PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MIND MAPPING PADA MATERI POKOK PIKIRAN KELAS V MIS MADANI ALAUDDIN MAKASSAR

Main Article Content

Zulawaliah Zulawaliah
Misykat Malik Ibrahim
Hamsiah Djafar
Andi Halimah
Suarti Suarti

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan, yang menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V MIS Madani Alauddin
Makassar pada tema “Organ Gerak Hewan dan Manusia”, Materi “Pokok Pikiran”, dengan 3 pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana
mengembangan lembar kerja peserta didik berbasis mind mapping pada materi pokok pikiran mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V MIS Madani Alauddin Makassar yang valid, efektif, dan praktis. Pengembangan LKPD Mata Pelajaran Bahasa Indonesia mengacu pada model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan & Sammel yaitu: (1) tahap pendefinisian (define), (2) tahap perancangan (design) (3) tahap pengembangan (develop), dan (4) tahap penyebaran (disseminate) yang dilaksanakan di kelas V SDIT Takwa Cendekia Makassar. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yakni lembar validasi ahli LKPD, angket respon guru dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kevalidan, analisis data kepraktisan dan analisis data keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V MIS Madani Alauddin Makassar memenuhi kriteria valid dengan nilai rata-rata 3,74. Sedangkan untuk kepraktisan LKPD diperoleh dari angket respon guru terhadap LKPD dengan nilai rata-rata 4 dipandang praktis. Untuk uji keefektifan LKPD diperoleh nilai rata-rata ketuntasan hasil belajar sebesar 80 % berada pada kategori sangat tinggi dan tuntas secara klasikal.

Article Details

Section
Artikel