PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MIN 1 KOTA MAKASSAR

Main Article Content

Nuraniatun Nuraniatun
Thamrin Tayeb
Safei, Safei,
Suarti Suarti
Muh. Sain Hanafy

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana kompetensi pedagogik guru
matematika kelas V MIN 1 Kota Makassar, bagaimana hasil belajar
matematika peserta didik kelas V MIN 1 Kota Makassar, dan bagaimana
pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar peserta didik kelas
V MIN 1 Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar matematika peserta didik
MIN 1 Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian expost facto.
Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas V MIN 1 Kota Makassar
berjumlah 30 peserta didik, sampel pada penelitian ini keseluruhan dari
populasi. Instrumen dalam penelitian adalah pedoman angket dan studi
dokumentasi. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan analisis
deskriptif secara manual, maka dapat disimpulkan bahwa kompetensi
pedagogik guru MIN 1 Kota Makassar berkategori tinggi dengan presentase
43%. Sedangkan hasil belajar peserta didik kelas V berada pada kategori tinggi
dengan presentase 50%. Berdasarkan analis data inferensial menggunakan
aplikasi SPSS versi 23, dalam melakukan uji normalitas memperoleh nilai
signifikansi Asiymp.sig (2-tailed) sebesar 0,200 lebih besar dari 0,05, maka
sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dalam uji normalitas kolmogorovsmirnov,
dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Untuk uji
linearitas nilai yang diperoleh nilai sig (signifikansi) dan Deviation from Linearity
lebih besar dari 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa ada hubungan linear
secara signifikan antara variabel kompetensi pedagogik (X) guru dengan
variabel hasil belajar (Y) karena nilai sig. deviation from linearity > nilai α (
0,121> 0,05). Persamaan regresi diperoleh Y= 122,192 + 0,461X. Dari analisis
diperoleh p- value = 0.043<0.05. Dari hasil pengujian hipotesis yang
memperlihatkan bahwa nilai yang diperoleh dari hasil p-value lebih kecil dari
nilai taraf signifikan(0,043< 0,05) maka H0 ditolak. Dengan demikian,
keputusan pengujian ini adalah menolak H0yang berarti terdapat pengaruh
antara kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar peserta didik MIN 1
Kota Makassar.

Article Details

How to Cite
Nuraniatun, N., Tayeb, T., Safei, S., Suarti, S., & Hanafy, M. S. (2020). PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MIN 1 KOTA MAKASSAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 2(1). https://doi.org/10.24252/jipmi.v2i1.12590
Section
Artikel

References

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktek.Cet.l; Jakarta:
Rineka Cipta, 2002.
Sumadi Suryabrata, Psikologi Pendidikan.
Jakarta:RajaGrafindo Persada, 2013.
Tukiran, Taniredja dan Mustafida
Hidayati.penelitian kuantitatif (sebuah
pengantar).Cet;Bandung: Alfabeta,
2011.
Drajat, Manpan &effendi M.ridwan.Etika
profesi Guru.Bandung,Alfabeta.
Hasbullah.Dasar-Dasar Ilmu
Pendidikan.rajawali pers,2013.
Kurniawan,Deni. Pembelajaran Terpadu
Tematik( Teori, praktik dan penilaian)
. Bandung: Alfabeta, 2014.
Suryabrata,Sumadi. Psikologi Pendidikan.
Jakarta:RajaGrafindo Persada,
2013.
Undang-undang RI Nomor 14 tahun 2005
tentang Guru dan Dosen, Bab I,
pasal 1, ayat 10.
Getteng, Abd.Rahman. Menuju Guru
Professional Dan Ber-Etika. Cet. X;
Yoyakarta: Graha Guru, 2015.
Putra, FauziEka, “Kompetensi Komunikasi
Pustakawan di Perpustakaan
Universitas Islam Negeri Sumatra
Udara Medan, Jurnal Iqra. 11, No. 2
2017.
Syaefudin,Udin. Pengembangan Profesi
Guru.Cet I; Bandung: Alfabeta, 2011.
Rosyada, Dede. Paradigma Pendudikan
Demokrasi. Cet. III; Jakarta: Kencana,
2007.
Sugioyono. Metode Penelitian Pendidikan.
Tukiran, Taniredja dan Hidayati
Mustafida.penelitian kuantitatif
(sebuah pengantar). cet l;Bandung:
Alfabeta,2011.
Mushaf Aisyah Qur’an dan Terjemahan
wanita.Bandungpenerbit jabal:
Yayasan penyelenggara dan
penerjemah/ penafsir Alqur’an
Departemen Agama RI.
R. Gunawan. Analisis Regresi Linier Ganda
dalam SPSS . Yogyakarta: Graha ilmu
2005.
Sadulloh, Uyoh,dkk. Pedagogik ilmu
Mendidik.Bandung : Alfabeta,2015.
Subana, dkk, Statistik Pendidikan Cet.10;
Bandung: CV Pustaka Setia, 2000.
M. Iqbal Hasan, Pokok-Pokok Materi Stastistik
2 (Statistik Inferensif) (Cet. VII : Jakarta;
Bumi aksara, 2012.
Syofian Siregar, statistika deskriptif untuk
penelitian, Jakarta Raja Grafindo
2010.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif,
Kuaalitatif, dan R&D