pustaka Publisher.

Rahman, Abd. 2015.Getteng. Menuju Guru

Professional dan Ber-Etika Cet. X;

Yoyakarta: Graha Guru.

Ramyulis. 2016. Profesi dan Etika Keguruan.

Jakarta: Kalam Mulia.

Republik Indonesia. 2011. โ€œUndang-Undang

RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang

Sistem Pendidikan Nasionalโ€ dalam

Undang-Undang Sestem Pendidikan

Nasional. Cet. IV. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Ruhimat Toto. 2016. Kurikulum dan

Pembelajaran Cet. V. Jakata: PT Raja

Grafindo Persada.

Sanjaya Wina. 2008. Kurikulum dan

Pembelajaran: Teori dan Praktik

Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan

Pendidikan (KTSP). Cet. I. Kencana.

Sugiyono. 2013. Model Penelitian Pendidikan.

Cet. XVI. Bandung: Alfabeta.

Sugiyoni. 2008. Metode Penelitian Adminstrasi.

Cet. V. Bandung: Alfabeta.

Syaefudin Udin. 2011. Pengembangan Profesi

Guru. Cet. I. Bandung: Alfabeta

Published
2020-02-03
Section
Artikel
Abstract viewed = 155 times