ALIH KODE DAN CAMPUR KODE (ANALISIS INTERAKSI GURU DAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA)

  • Ainun Najib Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Andi Halimah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • A. Marjuni Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena bahasa alih kode dan campur
kode pada pembelajaran bahasa Indonesia di SDN Karumbu Kecamatan Langgudu
Kabupaten Bima dan penelitian ini juga mendeskripsikan tentang faktor dan wujudwujud
alih kode serta campur kode yang terjadi selama pembelajaran bahasa Indonesia
berlangsung di kelas VI SDN Karumbu Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis.
Sumber data dalam penelitian ini adalah bahasa atau tuturan guru dan peserta didik
berupa kata dan kalimat yang mengandung fenomena alih kode dan campur kode.
Instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Simpulan bahwa wujud alih kode yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran adalah wujud alih kode dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa daerah
(Bima). Sementara itu, wujud campur kode yang muncul adalah berupa campur kode
dari bahasa Indonsia ke dalam bahasa daerah. Pemakaian bahasa Bima nampak
dominan dalam peristiwa alih kode dan campur kode. Faktor penentu yang menonjol
mempengaruhi peristiwa alih kode dan campur kode adalah adanya kebiasaan penutur,
lawan tutur dan kurangnya penguasaan kosa kata peserta didik.

Published
2023-02-01
Section
Artikel
Abstract viewed = 58 times