EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FILM DALAM MENINGKATKAN KOGNITIF PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN IPS KELAS IV

  • Astriani Astriani Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Safei Safei Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Usman Usman Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Suarti Suarti Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan ; (1) mendeskripsikan kemampuan kognitif peserta didik
sebelum penggunaan media film melalui pembelajaran IPS pada peserta didik kelas IV
MIN I Tana Toraja; (2) mendeskripsikan kemampuan kognitif peserta didik setelah
penggunaan media film melalui pembelajaran IPS Pada kelas IV MIN I Tana Toraja; (3)
menganalisis tingkat efektifitas penggunaan media film melalui pembelajaran IPS
terhadap kemampuan kognitif peserta didik kelas IV di MIN I Tana Toraja.Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan
pre- Experimental design dengan jenis desain “one-Grub Pretest-posttest Design”.
Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh dengan
jumlah sampel 16 orang peserta didik. Instrument penelitian yang digunakan berupa
lembar tes kemampuan kognitif. Analisis data yang digunakan didalam penelitian ini
adalah teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial dengan bantuan aplikasi spss
25.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penggunaan media film kemampuan
kognitif peserta didik dengan nilai rata-rata 50,187 berada pada kategori rendah dengan
perolehan nilai terendah 40 dan nilai tertinggi 60. Sedangkan setelah menggunakan
media film kemampuan kognitif peserta didik dengan nilai rata-rata 81 berada pada
kategori tinggi dengan perolehan nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 100. Adapun
efektifitas dari penggunaan media film terhadap kemampuan kognitif peserta didik dapat
dilihat pada analisis uji t yang telah dilakukan dengan menggunakan paired sample Ttest
dengan bantuan spss 25 menunjukkan Thit = 13,087 dengan Ttabel = 2,14479. Jika t
hitung > t tabelnya maka penggunaan media film efektif. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa media film efektif terhadap kemampuan kognitif peserta didik di kelas IV di MIN
I Tana Toraja.

Published
2023-02-01
Section
Artikel
Abstract viewed = 60 times