PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MIN 1 KOTA MAKASSAR

  • Nuraniatun Nuraniatun Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Thamrin Tayeb Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Safei, Safei, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Suarti Suarti Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Muh. Sain Hanafy Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana kompetensi pedagogik guru
matematika kelas V MIN 1 Kota Makassar, bagaimana hasil belajar
matematika peserta didik kelas V MIN 1 Kota Makassar, dan bagaimana
pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar peserta didik kelas
V MIN 1 Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar matematika peserta didik
MIN 1 Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian expost facto.
Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas V MIN 1 Kota Makassar
berjumlah 30 peserta didik, sampel pada penelitian ini keseluruhan dari
populasi. Instrumen dalam penelitian adalah pedoman angket dan studi
dokumentasi. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan analisis
deskriptif secara manual, maka dapat disimpulkan bahwa kompetensi
pedagogik guru MIN 1 Kota Makassar berkategori tinggi dengan presentase
43%. Sedangkan hasil belajar peserta didik kelas V berada pada kategori tinggi
dengan presentase 50%. Berdasarkan analis data inferensial menggunakan
aplikasi SPSS versi 23, dalam melakukan uji normalitas memperoleh nilai
signifikansi Asiymp.sig (2-tailed) sebesar 0,200 lebih besar dari 0,05, maka
sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dalam uji normalitas kolmogorovsmirnov,
dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Untuk uji
linearitas nilai yang diperoleh nilai sig (signifikansi) dan Deviation from Linearity
lebih besar dari 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa ada hubungan linear
secara signifikan antara variabel kompetensi pedagogik (X) guru dengan
variabel hasil belajar (Y) karena nilai sig. deviation from linearity > nilai α (
0,121> 0,05). Persamaan regresi diperoleh Y= 122,192 + 0,461X. Dari analisis
diperoleh p- value = 0.043<0.05. Dari hasil pengujian hipotesis yang
memperlihatkan bahwa nilai yang diperoleh dari hasil p-value lebih kecil dari
nilai taraf signifikan(0,043< 0,05) maka H0 ditolak. Dengan demikian,
keputusan pengujian ini adalah menolak H0yang berarti terdapat pengaruh
antara kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar peserta didik MIN 1
Kota Makassar.

References

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu

Pendekatan Praktek.Cet.l; Jakarta:

Rineka Cipta, 2002.

Sumadi Suryabrata, Psikologi Pendidikan.

Jakarta:RajaGrafindo Persada, 2013.

Tukiran, Taniredja dan Mustafida

Hidayati.penelitian kuantitatif (sebuah

pengantar).Cet;Bandung: Alfabeta,

Drajat, Manpan &effendi M.ridwan.Etika

profesi Guru.Bandung,Alfabeta.

Hasbullah.Dasar-Dasar Ilmu

Pendidikan.rajawali pers,2013.

Kurniawan,Deni. Pembelajaran Terpadu

Tematik( Teori, praktik dan penilaian)

. Bandung: Alfabeta, 2014.

Suryabrata,Sumadi. Psikologi Pendidikan.

Jakarta:RajaGrafindo Persada,

Undang-undang RI Nomor 14 tahun 2005

tentang Guru dan Dosen, Bab I,

pasal 1, ayat 10.

Getteng, Abd.Rahman. Menuju Guru

Professional Dan Ber-Etika. Cet. X;

Yoyakarta: Graha Guru, 2015.

Putra, FauziEka, “Kompetensi Komunikasi

Pustakawan di Perpustakaan

Universitas Islam Negeri Sumatra

Udara Medan, Jurnal Iqra. 11, No. 2

Syaefudin,Udin. Pengembangan Profesi

Guru.Cet I; Bandung: Alfabeta, 2011.

Rosyada, Dede. Paradigma Pendudikan

Demokrasi. Cet. III; Jakarta: Kencana,

Sugioyono. Metode Penelitian Pendidikan.

Tukiran, Taniredja dan Hidayati

Mustafida.penelitian kuantitatif

(sebuah pengantar). cet l;Bandung:

Alfabeta,2011.

Mushaf Aisyah Qur’an dan Terjemahan

wanita.Bandungpenerbit jabal:

Yayasan penyelenggara dan

penerjemah/ penafsir Alqur’an

Departemen Agama RI.

R. Gunawan. Analisis Regresi Linier Ganda

dalam SPSS . Yogyakarta: Graha ilmu

Sadulloh, Uyoh,dkk. Pedagogik ilmu

Mendidik.Bandung : Alfabeta,2015.

Subana, dkk, Statistik Pendidikan Cet.10;

Bandung: CV Pustaka Setia, 2000.

M. Iqbal Hasan, Pokok-Pokok Materi Stastistik

(Statistik Inferensif) (Cet. VII : Jakarta;

Bumi aksara, 2012.

Syofian Siregar, statistika deskriptif untuk

penelitian, Jakarta Raja Grafindo

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif,

Kuaalitatif, dan R&D

Published
2020-02-18
Section
Artikel
Abstract viewed = 162 times