PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) BERBASIS LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS

  • Selfiyanti Selfiyanti Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • St. Syamsuduha Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Suarti Suarti Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan hasil belajar IPAS pada pokok bahasan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya yang diajar menggunakan model
pembelajaran Children Learning In Science Berbasis LKPD di SDN Centre Mawang, (2) Mendeskripsikan hasil belajar IPAS pada pokok bahasan bagian-bagian tumbuhan dan
fungsinya yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional di SDN Centre Mawang, (3) Menguji perbedaan hasil belajar IPAS yang diajar menggunakan model
pembelajaran Children Learning In Science berbasis LKPD dan model pembelajaran konvensional di SDN Centre Mawang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian
True Experiment Design, dengan desain Post test Only Control Group Design. Dan teknik pengambilan sampling yaitu multi stage sampling dari jumlah populasi 105 peserta didik
dan jumlah sampel yang diambil berjumlah 59 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial. Dari hasil analisis deskriptif hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV B yang diajar dengan
menggunakan model Children Learning In Science berbasis LKPD memiliki nilai rata-rata hasil belajar 80,13 berada pada kategori tinggi sedangkan pada kelas IV C yang diajar
dengan menggunakan model konvensional memiliki nilai rata-rata 67,33 berada pada kategori rendah. Berdasarkan hasil analisis inferensial menggunakan uji-t dua sampel
untuk menguji hipotesis diperoleh nilai-p value = 0,003 < 0,05, artinya Hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran
Children Learning In Science berbasis LKPD berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik materi IPAS bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya di SDN Centre
Mawang Kabupaten Gowa.

Published
2024-07-29
Section
Artikel
Abstract viewed = 12 times